Prospek Kerja Psikologi Pendidikan: Anak Prodi Psikologi Pendidikan Wajib Tahu!

By | January 9, 2021

Prospek Kerja Psikologi Pendidikan: Anak Prodi Psikologi Pendidikan Wajib Tahu! Apakah Anda sedang menempuh pendidikan psikologi pendidikan saat ini? Jika iya Anda harus tahu kira-kira kedepannya setelah lulus pekerjaan apa yang akan diambil.

Namun, sebelum memasuki pekerjaan masa depan Anda, Anda harus mengetahui apa saja yang dipelajari jika mengambil jurusan Psikologi Pendidikan. Di psikologi pendidikan Anda akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kendala atau hambatan dari sekolah. Mulai dari kendala dalam proses pembelajaran siswa, problematika guru dalam menghadapi kenakalan siswanya dan lainnya.

Nantinya psikologi pendidikan akan berkaitan dengan cara siswa belajar dan tumbuh di sekolah tersebut serta berbagai permasalahan yang dialami peserta didik selama menempuh pendidikan. Dari sini sudah tergambar bukan prospek kerja psikologi pendidikan ke depannya.

Psikolog Pendidikan

Hal ini tentu sudah pasti untuk Anda yang merupakan lulusan dari jurusan Psikologi Pendidikan yang sudah menempuh gelar magister. Sebagaimana diketahui, untuk menjadi seorang psikolog apalagi psikolog pendidikan, Anda harus menamatkan pendidikan strata dua terlebih dahulu. Jika hanya strata satu saja, Anda belum dikatakan sebagai seorang psikolog.

Asisten Guru

Banyak para lulusan strata satu alias sarjana bergelar psikologi pendidikan mengejar karir sebagai asisten guru. Tentunya prospek kerja psikologi pendidikan ini cukup diminati dengan bidang yang luas dan mengasah pengalaman. Anda bisa membantu mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yang biasanya memanng butuh penanganan ekstra, atau bisa masuk ke dalam kelas melakukan konseling ke peserta didik.

Terapis Anak

Dengan ilmu yang didapat ketika di bangku kuliah, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menganalisa permasalahan yang ada pada anak tersebut. Apalagi jika terjadi hambatan dalam proses pembelajaran, bullying di sekolah dan lainnya. Anda harus bisa mengatasi hal tersebut sebagai terapis anak yang handal.

Dosen/Tenaga Pengajar

Prospek kerja psikologi pendidikan kali ini ialah menjadi dosen atau tenaga pengajar. Anda hanya perlu melanjutkan pendidikan S2 agar bisa menjadi dosen di universitas yang mengampu jurusan Psikologi atau Pendidikan.

Mengingat dengan menjadi dosen, Anda juga bisa turut dalam menulis jurnal penelitian yang akan berguna sebagai bahan pembelajaran untuk Anda atau untuk orang lain. Sehingga selain sambil bekerja, Anda juga bisa sambil mengembangkan bakat dan minat dalam hal literasi.

Konselor

Prospek kerja psikologi pendidikan terakhir ini ialah menjadi konselor yang biasanya bekerja untuk mendengarkan keluh kesah orang lain dan anda bertugas untuk membantunya. Keuntungan apabila menjadi konselor ialah Anda tidak perlu ke mana-mana karena bisa membuka klinik di rumah.

Jadi, setelah tahu prospek kerja psikologi di atas akan membuat Anda semakin yakin kelak setelah lulus ingin menjadi apa. Untuk lebih lanjut Anda bisa mengunjungi goKampus untuk menemukan fakta-fakta serta informasi lainnya terkait dunia kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *