Sudah Tahu Cara Merawat Bayi Baru Lahir? Yuk Cek Di Sini!

By | December 19, 2020

Banyak ibu muda yang ternyata belum mengetahui cara yang tepat untuk merawat si kecil yang baru saja lahir. Banyak hal yang harus dipersiapkan sehingga tidak ada terjadi masalah terhadap si kecil atau kesehatannya. Oleh sebab itu, perawatan bayi baru lahir ini perlu diperhatikan secara seksama oleh calon ibu muda yang akan melahirkan. Yuk cek ulasannya di bawah ini!

Cara Tepat Merawat si Kecil yang Baru Lahir

1. Soal Memandikan

Banyak ibu muda yang belum berani memandikan buah hatinya yang baru saja lahir. Hal ini disebab kan oleh tali pusat yang belum lepas atau sembuh. Padahal proses yang dibutuhkan hingga tali pusar lepas sekitar 1 sampai 4 minggu sejak hari kelahiran. Anda hanya perlu berhati hati saat memandikannya agar tidak melukai tubuh si kecil.

Tak hanya dari segi cara, anda bisa memandikan buah hati dengan mempersiapkan hal hal vital sebelumnya. Pastikan telah menyediakan lap lembut, sabun bayi yang tidak mengandung wewangian, sikat lembut untuk merangsang kulit kepala, handuk yang lembut, popok yang bersih, serta pakaian yang bersih agar si kecil tak kedinginan setelah mandi.

Setelah mempersiapkan perlengkapan tersebut, anda harus menyiapkan air hangat agar tubuh si kecil tidak kedinginan. Perawatan bayi baru lahir satu ini bisa anda lakukan dengan memangkunya, lalu memandikan dengan perlahan. Usaplah mata bayi dengan lap lembut, lalu beralih ke hidung dan telinganya. Hindari air masuk ke mata atau telinga agar tidak ada masalah kesehatan.

2. Perawatan Tali Pusar

Bayi yang baru saja lahir masih harus dirawat dengan baik karena tali pusarnya belum lepas. Anda bisa mengolesinya dengan alkohol secara rutin hingga tali pusar lepas sekitar 4 minggu sejak kelahiran. Hindari tali pusar yang terkena air agar proses penyembuhannya tidak terlalu lama, memerah, atau mengeluarkan cairan busuk yang mengganggu kesehatan si kecil.

3. Menyusui si Kecil

Asupan nutrisi terbaik yang harus diperoleh si kecil, yaitu air susu ibu karena mengandung beragam asupan terbaik. Bahkan si kecil dapat merasa kenyang hanya dengan meminum ASI hingga berusia 24 bulan. Waktu terbaik untuk memberikan asupan nutrisi, yaitu saat si kecil merasa lapar yang ditandai dengan tangis atau jari yang dimasukkan ke mulut.

Bila tanda tanda tersebut diisyaratkan, anda bisa memberikan ASI hingga si kecil merasa kenyang. Perawatan bayi baru lahir juga bisa dilakukan dengan tepat saat menyusui agar si kecil tidak tersedak. Rentang waktu ideal yang bisa anda terapkan, yaitu sekitar 2 sampai 3 jam sekali memberikan susu dan tidak perlu menyusuinya saat si kecil tidur.

Ibu muda yang kali pertama melahirkan sering kali belum tahu cara merawat buah hatinya. Anda bisa melakukan sederet perawatan untuk si kecil dan produk besutan Mitu Baby yang cocok untuk kulit sensitifnya. Perawatan yang tepat untuk bayi bisa dimulai dari cara memandikan hingga pilihan produk agar kulitnya tidak iritasi atau alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *