Akhir-akhir ini minuman kopi kekinian semakin menjamur di masyarakat. Tidak hanya di kota besar saja, banyak sekarang gerai kopi kekinian yang buka di kota kecil. Dari sekian banyak gerai kopi, ada salah satu kedai kopi yang memiliki mimpi yang cukup besar yaitu Kopi Kenangan. Berikut di bawah ini adalah kisah sukses Kopi Kenangan sampai bisa dikenal di masyarakat.

Berawal Dari Survei Kopi

Edward Tirtanata, sang CEO Kopi Kenangan mendirikan gerai kopi ini karena melihat realita di pasaran ketika membeli kopi akan muncul dua pilihan. Pilihan tersebut adalah kopi sachet yang harganya terjangkau dan kopi eksklusif dengan harga yang mahal. Edward berpikir untuk mendirikan gerai kopi eksklusif namun harga yang disajikan lebih murah.

Kopi Kenangan tidak didirikan seorang diri, Edward mendirikannya bersama kedua teman dekatnya yaitu Christian Sutardi dan James Prananto. Kedai yang pertama dibuka pada waktu itu berada di menara Standard Chartered dengan modal kurang dari 200 juta rupiah. Modal tersebut kembali dalam waktu sekitar 3 bulan.

Kesuksesan Kopi Kenangan

Dana yang kembali dalam waktu tersebut menjadi kesempatan Edward dan rekan-rekannya untuk membuka cabang dan kedai franchise kopi kenangan baru. Banyaknya cabang yang berhasil dibuka ini sampai membuat keuntungannya mencapai 5000 persen per tahun. Sampai sekarang ada lebih dari 50 gerai dan masih akan lebih banyak lagi cabang yang dibuka.

Banyaknya usaha seperti ini membuat Kopi Kenangan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memberikan harga yang relatif lebih murah. Nama menu dan nama gerai ini sendiri juga menjadi ciri khas sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya. Kopi Kenangan juga tetap menjaga kualitas kopi, mesin dan susu.

Ekspansi Bisnis ke Asia Tenggara

Sebagai bisnis yang sudah memiliki nama, Kopi Kenangan tentunya memiliki impian yang cukup besar. Mereka memiliki impian dan tujuan untuk dapat membuka ribuan kedai kopi di seluruh Indonesia. Selain itu, Edward juga bermimpi untuk dapat melakukan ekspansi bisnis ke Thailand, Malaysia, dan negara Asia Tenggara lainnya.

Kopi Kenangan menjadi satu dari sekian banyak gerai kopi kekinian yang ada di Indonesia. Kisah sukses Kopi Kenangan ini memberikan inspirasi bagi para pebisnis bahwa dalam menjalankan bisnis ada kalanya membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa relasi menjadi hal yang sangat penting sampai hari ini.