5 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Gratis untuk Menemani WFH di Rumah

By | July 9, 2020

5 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Gratis untuk Menemani WFH di Rumah – Saat ini, sebagian besar perkantoran sudah mulai beroperasi seperti biasa. Meskipun begitu, banyak juga yang menetapkan jadwal pembagian kerja sehingga pegawai masih akan mendapat jadwal WFH alias work from home dalam satu minggu bekerja. Aturan ini dibuat supaya bisa tetap mengikuti kebijakan baru dan menjaga protokol kesehatan.

Demi menunjang pekerjaan supaya tetap bisa efektif meskipun tidak bisa berkumpul di satu tempat, untuk bisa tetap berkomunikasi dengan baik, maka diperlukan aplikasi meeting atau video conference. Anda tidak perlu lagi merasa pusing mencari aplikasi untuk pertemuan bersama seluruh pegawai kantor.

Saat ini sudah banyak sekali pilihan aplikasi meeting. Tapi, jika Anda masih bingung, berikut adalah beberapa pilihan aplikasi konferensi video yang gratis untuk digunakan.

Zoom Meeting

Ketika WFH pertama kali digelar dan kebutuhan akan aplikasi video conference tengah dibutuhkan, aplikasi Zoom Meeting menjadi aplikasi pertama yang banyak digunakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference gratis yang bisa digunakan hingga 100 pengguna dalam satu room di saat bersamaan. Sayangnya, penggunaan Zoom Meeting gratis waktunya dibatasi hingga 40 menit.

Selain versi gratis, Zoom Meeting juga memiliki versi berbayar mulai dari $14.99 untuk paket basic hingga $199.99 untuk paket bisnis per bulannya. Keuntungan dari paket berbayar ini adalah bisa menampung partisipan hingga 1000 pengguna.

Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan waktu penggunaan karena dengan paket berbayar tidak ada batasan waktu alias unlimited. Tampilan interface-nya yang sederhana menjadikan aplikasi ini cocok digunakan oleh semua kalangan.

Microsoft Teams

Bagi pengguna Skype, Anda tidak akan asing lagi dengan tampilan aplikasi Microsoft Teams. Hal ini dikarenakan Microsoft Teams merupakan bentuk pembaharuan dari Skype for Business yang akan diambil alih secara resmi oleh Microsoft pada tahun 2021 mendatang. Keuntungan dari perubahan ini adalah aplikasi vjadi terintegrasi dengan berbagai aplikasi Microsoft lainnya seperti Word, Excel maupun Power Points.

Di samping itu, keunggulan lain dari aplikasi video conference gratis ini adalah Anda bisa melakukan proyek kerja bersama. Selain itu, setiap konferensi yang Anda lakukan bisa langsung mendapatkan subtitle, seolah Anda sedang menonton film. Jika Anda melakukan kerja sama atau kolaborasi dengan pegawai dari kantor cabang di luar negeri, subtitle ini akan membantu menerjemahkan maksud Anda.

Cisco Webex Meeting

Ingin merasa aman dan nyaman ketika menggunakan aplikasi video conference? Anda sebaiknya mencoba Cisco Webex Meeting. Aplikasi ini dianggap memiliki tingkat keamanan yang paling bai. Selain itu, sekali pun aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, para penggunanya bisa menikmati berbagai fitur andalan Cisco yang disediakan untuk versi berbayar.

Melalui aplikasi video conference gratis ini Anda tidak hanya bisa melakukan panggilan video bersama saja. Anda juga bisa saling berkomunikasi melalui berbagi pesan, berbagi file maupun media data pendukung pekerjaan Anda sekali pun video conference tengah berlangsung. Sayangnya, salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah kualitas audionya yang kurang baik sehingga akan mengganggu konferensi.

CyberLink U Meeting

Untuk para pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kapasitas banyak, Anda bisa mencoba menggunakan Cyber U Metting. Kapasitas maksimal pengguna aplikasi ini adalah 25 orang dengan durasi hanya 30 menit saja. Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki keunggulannya tersendiri. Salah satunya adalah adanya fitur Perfect Cam, fitur yang bisa membuat background Anda terlihat blur sehingga tidak akan mengganggu penampilan.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah adanya fitur pengaturan cahaya. Jika ruangan Anda kekurangan cahaya, Anda bisa membuat tampilan di layar tetap cerah. Belum lagi fitur make-up hasil dari adanya teknologi AR cerdas pada aplikasi. Jadi, jika Anda malas untuk membersihkan make-up setelah melakukan meeting, pakai saja make up artifisial ini, yang akan langsung hilang tanpa perlu dibersihkan.

RingCentral Meetings

Rekomendasi aplikasi video conference gratis terakhir adalah RingCentral Meetings. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang didukung oleh Zoom sehingga interface yang ditampilkan mirip dengan aplikasi Zoom. Bukan hanya sekedar interface-nya saja, kapasitas dan juga durasi waktu penggunaannya pun sama. Aplikasi versi gratis ini bisa digunakan hingga 100 orang dengan waktu penggunaan 40 menit.

Satu hal yang membedakan aplikasi ini dengan Zoom, sekaligus kelebihannya, adalah RingCentral Meeting mampu menyimpan rekaman hasil konferensi hingga tak terbatas. Sedangkan Zoom hanya bisa menyimpan hingga kapasitas 1 GB saja. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Dropbox dan Google Drive sehingga bisa dengan mudah dibagikan ke pengguna lain.

Tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan meeting atau rapat meskipun bekerja di rumah. Semuanya bisa berjalan dengan lancar dengan menggunakan salah satu aplikasi video conference gratis di atas. Jika Anda ingin menikmati fitur-fitur lainnya yang lebih eksklusif dari semua aplikasi tersebut maka Anda bisa membeli versi berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *