Seringkali wanita terlihat kurang percaya diri dengan penampilannya. Pengaplikasian makeup bisa menjadi solusi terbaik sehingga wajah terlihat lebih sempurna. Namun terkadang masih banyak wanita yang bingung apa saja perlengkapan makeup yang harus disiapkan. Berikut ini alat-alat makeup dasar yang bisa menjadi referensi :

1. Foundation

Salah satu yang sering dikeluhkan para wanita adalah warna kulit wajah yang tidak merata. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menggunakan foundation. Sebagai pemula, usahakan pilih foundation dengan formula ringan jadi bisa menutup permukaan kulit wajah dengan baik. Jangan lupa siapkan juga sponge untuk meratakan foundation ketika digunakan.

2. Concealer

Concealer sebenarnya punya fungsi yang sama dengan foundation yaitu menyamarkan noda di wajah sehingga warnanya terlihat merata. Bedanya jika foundation sebagai alas make up, sehingga penggunaannya menutupi seluruh permukaan wajah. Sedangkan Concealer hanya untuk menutup noda hitam atau kantong mata saja. Concealer juga membuat tampilan make up menjadi lebih flawless.

3. Pensil Alis

Selain warna kulit tidak merata, bentuk alis pun sering menjadi alasan para wanita merasa kurang percaya diri. Hal itu bisa diakali dengan penggunaan pensil alis. Dengan pensil alis, alis bisa dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak lebih tegas, tebal, dan cantik. Hasil tampilan alis nantinya akan sangat mempengaruhi keberhasilan makeup.

4. Eyeliner

Tampilan alis sudah cantik, selanjutnya membenahi area mata. Untuk membuat tampilan mata lebih berkesan, bisa menggunakan eyeliner. Sebagai pemula ada baiknya pilih eyeliner yang berbentuk pensil. Jangan khawatir jika eyeliner bentuk semacam itu tidak akan tahan lama. Sebab sekarang sudah banyak eyeliner pensil yang berkualitas.

5. Bedak

Bedak ini menjadi yang paling wajib untuk para pemula. Ada beberapa jenis bedak yaitu bedak tabur dan bedak padat. Gunakan keduanya dengan menyesuaikan kondisi. Ketika proses makeup gunakan bedak tabur untuk proses setting. Pakai bedak padat untuk mengamankan hasil makeup, terutama bagi yang kulit wajahnya berminyak.

6. Lipstik Serta Lip Balm

Terakhir harus sediakan lipstick dan lip balm. Sebelum mengaplikasikan lipstik di bibir, gunakan dulu lip balm. Fungsinya untuk melembabkan bibir supaya setelah pakai lipstik tidak terlihat kering. Lipstik pun ada banyak macamnya. Ada yang matte, liquid, hingga gel dengan macam-macam warna. Sesuaikan saja dengan warna kulit supaya tampilan makeup terlihat natural dan modern.

Itu tadi ada 6 perlengkapan makeup yang setidaknya harus disiapkan oleh para pemula. Tidak perlu khawatir hasil yang kurang bagus. Sebab seiring berjalanya waktu, kemampuan makeup pun pasti akan meningkat.