Makanan Khas Indonesia Berbahan Daging Sapi Untuk Lebaran

By | May 16, 2021

Menjelang lebaran, banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar daging sapi. Mulai dari rendang, semur, dan masih banyak olahan lainnya. Banyak seklai olahan daging sapi yang akan menggugah selera anda membuat anda sudah membayangkan lebaran tiba dengan berbagai macam makanan khas nya. Namun, jika anda bosan dengan olahan daging sapi yang itu – itu saja, anda tidak perlu khawatir karena dengan satu bahan dasar seperti daging sapi, bisa anda buat menjadi berbagai macam olahan yang tentu saja khas Indonesia yang sudah terkenal dengan kelezatannya.

Berikut beberapa rekomenadasi masakan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar nya.

1. Bakso Sapi Rica- Rica

Untuk membuat bakso sapi rica – rica, anda memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

1 batang serai (ikat lalu geprek), 1 lembar daun jeruk, 1 ruas jahe (geprek), 1 genggam kemangi, 12 butir bakso sapi (sayat menjadi 4 bagian tanpa terputus), garam secukupnya, gula secukupnya,  penyedap rasa secukupnya, sedikit air, kecap manis secukupnya, minyak goreng secukupnya, 3 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 7 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit, 1 butir kemiri. Setelah bahan- bahannya anda siapkan. Anda bisa mulai dengan langkah memanaskan minyak goreng lalu goremg bakso sapi dan sisihkan. Setelah itu, bahan untuk bumbu rica – rica bisa anda goreng. Setelah itu, anda bisa memanaskan kembali minyak goreng, dilanjut dengan menumis bahan rica-rica hingga harum, lalu masukkan serai, jahe, dan daun jeruk. Jika langkah sebelumnya sudah beres, bisa anda lanjutkan dengan memasukkan bakso daging sapi lalu aduk-aduk hingga rata. Setelah rata, masukkan kemangi, garam, gula, penyedap rasa, dan kecap manis, aduk-aduk kembali hingga rata, lalu tunggu hingga bumbu meresap sempurna. Setelah semuanya, anda tinggal memasukkan sedikit air dan memasak sampai air menyusut. Mudah bukan olahan bakso sapi rica – rica ini.

2. Semur Daging Sapi

Saat anda hendak membuat semur daging sapi, anda haru menyiapkan beberapa bahan – bahanya seperti berikut ini : 250 gram daging sapi yang sudah dipotong-potong, 2 buah kentang ukuran sedang yang dipotong dadu dan agak besar, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 buah cabai merah (buang bijinya), 1/2 buah tomat (potong-potong), jahe (memarkan), 1 lembar daun salam, minyak goreng secukupnya, air secukupnya, kecap manis secukupnya, gula merah Jawa secukupnya, gula pasir secukupnya, garam secukupnya, kayu manis bubuk secukupnya dan juga lada secukupnya.

Setelah anda menyiapkan bumbu-bumbu di atas, kita akan mulai membuat semur daging sapi dan cara membuatnya adalah pertama tama dimulai dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Bisa menggunakan blender atau diulek. Setelah itu, anda panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya, setelah itu tambahkan daun salam dan jahe. Jangan lupa untuk ditumis hingga harum. Setelah harum, masukkan daging, aduk-aduk hingga daging berubah warna. Lalu disusul dengan kentang, aduk-aduk kembali hingga bumbu tercampur rata. Jika sudah, anda bisa masukkan air hingga merendam daging dan kentang. Selagi direndam, masukkan kecap manis, gula merah, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, dan lada secukupnya. Jangan lupa untuk aduk-aduk sebentar, tutup wajan, lalu kecilkan api. Setelah itu, masak hingga air meresap dan daging matang serta empuk. Cukup mudah bukan? Mari persiapkan hari raya dengan hidangan terbaik.