Cara Bayar Pajak Motor dengan Nama STNK yang Berbeda

By | March 2, 2021

Cara Bayar Pajak Motor dengan Nama STNK yang Berbeda. Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia termasuk membayar pajak sepeda motor. Setiap tahun setiap pemilik kendaraan bermotor harus senantiasa taatbayar pajak sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Pelanggaran dalam pembayaran pajak akan dikenakan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku jika diketahui oleh aparat penegak hukum yang berwenang.

Setiap pemilik wajib memeriksa tanggal kedaluwarsa masa aktif pajak kendaraan roda duanya agar tidak lupa saat akan jatuh tempo. Tertib membayar pajak tanda warga negara yang patuh dan hormat pada negara dengan cara taat hukum. Dalam proses pembayaran pajak sepeda motor terkadang dijumpai kasus yang bermacam-macam salah satunya adalah perbedaan pemilik kendaraan dengan nama pada stnk.

Meskipun begitu Anda tetap bisa membayar pajak sepeda motor tercinta Anda di Samsat terdekat atau melalui layanan online atau melalui pajak keliling. Ketiga format pembayaran tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan keluangan waktu yang Anda miliki.

Cara bayar pajak motor dengan nama STNK yang berbeda bukanlah sebuah halangan yang berarti, sebab Anda tetap dapat bayar pajak tanpa harus balik nama stnk. Bagaimana tata caranya? Baca ulasan berikut ini:

Pilih Bayar Pajak Online

Pada era digitalisasi seperti sekarang tidak hanya memesan makanan saja yang bisa dilakukan secara online. Kini membayar pajak pun sudah bisa online tanpa harus ribet mengantre dan pergi ke Samsat. Kantor Samsat-nya kini tersedia pada genggaman Anda sebab Anda tinggal mengunduh aplilasinya atau membuka website resminya. Membayar pajak via online akan mempersingkat waktu dan memudahkan proses penginputan data yang dibutuhkan.

Keunggulan pembayaran pajak melalui Samsat online salah satunya adalah tidak diperlukannya salinan copy secara fisik, ini bermanfaat terutama bagi Anda pemilik kendaraan dengan nama pemilik stnk yang berbeda. Cara bayar pajak motor menjadi mudah dengan adanya sistem online yang membuat wajib pajak hanya perlu mengisi form yang telah disediakan dengan benar dan mentransfer biaya pajaknya kemudian tunggu blankonya datang ke rumah.

Lengkapi Kebutuhan Berkas dan Proses di Samsat

Akan tetapi bagi Anda yang tidak suka dengan menunggu, Anda pasti memilih datang langsung ke Kantor Samsat terdekat agar prosesnya selesai pada hari yang sama. Anda perlu datang ke Kantor Samsat sesuai dengan plat nomor kendaraan Anda, bisa jadi tempat Anda tinggal berbeda dengan Kantor Samsat yang harus Anda kunjungi. Namun demi tertib dalam proses membayar pajak, hal tersebut wajib tetap Anda lakukan sebagai bukti warga negara Indonesia yang baik.

Cara bayar pajak motor di Kantor Samsat diperlukan adanya kelengkapan berkas seperti KTP asli sesuai nama stnk dan salinannya, bpkb asli serta salinannya, surat kuasa bermaterai 6000 dari pemilik kendaraan asli, KTP asli dan salinannya orang yang diberi kuasa. Selain itu jika pemilik kendaraannya ternyata sudah meninggal maka diperlukan surat keterangan meninggal. Setelah semuanya siap Anda tinggal memprosesnya ke Kantor Samsat yang sesuai.

Cara bayar pajak motor tetap dapat dilakukan oleh siapapun yang belum sempat mengganti nama stnk-nya. Ulasan-ulasan lain terkait perpajakan kendaraan bermotor bisa dibaca di hanodoc.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *