Remedial Teaching

Assalamu’alaikum..Selamat malam…kali ini saya akan memposting tentang pembelajaran remedial..semoga bermanfaat yaa…

Pembelajaran remedial adalah pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan kompetensi dasar tertentu menggunakan berbagai metode yang diakhiri dengan penilaian untuk mengukur kembali tingkat ketuntasan belajar peserta didik.

Prinsip Pembelajaran Remedial:

  1. Adaptif
  2. Interaktif
  3. Fleksibilitas dalam metode pembelajaran dan penilaian
  4. Pelayanan sepanjang waktu

Diagnosis Kesulitan Belajar Peserta Didik:

  1. Kesulitan ringan (kurang perhatian saat mengikuti pelajaran)
  2. Kesulitan sedang (gangguan belajar dari luar peserta didik,misal: faktor keluarga,lingkungan,dan lain-lain)
  3. Kesulitan berat (ketunaan peserta didik,misal:tuna rungu,tuna netra,dan lain-lain)

Teknik untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar:

  • Tes prasarat
  • Tes diagnosis
  • Wawancara
  • Observasi

Pelaksanaan Remedial :

  • Pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
  • Belajar mandiri/pemberian bimbingan secara khusus
  • Pemberian tugas/latihan
  • Belajar kelompok dengan bimbingan alumni/tutor sebaya
  • Diakhiri dengan ulangan

Tes Ulang

Tes ulang diberikan kepada peserta didik yang telah mengikuti program pembelajaran remedial agar dapat diketahui peserta didik telah mencapai ketuntasan atau belum.

Langkah Remediasi Bay Okay (1941):

Langkah 1 : menetapkan indikator (kurikulum 2013)

Langkah 2 : menentukan tujuan

Langkah 3 : menentukan prosedur yang dipilih

Langkah 4 : menguji dari hasil yang dilakukan

Langkah 5 : meremidiasi/mendiagnosis ulang jika diperlukan

Langkah 6 : mengadministrasi tes summatif

Tujuan Pembelajaran Remediasi yaitu :

  1. Menentukan besarnya efek
  2. Menentukan dan membandingkan besarnya efek
  3. Hubungan efek
  4. Pengalaman-pengalaman siswa

Kesimpulan :

  • Pembelajaran dapat secara signifikan dan positif mempengaruhi diagnosis/instruksi remidiasi
  • Seorang siswa IPA mampu dalam menyimpulkan tidak ada aktivitas remedial yang diresepkan,dia bisa mengetahui dari prestasi yang minim dengan adanya feedback
  • Hanya dengan memberikan feedback untuk siswa IPA lebih simpel daripada remedial teaching yang kompleks dan bersiklus

Effect of Diagnostic Remedial Teaching Strategy on Student Achivement in Biology (Oyekan,2013)

  • Diagnosis dan remedial dari kelemahan siswa adalah komponen dasar dari diagnostic remedial teaching
  • Dalam diagnosis ini teknik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam pembelajaran bisa dengan tes,observasi, dan projek
  • Sebuah kebutuhan analisis melibatkan implisit dan eksplisit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *