Apa Itu Teknologi Ramah Lingkungan dan Contohnya

By | February 23, 2021

Apa Itu Teknologi Ramah Lingkungan dan Contohnya – Bumi semakin tua, dan hal tersebut ditandai dengan banyaknya bencana yang terjadi baik dari ulah perbuatan manusia, atau memang gejala alam hasil siklus bumi. Karena itu, untuk mencegah adanya kerusakan lingkungan yang lebih parah, ilmuwan menganjurkan untuk menggunakan teknologi yang ramah dengan lingkungan.

Salah satu dampak dari ulah manusia yang paling fatal adalah pemanasan global, yang mengakibat es di kutub mencair dan menaikkan volume air di laut. Jika ini dibiarkan secara terus menerus, ia bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil yang tidak terlalu tinggi.

Apa Saja Teknologi Ramah Lingkungan yang Sudah Diciptakan?

Sampai saat ini, sudah ada beberapa teknologi ramah lingkunganyang dibuat dan disebarkan oleh ilmuwan di seluruh dunia. Harganya memang masih cukup tinggi, apalagi dengan kesadaran masyarakat yang rendah, namun bukan berarti hal tersebut membuat ilmuwan berkecil hati.

Dengan produksi yang lebih massif. Ke depannya diharapkan berbagai teknologi tersebut bisa menjangkau banyak tempat. Selain itu, keberadaan teknologi yang ramah dengan alam juga diharapkan menjadi solusi dan jawaban atas pencemaranyang terjadi belakangan ini.

Kincir Angin

Jenis teknologi ramah lingkungan adalah hadirnya kincir angin, yang sudah diterapkan di Belanda untuk mencegah banjir. Seperti yang diketahui, Belanda memiliki ketinggian tanah yang lebih rendah dari air laut, sehingga sering dilanda banjir di zaman dahulu. Teknologi kemudian berkembang dan mereka membuat kincir angin sebagai salah satu sarana mencegah banjir. Selain digunakan untuk mengolah air, ia juga dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat Belanda.

Karena keberhasilan dari teknologiini, ia kemudian ditiru di banyak negara lain di dunia. Pemasangan kincir angin cukup praktis, ramah terhadap lingkungan, dan bisa digunakan berkepanjangan tanpa merusak alam.

Rooftop Garden

Kekurangan tanah untuk menanam berbagai macam sayuran dan tumbuhan menjadi masalah di banyak negara. Inilah yang kemudian menjadikan rooftop garden sebagai teknologi ramah lingkungan. marak digunakan di berbagai tempat, khususnya di negara maju. Di daerah perkotaan, resapan air cukup rendah sehingga butuh banyak tanaman agar cuaca tetap sejuk dan hijau.

Berbeda dengan bagian tanah yang sudah tersemen dan menjadi jalur irigasi air, tanaman di tanam di atap bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain bisa menyerap air dengan lebih baik, ia juga bisa menawarkan ruang hijau untuk relaksasi. Selain bermanfaat untuk lingkungan, ia juga bermanfaat sebagai ruang rekreasi untuk manusia.

Itulah berbagai teknologi ramah lingkungan yang sekarang banyak dikembangkan di berbagai negara maju. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai topik tersebut di https://www.teknois.id/, tidak hanya topik mengenai teknologi yang dibahas, namun juga berbagai topik menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *