Mengenal Perusahaan Outsourcing dan Kelebihannya

By | April 28, 2021

Mengenal Perusahaan Outsourcing dan Kelebihannya – Dalam dunia kerja, terdapat banyak sekali istilah dari bahasa asing yang sering digunakan. Terutama untuk menyebut status pekerja, seperti istilah freelancer dan full time. Selain itu ada pula istilah pekerja outsource yang juga sering disebut-sebut. Biasanya istilah pekerja outsource berkaitan dengan perekrutan dari pihak ketiga.

Tenaga kerja outsource menerapkan sistem perekrutan yang berbeda dengan sistem tenaga kerja lain. Beserta dengan sistem yang berbeda itu, terdapat beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Di balik semua detail mengenai tenaga kerja outsource dan perusahaan yang terlibat, sistem tenaga kerja tersebut merupakan solusi bagi kebutuhan sumber daya alam. Seperti inilah penjelasan lebih detail mengenai perusahaan dan tenaga kerja outsource.

Mengenal Definisi Outsourcing

Tenaga kerja outsource didefinisikan sebagai sumber daya manusia yang direkrut perusahaan tertentu untuk nantinya dipekerjakan pada perusahaan lain. Perusahaan yang merekrut pekerja itu disebut dengan perusahaan outsourcing. Dalam pengertian yang lebih sederhana, perusahaan outsource merupakan perusahaan yang menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan lain sesuai dengan kebutuhannya.

Perusahaan outsource termasuk dalam penyedia jasa. Sistem kerja yang akan diterapkan berada di luar pekerjaan utama dari perusahaan pengguna jasa tersebut. Jadi tenaga kerja outsource akan bekerja dengan melakukan tugas yang bukan tugas inti pada perusahaan pengguna jasa. Tugas tenaga kerja outsource seputar menjadi pekerja pelengkap dan mengerjakan apa yang tidak bisa dikerjakan oleh karyawan utama di perusahaan pengguna jasa.

Contoh Kegiatan Outsourcing

Keberadaan perusahaan outsourcing dinilai sangat berguna bagi perusahaan pihak ketiga. Karenanya banyak perusahaan besar baik yang berstatus swasta maupun milik pemerintah menggunakan jasa tenaga kerja outsource. Biasanya tenaga kerja outsource fokus pada pelayanan seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, penyedia makanan atau catering hingga sopir dan kurir.

Tenaga kerja outsource sering ditemui di rumah sakit, kantor pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan besar. Sistem kerja yang berlaku antara perusahaan penyedia tenaga kerja outsource dan perusahaan pengguna jasa diatur dalam kontrak. Mengenai berapa lama kontrak kerja itu berlaku juga ditentukan berdasarkan kesepakatan. Termasuk di dalam kontrak itu juga akan disebutkan biaya penggunaan jasa.

Kelebihan Sistem Kerja Outsourcing

Banyak perusahaan besar yang menggunakan tenaga kerja outsource karena berbagai alasan. Salah satunya adalah efisiensi waktu dan biaya yang tidak harus dikeluarkan untuk melakukan pelatihan terhadap tenaga kerja tersebut. Karena tenaga kerja outsource telah dilatih oleh perusahaan yang menaunginya, maka perusahaan pihak ketiga tinggal menggunakan jasanya.

Perusahaan pengguna jasa tenaga kerja outsource juga bisa lebih fokus terhadap tugas utamanya. Sementara tugas lain di luar itu sudah dibebankan pada tenaga kerja outsource dan dipastikan akan selesai dengan baik.

Adanya perusahaan outsourcing https://myrobin.id/ membawa solusi tepat bagi permasalahan tenaga kerja yang biasa dialami perusahaan besar. Dengan kelebihan yang dimilikinya, semua pihak yang terlibat bisa merasakan manfaatnya.