5 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Berbayar Terbaik untuk WFH dan SFH

By | August 28, 2020

5 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Berbayar Terbaik untuk WFH dan SFH – Penggunaan aplikasi video conference kini semakin meningkat. Bukan hanya digunakan oleh para pekerja kantoran saja, pelajar dan guru-guru juga ikut menggunakannya demi menunjang aktivitas pembelajaran.

Banyak pengguna yang mengandalkan aplikasi yang gratis atau tidak berbayar. Sayangnya, aplikasi gratis sering kali memberikan batasan pada waktu penggunaan hingga kapasitas anggota. Jika ingin menggunakan aplikasi yang tidak dibatasi, terutama dari waktu penggunaan, maka Anda sebaiknya menggunakan aplikasi berbayar.

Aplikasi berbayar ini biasanya dikenakan biaya berlangganan per bulan. Harga yang ditawarkan sepadan dengan kenyaman yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Anda tidak perlu mengkhawatirkan durasi, tapi beberapa aplikasi masih membatasi jumlah anggota. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Google Meet

Para pengguna browser Google tidak perlu repot-repot mencari aplikasi video conference yang ditawarkan perusahaan lain. Sebenarnya, sudah sejak lama Google menyediakan fasilitas untuk konferensi daring ini hanya saja penggunannya belum terlalu tinggi. Di tengah masa pandemi ini pemakaian Google Meet meningkat. Untuk paket basic, aplikasi video conference berbayar ini hanya perlu mengeluarkan $6 dolar per bulan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu login menggunakan alamat email yang terdaftar di Google. Semua video conference yang Anda lakukan bersama rekan bisnis akan langsung tersimpan ke dalam Google Drive. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan subtitle langsung di layar. Aplikasi yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain keluaran Google ini sudah mulai mengeluarkan versi gratis.

Lifesize

Merasa terganggu dengan tampilan dari aplikasi video conference yang tidak jernih? Anda sebaiknya segera beralih menggunakan Lifesize, aplikasi yang didukung oleh teknologi 4K video conference. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan mendapatkan tampilan video yang jauh melebihi standar HD, membuat Anda seolah benar-benar bertatapan langsung dengan anggota meeting lainnya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan tampilan jernih seperti yang diinginkan, penggunaan aplikasi video conference berbayar Lifesize ini harus didukung dengan perangkat yang sesuai. Adapun keunggulan dari aplikasi ini di antaranya adalah sistem keamanannya yang terjamin. Setiap meeting yang dilakukan akan terenkripsi secara otomatis supaya tidak ada pihak ketiga yang menyadap pertemuan daring Anda.

BlueJeans

Ingin mendapatkan hasil audio yang jernih ketika melakukan video conference? Anda sebaiknya menggunakan BlueJeans yang memiliki sistem Dolby Voice. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merasakan suasana meeting yang seolah-olah dilakukan di dalam bioskop. Bukan hanya audionya yang jernih, tampilan videonya juga tidak kalah jernih dengan memberikan tampilan berkualitas high definition (HD).

Pada aplikasi video conference berbayar ini memang tidak ada fitur pengganti background. Namun, jika Anda ingin agar latar di belakangan ruangan Anda tidak mengalihkan perhatian, gunakan fitur blur.Di aplikasi ini juga Anda bisa berbagi layar melalui fitur share screen. Dengan mengaktifkan fitur ini Anda bisa membagikan akses kepada peserta konferensi lain untuk mengoperasikan layar presentasi.

Join.me

Suka kesulitan mengingat link atau membagikan link video conference yang panjang dan terkadang bercampur huruf besar dan kecil? Anda tidak perlu mengalami hal tersebut jika menggunakan Join.me. Di aplikasi ini Anda bisa melakukan kostumisasi link yang akan dibagikan dengan menggunakan nama perusahaan, sekolah, lembaga atau kelompok kerja sehingga lebih mudah untuk diketahui oleh anggota lain.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan aplikasi ini di antaranya adalah penggunaan bingkai latar untuk profil seperti pada media sosial. Anda juga bisa mendapatkan virtual whiteboard yang bisa digunakan untuk alat corat-coret selama meeting berlangsung. Supaya bisa lebih efektif, fitur ini dilengkapi dengan beberapa tools seperti pen, eraser, icon hingga line and shape jadi meeting yang dilakukan lebih hidup.

Zoho Meeting

Pilihan aplikasi video conference berbayar selanjutnya adalah Zoho Meeting. Aplikasi ini hampir sama murahnya dengan Google Meet. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya $8 per bulan dan sudah bisa mengadakan pertemuan dengan kapasitas mencapai hingga 100 orang. Meskipun murah, Anda tidak perlu meragukan fitur yang disediakan oleh aplikasi ini karena fiturnya terbilang sangat lengkap.

Untuk menggunakan aplikasi ini, para pengguna hanya perlu membukanya dari browser yang digunakan. Anda bisa menggunakan Chrome maupun Firefox. Satu hal yang perlu dilakukan sebelum bisa login adalah tambahkan extension Zoho Meeting di browser yang digunakan. Untuk bergabung dengan meeting, Anda hanya perlu klik link undangan yang dibagikan dan Anda akan diarahkan langsung ke room yang dituju.

Jadi, aplikasi video conference berbayar mana yang menjadi pilihan Anda untuk mendukung bekerja atau belajar Anda? Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli, perhatikan dahulu rincian setiap aplikasi. Jangan sampai Anda menyesal setelah mengeluarkan uang. Pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *