Salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat adalah bidang kedokteran. Apakah Anda tertarik untuk masuk dalam jurusan kedokteran? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui syarat menjadi mahasiswa kedokteran agar keinginan Anda bisa terwujud dengan mudah. Hal ini karena untuk menjadi mahasiswa kedokteran memang memiliki persyaratan tertentu.  Lalu apa saja syarat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lebih memahami bidang sains

Saat Anda masih belajar di bangku SMA, kami sarankan untuk mengambil jurusan IPA jika Anda berniat untuk mengambil jurusan kuliah kedokteran. Sebaiknya Anda tidak mengambil jurusan IPS maupun bahasa karena semua materi yang ada hubungannya dengan jurusan kedokteran adalah sains. Hal itu tentunya hanya bisa Anda temukan jika Anda mengambil jurusan IPA.

Syarat menjadi mahasiswa kedokteran yang satu ini tidak hanya untuk mendalami ilmu biologi saja, namun Anda juga diharapkan lebih memahami konsep pada mata pelajaran lain seperti belajar kimia, fisika dan juga matematika.

2. Sehat jiwa, raga dan finansial

Syarat menjadi mahasiswa kedokteran berikutnya adalah sehat jiwa, raga dan juga secara finansial. Sebab jika Anda masuk jurusan kedokteran maka Anda dituntut untuk selalu siap baik secara fisik dan mental. Anda harus bekerja dengan lebih keras dibandingkan dengan jurusan yang lain.

Hal ini juga berlaku pada finansial Anda. Sebab, dalam jurusan ini akan ada berbagai prakter yang membutuhkan biaya dengan nominal yang cukup banyak.

3. Lolos uji mandiri

Syarat menjadi mahasiswa jurusan kedokteran yang terpenting adalah olos ujian mandiri. Bagi Anda yang tidak bisa menembus jalur SNMPTN Fakultas Kedokteran, maka kesempatan yang bisa Anda ambil adalah mengikuti ujian mandiri. Ujian ini biasanya diadakan oleh kampus atau universitas pilihan Anda.

Sebaiknya Anda mempersiapkan diri baik itu mental yang kuat, mendapatkan skors tinggi dalam bahasa Inggris dan juga belajar bidang sains.

Nah, itulah beberapa syarat menjadi mahasiswa kedokteran yang sebaiknya Anda ketahui agar Anda bisa mempersiapkan diri sedari sekarang. Persiapan yang matang dapat memberikan hasil terbaik sehingga Anda bisa lolos dalam ujian mandiri dan masuk ke Fakultas Kedokteran impian Anda.