5 Jenis Bisnis Plan dan Manfaatnya bagi Kemajuan Usaha Anda

By | September 11, 2020

5 Jenis Bisnis Plan dan Manfaatnya bagi Kemajuan Usaha Anda – Merintis suatu usaha adakalanya mengalami pasang surut, ini merupakan hal yang wajar terjadi. Ditambah lagi dengan adanya wabah pandemi yang membuat semua sektor usaha mengalami guncangan yang hebat.

Jika tidak diantisipasi sedini mungkin, ada kemungkinan usaha yang dijalankan akan mengalami kerugian atau bahkan pailit. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memiliki sebuah rencana bisnis yang matang.

5 Jenis Business Plan

Rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang usaha yang Anda jalankan, mulai dari tujuan yang ingin diraih hingga strategi yang digunakan. Sebelum membuatnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis dari rencana bisnis itu sendiri.

Agar berujung dengan kesuksesan, pilihlah jenis rencana bisnis yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan. Setidaknya, ada 5 jenis rencana bisnis yang harus Anda ketahui. Kelima jenis rencana bisnis tersebut adalah sebagai berikut:

– Operations Business Plan

Jenis bisnis plan yang pertama ditujukan untuk kebutuhan internal perusahaan yang disebut dengan Operations Business Plan. Pada rencana bisnis yang satu ini memuat berbagai perencanaan dan peraturan yang berlaku dalam sebuah operasional perusahaan. Intinya, pada rencana bisnis yang satu ini memuat tanggung jawab semua karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

– Startup Business Plan

Jenis yang kedua adalah Startup Business Plan yang merupakan gambaran tentang perusahaan yang Anda jalankan. Pada jenis ini terdapat proyeksi tentang keuntungan, arus kas, pemasukan, dan pengeluaran perusahaan. Bagi Anda yang berencana untuk mencari investor, Startup Business Plan cocok untuk digunakan saat akan mempresentasikan perusahaan Anda.

– Development Business Plan

Jika Anda membutuhkan sebuah rencana bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan eksternal maupun internal, bisa memilih Development Business Plan. Sebab, didalamnya memuat tentang organisasi perusahan, administrasi, dan pertanggungjawaban dari setiap karyawan.

Strategic Business Plan

Untuk jenis business plan yang satu ini sedikit lebih kompleks jika dibandingkan dengan startup. Sebab, dalam menggambarkan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dijabarkan dengan lebih spesifik lagi.

Diantaranya adalah mengenai visi, misi, strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan, faktor kritis sukses (critical success factor), dan beberapa komponen penting lainnya. Intinya, pada jenis rencana bisnis yang satu ini dibuat untuk membuat para stakeholders percaya akan visi yang Anda usung.

– Growth Business Plan

Jenis bisnis plan kelima adalah Growth Business Plan yang berisi tentang perencanaan pengembangan usaha di masa mendatang. Dokumen jenis ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan internal maupun eksternal dengan tujuan agar bisa mendapatkan suntikan modal.

Namun, jika jenis yang satu ini akan digunakan untuk kebutuhan eksternal, ada beberapa tambahan yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah gambaran yang jelas tentang perusahaan yang Anda jalankan, struktur manajemennya, serta pihak-pihak yang menduduki posisi penting.

Manfaat Rencana Bisnis

Memiliki sebuah perencanaan yang matang tentu akan sangat membantu bagi kemajuan usaha yang Anda jalankan. Dari berbagai jenis rencana bisnis tersebut, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

– Tujuan Bisnis Lebih Jelas

Anda bisa menggunakan rencana bisnis tersebut untuk membuat sebuah tujuan bisnis yang lebih jelas dan bisa diukur. Misalnya, jumlah penjualan, jumlah pengunjung yang singgah di website Anda, margin, atau peluncuran produk baru.

– Prioritas Usaha Lebih Masuk Akal.

Dengan memiliki rencana bisnis yang tersusun rapi, prioritas usaha yang Anda jalankan menjadi lebih masuk akal. Misalnya, usaha yang Anda jalankan lebih fokus terhadap pertumbuhan perusahaan, kesehatan manajemen dan keuangan, atau prioritas lainnya.

– Tetap Pada Strategi Awal

Perkembangan dan pengaruh kondisi di sekitar lingkungan usaha bisa memengaruhi strategi perusahaan. Namun, dengan memiliki bisnis plan, Anda bisa tetap berada pada strategi awal yang sudah direncanakan.

– Mampu merencanakan dan Mengelola Arus Kas

Manfaat berikutnya dengan memiliki rencana bisnis adalah perusahaan bisa menjadi lebih baik dalam hal mengelola arus kas. Misalnya, dalam hal biaya, pengeluaran, omset penjualan, aset yang akan dibeli, dan hutang yang harus dibayar.

– Mampu Membuat Perkiraan atau Prediksi dengan Baik

Rencana bisnis yang Anda miliki bisa digunakan untuk membuat perkiraan atau prediksi usaha untuk lebih meningkatkan keuntungan yang diperoleh. Misalnya, penjualan, target market, potensi pasar, biaya penjualan, dan sebagainya.

– Pendelegasian Menjadi Lebih baik

Dengan adanya rencana bisnis yang matang bisa membuat pendelegasian terhadap suatu tugas menjadi lebih baik lagi. Misalnya, untuk mengklarifikasi siapa yang harus bertanggung jawab terhadap tugas tertentu.

– Tetap Pada Jalur

Manfaat yang terakhir dengan adanya rencana bisnis adalah bisa membuat Anda tetap pada jalur yang sudah ditetapkan. Misalnya, kapan peluncuran produk baru harus dilaksanakan, berapa lama tenggat waktu yang diberikan, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan usaha agar bisa berkembang dengan pesat, Anda harus memiliki bisnis plan yang tepat. Pilihlah jenis rencana bisnis yang sesuai dengan bidang usaha yang Anda jalankan agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *