Hallo guyss, liburan akhir tahun mau kemana nih? Buat kalian yang masih bingung mau liburan kemana. Di Yogyakarta khususnya di Selopammioro,Imogiri,Bantul ada secuil surga tersembunyi loh. Namanya sungai “Oya”. Tetapi orang Jawa menyebutnya sungai “Oyo”. Sungai Oyo berhulu di lereng barat Perbukitan Gunung Gajahmungkur – Kukusan yang masuk wilayah administratif Desa GununganKecamatan MayaranKabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Sungai Oyo mengalir sepanjang sekitar 106,75 Km dari timur laut ke baratdaya hingga bermuara ke Sungai Opak di Desa SriharjoKecamatan ImogiriKabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membentang sepanjang Pegunungan Sewu. Sungai Oyo ini disebut-sebut sungai amazonnya Yogyakarta, karena sungai ini merupakan sungai terpanjang dan berkelok-kelok di Yogyakarta.

Mungkin bagi orang biasa akan memandang sungai Oyo ini tempat yang biasa-biasa saja. Namun bagi kalian yang suka jalan-jalan dan mbolang, tempat ini recommended banget buat kalian. Sebenarnya sungai Oyo ini sudah menjadi tempat wisata sebelumnya. Dulu di sungai Oyo ini terdapat jembatan gantung berwarna kuning, nah jembatan inilah yang membuat sungai Oyo dijadikan tempat wisata, dipakai untuk foto Prewedding, bahkan dulu pernah dijadikan tempat pengambilan gambar video klip Hello Band berjudul “Pilihan Hati” loh guys. Jadi tak perlu diragukan lagi keindahannya. Namun pada tahun 2017 saat itu Bantul dilanda bencana banjir yang mengakibatkan air sungai Oyo ini meluap dan menghanyutkan jembatan gantung tersebut.

Foto Jembatan Berwarna Kuning Tahun 2016

Walau jembatan gantungnya sudah tidak ada, sungai Oyo ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Kalian tetap bisa menikmati objek wisata arung jeram, kalian juga bisa naik perahu karet atau kano dan berkeliling sepanjang hulu sungai.

Objek wisata ini lebih menyatu ke alam terbuka dan sedikit adventure. Bagi anda yang suka dengan kegiatan adventure, musim hujan adalah saatnya anda mencoba. Dikarenakan pada saat musim hujan, anda bisa melakukan rafting dengan perahu karet jika debit air memungkinkan. Namun jika debit air tidak memenuhi syarat untuk rafting, kita tetap bisa menyusuri Sungai oyo dengan ban tubing.

 

Foto Terbaru Dan Obyek Wisata Perahu Karet Dan Kano

Buat kalian yang mau mengunjungi tempat wisata ini jangan sendirian yaa guys. Ajak teman-teman, sahabat, keluarga, gebetan, bahkan pacar kalian buat naik kano biar kaya di film My Heart gitu. Hehehe…

 

 

Foto Perahu Kano

Sumber : https://www.instagram.com/p/BqZBxc_DPf_/

Di sungai Oyo ini kalian juga bisa menikmati senja yang tak kalah indahnya dengan menikati senja di atas pegunungan.

Akses Perjalanan Dan Rute Perjalanan

Akses perjalanan ke Sungai Oyo ini cukup mulus kok, hanya saja rute perjalanannya melewati desa dan rumah-rumah penduduk. Jalan yang dilewati juga tidak naik-turun. Diperjalanan kita akan melihat bukit-bukit, dan sawah-sawah yang terbentang luas dan menyejukkan mata. Di sepanjang perjalanan kalian akan akan dikelilingi tebing-tebing bebatuan.

Info Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo

Dulunya untuk masuk wisata Sungai Oyo ini tidak dikenakan biaya. Sekarang  Cukup membayar tarif parkir seharga Rp. 2.000 dapat masuk wisata sungai oyo ini. Untuk  masuk sungai Oyo ini relative murah dan ekonomis bukan. Dan untuk kalian yang ingin mencoba wahana arung jeram, naik perahu karet atau kano, kalian cuma merogoh kantong Rp. 5.000 saja per orang. Tapi jika kalian menyewa perahu karet hanya untuk 2 orang saja maka kalian tetap membayar dengan biaya sewa Rp. 20.000. Karena perahu karet ditargetkan untuk 4 orang penumpang. Jadi jika kalian ingin ingin menyusuri sungai oyo ini tapi Cuma berdua saja, atau kalian ingin menyusuri Bersama pasangan kalian mending naik kano dan hanya membayar Rp. 10.000 saja untuk dua orang penumpang. Saat menaiki objek wisata perahu karet atau kano kalian juga akan dipasangi life jacket agar saat terjadi kjadian yang tidak diinginkan kalian tetap aman. Kalau kalian ingin mencoba naik perahu karet ataupun kano tetapi takut tidak bisa mendayungnya atau mengarahkan perahunya, disini juga tersedia jasa pendamping yang setia mendampingi kalian jalan-jalan menyusuri Sungai Oyo ini.

Jadi tunggu apa lagi guys, buruan liburan ke Yogyakarta dan ajak sahabatmu, keluargamu, atau pasanganmu buat mencoba objek wisata di Sungai Oyo ini.

😉 Sampai ketemu di Yogyakarta 😊

5 Fakta Tentang Pantai Timang Ini Bikin Kamu Ingin Buru-buru ke Sana

[Infografis] Ide Liburan Akhir Tahun di Batu, Malang