BEGINI CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

BEGINI CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Mata digunakan manusia untuk melihat keindahan dunia dan lingkungan di sekitarnya. Mengingat peran pentingnya mata bagi kita, berikut ini bebrapa cara untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.

  1. Makan makanan yang mengandung nutrisi. Makanan yang mengandung nutrisi dapat membantu kesehatan mata agar tetap dapat bekerja secara optimal. Zat nutrisi yang dibutuhkan mata yaitu makanan yang terutama mengandung betakoroten tinggi seperti wortel, tomat, dan sebaginya. Sayuran seperti kangkung, kubis, dan bayam juga dapat membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung lutein dan zeakanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Lutein adalah salah satu jenis vitamin yang disebut karotenoid, yaitu pigmen organik yang terdapat pada makanan, seperti bayam, brokoli, jagung, anggur, jeruk, kiwi, dan kuning telur. Lutein dianggap sebagai vitamin mata karena bermanfaat untuk mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula (AMD) dan katarak. Lutein dan zeaxanthin adalah pigmen-sekarang-satunya tanaman karotenoid-kuning di lensa mata manusia dan juga dapat melindungi terhadap katarak dengan menyaring cahaya biru yang berbahaya.
  2. Olahraga yang teratur. Berolahraga dapat membantu melatih dan menjaga kesehatan mata. Menurut penelitian di Inggris, berolahraga teratur lebih dari sejam sehari dapat mengurangi kemungkinan menderita glaukoma 25% lebih kecil. Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata
  3. Hindari melihat matahari secara langsung. Sinar UV ternyata dapat menyebabkan penyakit katarak sekitar 5-10%. Untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung, ada baiknya menggunakan kacamata hitam saat siang hari atau dapat pula memakai topi.
  4. Mengurangi menatap layar gadget, laptop, atau smartphone. Menatap layar benda-benda tersebut dapat mengakibatkan elumas air mata menurun. Hal ini dipengaruhi oleh kedipan mata. Pada mata normal biasanya dapat berkedip 15-20 kali dalam 1 menit. Sedangkan apabila menatap layar-layar tersebut mengakibatkan kecepatannya menjadi 2 kali lipat, sehingga mata akan merasa kelelahan dan ini dapat menimbulkan masalah serius pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *