Setiap kampus atau universitas memiliki kebijakan masing-masing untuk menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Seperti kata bijak kopi “resep tanya seduhan tak bisa dinikmati” sebuah program yang didesain oleh masing-masing perguruan tinggi ini nantinya akan menuntut mahasiswanya untuk terjun langsung di masyarakat. Jika sudah demikian, rekomendasi program KKN apakah yang terlintas di benakmu?

Sering kali para mahasiswa dibuat pusing dengan pertanyaan tersebut. Terlebih lagi dengan anggota kelompok KKN tersebut berasal dari berbagai jurusan. Jika sudah demikian, menyatukan beberapa pikiran yang berbeda menjadi sebuah persoalan tersendiri. Buat Kamu yang memiliki anggota sangat cerdas dan aktif, pastinya akan sangat beruntung karena mereka memiliki segudang rekomendasi program KKN yang siap dijalankan.

Lantas, bagaimana dengan Kamu yang mendapatkan anggota kelompok yang biasa-biasa saja? Jangan khawatir, sebab ada banyak sekali rekomendasi program KKN yang berprospek kamu coba jadikan sebagai pilihan terbaik untuk didiskusikan dengan anggota kelompok lain. Sebagai gambaran umum, berikut beberapa rekomendasi tersebut.

1. Les belajar dan mengaji

Jika beberapa anggota kelompok KKN Kamu memiliki kecerdasan yang cukup baik dari segi akademis maupun agama, kini saatnya Kamu bekerjasama dan memberdayakan mereka untuk mengusung program mengaji dan les belajar. Dengan menjalankan salah satu rekomendasi program KKN ini, nantinya Kamu bakalan dekat dengan warga sekitar hingga mampu menyelami seluk beluk perkampungan tempat Kamu menyelenggarakan kegiatan KKN.

2. Buat acara pengajian

Jadi, jika Kamu diterjunkan di sebuah perkampungan yang sarat akan nilai islaminya, kini saatnya Kamu harus memutar otak untuk tidak lagi mengusung program mengaji, karena sudah pasti banyak ustadz di sana. Sebagai rekomendasi program KKN, Kamu bisa menyelenggarakan program pengajian dengan mencari momen terbaik. Sebut saja, buat Kamu yang melakukan KKN di saat bulan Ramadhan, Kamu bisa menyelenggarakan pengajian saat malam Nuzulul Quran.

3. Menggagas program melek teknologi

Buat Kamu yang pintar dalam bidang IT, Kamu bisa mencoba memanfaatkan kemampuanmu tersebut untuk menggagas program KKN dengan mengusung tema melek teknologi. Kamu tidak perlu ribet dengan sub program yang akan dijalankan. Hanya dengan sebatas mengajari bagaimana cara mengetik hingga membuat surat undangan serta mencetaknya bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk diajarkan kepada masyarakat sekitar.

Namun demikian, untuk menentukan program KKN yang akan dijalankan, pastikan Kamu melakukan diskusi dengan menyampaikan berbagai rekomendasi program KKN. Dengan cara ini, nantinya akan muncul program yang disetujui bersama. Melalui musyawarah tersebut, maka sebuah program bisa berjalan dengan lancar dan sukses.