Tiga Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Tote Bags

By | April 16, 2021

Saat ini, tote bags memang digemari oleh berbagai kalangan untuk dipakai menemani aktivitas. Terlebih bagi anak-anak muda, selain digunakan untuk menyimpan barang tote bags kerap kali dijadikan pelengkap outfit nongkrong agar terlihat stylist.

Bagi Anda penggemar tote bags berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan tote bags yang tepat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tote bags

1. Perhatikan material tote bags

Material adalah hal mendasar yang patut Anda pertimbangkan sebelum memilih tote bags incaran. Terdapat berbagai macam varian kain untuk membuat tote bags, seperti polyester, kanvas, drill, blacu, dan lain sebagainya. Perbedaan material pembuatan tote bags akan berpengaruh terhadap karakteristik tote bags yang hendak Anda pilih.

  • Polyester

Bahan ini cocok digunakan untuk tote bags berkapasitas besar. Dikenal dengan nama lain kain sintetis, polyester berkarakter kuat, tidak mudah berkerut, dan tahan lama. Anda dapat memasukkan barang-barang yang bervolume besar, seperti botol minum, pouch make up, buku, dan lain-lain.

  • Nylon

Bahan pembuatan tote bags jenis ini umumnya memiliki karakter yang hampir sama dengan poyester. Bedanya, nylon memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga memberi kemudahan selama perawatannya. Karakternya yang ringan dan durable membuat nylon layak digunakan untuk bahan dasar tote bags.

  • Drill

Memiliki serat campuran cotton dan polyester, kain drill juga memiliki karakter yang cukup kuat. Uniknya, tote bags berbahan kain drill didesain menampilkan permukaan bagian luar dan dalam tas berbeda, sehingga tote bags terlihat lebih elegan dan tidak mudah kusut. Selain itu, karakter kain drill menyebabkan tote bags lebih awet dan tidak mudah pudar.

  • Kanvas

Tidak hanya digunakan untuk keperluan melukis, kain jenis ini juga cocok sebagai bahan dasar tote bags. Bentuknya yang mudah ditekuk menjadikan tote bags berbahan kanvas cukup digemari. Selain ringan, tote bags kanvas biasanya dijadikan media untuk mendesain motif yang lucu.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Terdapat berbagai macam alasan mengapa Anda gemar mengenakan tote bags. Namun, tidak kalah penting Anda patut mempertimbangkan alasan sebelum membeli tote bags. Terlalu banyak tote bags yang dimiliki hanya akan membuat lemari Anda penuh dan sesak.

Jika Anda adalah pekerja kantoran, sangat mudah mengenakan tote bags untuk menyimpan barang-barang yang tidak muat di tas ransel Anda. Maka Anda perlu memiliki tote bags dengan kapasitas besar yang sesuai dengan kebutuhan barang yang Anda bawa. Selain terlihat rapi, Anda dapat menyimpan barang bawaan lebih aman.

Sedangkan, untuk aktivitas yang lebih santai Anda dapat mempertimbangkan desain tote bags yang menarik dan trendy. Agar lebih aman Anda disarankan memilih tote bags yang memiliki furing tebal dan beresleting.

3. Periksa detail tote bags

Sebagaimana produk hand made, tote bags umumnya disusun dari beberapa detail. Meski terkesan tidak terlalu rumit, detail ini memagang peran penting termasuk mempengaruhi kekuatan tote bags.

  • Jahitan

Apabila tas Anda akan difungsikan untuk membawa beban yang berat, sebaiknya Anda memilih tote bags dengan double jahitan. Jahitan yang kuat dapat mempengaruhi kualitas tote bags Anda lebih awet. Benang jahit nylon bersifat memperkuat jahitan tote bags.

  • Kualitas Tali

Tali memiliki fungsi yang vital saat menggunakan tote bags. Tote bags yang berukuran besar tentu membutuhkan tali yang besar dan kuat. Kain perangkai tali yang tebal dan double jahitan diperlukan agar tote bags tidak mudah putus.

Sebaliknya, tote bags berukuran kecil tidak perlu mengenakan tali yang besar. Kalaupun dibuat dengan tali yang pendek itu tidak akan jadi masalah, sebab tote bags akan mudah untuk dijinjing dan dibawa kemanapun.

  • Kapasitas Penyimpanan

Tote bags berukuran besar tentu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Hal ini tentu memerlukan jumlah kain yang lebih banyak, jahitan yang kuat, dan kain yang tebal agar bawaan tetap terorganisir dengan baik.

Kuat atau tidaknya kapasitas penyimpanan tentu dipengaruhi oleh material pembuatan tote bags. Tote bags berbahan nylon atau polyester umumnya lebih kuat dibandingkan dengan kain kanvas atau blacu.

Untuk memperkuat fungsi kapasitas penyimpanan, Anda dapat memilih tote bags yang dilapisi kain furing. Hal ini membantu tote bags Anda agar lebih kuat dan tahan lama.

Itu tadi tiga poin penting tentang tote bags. Memang popularitas tote bags dari hari ke hari semakin meningkat. Kebanyakan tote bags juga didesain dengan model yang menarik dan lucu. Layak Anda koleksi!