SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN

Sarana Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat memperlancar proses pembelajaran,misalnya yaitu media.Pada jaman dahulu,media digunakan sebagai perantara antara guru(penyampai materi pembelajaran) dan siswa(penerima materi pembelajaran).Pada jaman yang modern ini,media digunakan sebagai alat bantu yang menunjang proses pembelajaran.Ilmuwan-ilmuwan yang menemukan media antara lain:
1. Rudy Bretz(1971) –> membagi media menjadi 3 unsur pokok(cetak,audio, dan visual)
2. Anderson(1976) –> membagi media menjadi 10 golongan(audio,cetak,audio-cetak,proyeksi visual,dan sebagainya)
3. Schramm(1985) –> membagi media menjadi 2 golongan yaitu kompleks(TV,VCD) dan sederhana(slide,audio.transparansi,teks)
4. Heinich,Molenda,Russel(1996) –> berupa media proyeksi,non proyeksi,audio,gerak,komputer,komputer multimedia,hypermedia,media jarak jauh

Klasifikasi Umum :
a. Kelompok 1 –> grafis,bahan cetak,gambar diam
b. Kelompok 2 –> media proyeksi diam
c. Kelompok 3 –> media audio
d. Kelompok 4 –> media audio visual
e. Kelompok 5 –> media gambar hidup
f. Kelompok 6 –> media televisi
g. Kelompok 7 –> multimedia

Media Grafis
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta,ide,atau gagasan melalui penyajian kata-kata,kalimat,angka-angka,simbol/gambar yang digunakan untuk menarik perhatian,memperjelas sajian ide,dan mengilustrasikannya.Macam-macam media grafis yaitu:
– Grafik/diagram
– Bagan
– Sketsa (gambar sederhana)
– Poster (sajian kombinasi yang jelas)
– Papan flannel (papan yang berlapis kain flanel)
– Buletin board (papan tanpa kain flanel)
Kelebihan media grafis yaitu:
• Menarik
• Mudah dipahami
• Harganya murah
Kelemahan media grafis yaitu :
• Membutuhkan banyak waktu
• Guru harus mempunyai keterampilan di bidangnya
• Penyajian hanya berupa unsur visual

Media Bahan Cetak
Media bahan cetak macamnya seperti:
Buku teks = berisi tentang bidang studi tertentu
Modul = paket program yang disusun dalam bentuk kesatuan,lebih lengkap dari buku.Modul berisi tentang komponen petunjuk guru,LKS,kunci LKS,lembar kegiatan siswa,lembaran tes dan kuncinya,evaluasi
Bahan pengajaran terprogram = hampir sama dengan modul
Kelebihan media cetak yaitu:
• Menyajikan pesan / informasi dalam jumlah banyak
• Informasi dapat dipelajari sesuai minat dan kebutuhan
Kelemahan media cetak yaitu:
• Proses pembuatan membutuhkan waktu yang lama

Media Proyeksi Diam
Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan / memproyeksikan pesan dimana hasil proyeksinya tidak bergerak/mempunyai sedikit unsur gerakan.Macam-macam media proyeksi diam yaitu:
– OHP /OHT
– Opaque (tidak tembus pandang)
– Slide
– Film strip
– Proyektor

Analisis Materi Kimia yang Menggunakan Media Pembelajaran berdasarkan Analisis ALLEN ,sebagai berikut :
– Gambar diam digunakan untuk mempelajari tentang peranan dan   perkembangan ilmu kimia , struktur atom , reaksi redoks , laju reaksi , kesetimbangan kimia , larutan asam basa , sifat-sifat koloid , contoh sel elektrokimia , kelimpahan unsur di alam dan sifat-sifat keperiodikan unsur , gas mulia dan halogen , logam alkali dan alkali tanah
– Gambar hidup digunakan untuk mempelajari tentang ikatan kimia , larutan elektrolit dan larutan non elektrolit , proses pembentukan minyak bumi , gaya antar molekul , kestabilan koloid
– Televisi digunakan untuk mempelajari tentang pembentukan minyak bumi , sel elektrolisis dalam industri , unsur radioaktif
– Obyek 3 dimensi digunakan untuk mempelajari tentang bentuk molekul
Rekaman audio digunakan untuk mempelajari tentang tabel periodik unsur
– Programmed instruction digunakan untuk mempelajari tentang titrasi asam basa , uji karbohidrat dan protein
– Demonstrasi digunakan untuk mempelajari tentang titrasi asam basa(mengukur pH) , sistem disperse (larutan,koloid,suspensi) , sel elektrokimia , uji karbohidrat dan protein
– Buku teks tercetak digunakan untuk mempelajari tentang struktur atom , sistem periodik unsur , rumus kimia , tatanama dan persamaan reaksi kimia , perhitungan kimia , reaksi redoks , hidrokarbon , termokimia , laju reaksi , kesetimbangan kimia , larutan asam basa , larutan penyangga , hidrolisis , kelarutan(s) dan hasil kali kelarutan(KSP) , sifat koligatif larutan , unsur periode ketiga di alam , unsur transisi periode keempat , unsur radioaktif , senyawa karbon , benzena , biomolekul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *