Koleris merupakan salah satu tipe kepribadian yang cenderung disebut tipe orang ambisius. Kamu bisa mengenali orang dengan kepribadian koleris dengan memperhatikan karakteristik seperti di bawah ini.

1. Mudah marah

Tipe koleris lebih mudah tersulut emosinya. Biasanya orang yang memiliki tipe ini sering menuntut orang lain untuk melakukan hal sesuai keinginannya. Selain itu, tipe koleris akan bersikukuh memperjuangkan apa yang dimiliki. Hal inilah yang membuatnya lebih mudah marah tanpa diketahui sebab yang jelas.

Tipe seperti ini lebih sulit bersosialisasi, bahkan sulit dijadikan teman yang baik. Tipe koleris lebih suka menyendiri dan lebih suka berteman dengan orang yang memiliki minat sama dengannya.

2. Praktis

Orang koleris merupakan orang yang tidak suka berbasa-basi. Tipe ini akan to the point dan lebih suka melakukan sesuatu dibandingkan harus mengucapkannya. Inilah yang membuat tipe koleris akan bertindak lebih cepat, termasuk dalam berpikir untuk memecahkan masalah.

3. Suka memerintah

Kepribadian koleris lebih banyak disebut sebagai tipe seorang pemimpin. Hal ini karena tipe ini terlalu dominan, suka mengatur, dan mengontrol orang lain. Beberapa orang dari tipe ini juga bisa bersikap kejam. Bahkan hanya dengan kata-katanya bisa menghancurkan orang lain.

Menjadi pemimpin menjadi tantangan yang disukainya. Meskipun dikenal suka memerintah, tipe koleris akan memikirkan dengan penuh pertimbangan dan selalu mengutamakan logika. Hal ini dikarenakan tipe koleris memiliki energi yang besar dan tidak takut akan kegagalan.

4. Suka tantangan

Tipe koleris menyukai tantangan yang akan memotivasi dirinya. Orang dengan tipe koleris lebih suka tampil di depan untuk menunjukkan keberadaannya. Meski begitu, dia tidak suka membuang-buang waktu, sehingga jika apa yang dilakukannya salah, tidak berpengaruh pada dirinya sendiri.

5. Berorientasi pada target

Orang tipe koleris akan membuat target yang sistematis terhadap apa yang akan dilakukannya. Dia akan melakukan hal apapun, asalkan target yang dituju tercapai. Tipe ini akan melakukan apapun hal dengan cepat tanpa sadar jika melakukan kesalahan yang bisa membuat sedih dan merugikan orang lain.

Itulah beberapa hal yang mendeskripsikan kepribadian koleris seseorang. Apakah kamu termasuk orang tipe koleris? Segera analisis kepribadianmu sendiri ya?