Plakat Akrilik, Souvenir yang Pas untuk Berbagai Keperluan

By | December 16, 2020

Plakat akrilik belakangan ini sering digunakan untuk souvenir berbagai acara. Misalnya saja, untuk souvenir seminar perusahaan, souvenir wisuda, souvenir perusahaan, dan piala untuk berbagai ajang perlombaan. Plakat jenis ini dipilih karena memiliki berbagai kelebihan. Kelebihannya adalah ringan ketika dibawa.

Selain itu, tidak mudah pecah jika terbentur atau terjatuh. Bentuknya juga beragam sebab akrilik adalah bahan yang lentur dan fleksibel sehingga mudah dibentuk. Perawatannya juga mudah untuk dilakukan. Jika terlihat kotor, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain basah. Kemudian, dikeringkan dengan kain lainnya.

Sayangnya, plakat akrilik juga memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah mudah tergores. Oleh karenanya, sebaiknya disimpan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak. Selain itu, saat membersihkan gunakan kain yang bertekstur halus dan dilakukan secara hati-hati.

Plakat Akrilik untuk Berbagai Keperluan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas plakat akrilik dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Jenis plakat ini dapat dijadikan sebagai souvenir perusahaan yang diberikan untuk rekanan bisnis. Dengan begitu, hubungan bisnis akan semakin membaik.

Plakat akrilik dapat juga dijadikan sebagai souvenir wisuda. Biasanya, pada plakat dituliskan nama wisudawan dan tanggal wisudawan. Plakat tersebut berfungsi sebagai plakat ucapan terima kasih kenang-kenangan sekaligus bentuk penghargaan atas pencapaian belajar.

Masih banyak lagi kegunaan dari plakat akrilik. Misalnya, dapat diberikan kepada narasumber dalam acara seminar. Selain itu, dapat juga diberikan sebagai penghargaan untuk seseorang atau instansi atas suatu prestasi atau dedikasi.

Tips Memilih Plakat Akrilik

Karena bisa digunakan untuk berbagai acara, sebelum membeli plakat akrilik ada yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

  • Memastikan Kualitas

Sebelum memilih plakat, tentunya kita harus memperhatikan kualitasnya. Kualitas plakat dari lihat salah satunya dari ketahanan. Misalnya saja, plakat tidak mudah rusak atau lem plakat kuat sehingga plakat tidak mudah terpisah antara satu bagian dengan bagian lainnya.

  • Menyesuaikan Desain

Desain plakat juga harus diperhatikan. Desain plakat harus disesuaikan dengan acara dan tema acara. Misalnya, untuk acara wisuda, kita bisa membuat plakat dengan bentuk seseorang yang mengenakan toga. Kalau untuk acara seminar bisa disesuaikan dengan tema seminar. Seminar kelautan lebih sesuai jika plakat berbentuk kapal atau hewan laut.

  • Mempertimbangkan Harga

Yang terpenting dalam memilih plakat adalah memperhatikan harga plakat. Kita harus menyesuaikan budget yang kita miliki dengan jumlah plakat yang bisa didapatkan. Kita maksimalkan budget untuk mendapatkan plakat yang berkualitas.

  • Memperhatikan Lama Waktu

Lama waktu pembuatan plakat juga harus jadi perhatian. Sebab, terkadang ada tempat jual plakat yang proses produksinya cukup lama. Kita harus mempersiapkan waktu yang cukup sebelum memesan plakat untuk suatu acara.

Cara Merawat Plakat Akrilik

Plakat akrilik sangat mudah untuk dirawat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat plakat akrilik agar tetap terlihat menarik.

  • Meletakkan di Tempat Tinggi

Plakat sebaiknya diletakkan di tempat tinggi. Tujuannya adalah agar tidak mudah dijangkau anak-anak. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari plakat dijadikan mainan oleh anak-anak.

  • Meletakkan di Tempat Tertutup

Plakat sebaiknya juga diletakkan di tempat tertutup. Alangkah lebih baik jika plakat diletakkan di almari kaca sehingga terlihat dari luar. Tujuan diletakkan di tempat tertutup adalah agar plakat tidak mudah kotor dan berdebu.

  • Membersihkan Secara Rutin

Meski sudah diletakkan di tempat tertutup, plakat hendaknya tetap dibersihkan secara rutin. Plakat dibersihkan dengan cara dilap menggunakan kain basah. Kain yang digunakan harus bertekstur halus agar plakat tidak tergores. Tempat menyimpan plakat juga sebaiknya ikut dibersihkan secara rutin.

Karena sudah tahu seluk-beluk tentang plakat akrilik, kita bisa memilih plakat akrilik sekaligus merawatnya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *