Sastra Arab merupakan program studi yang terbilang masih baru di Universitas Sebelas Maret. Prodi ini berdiri sekitar tahun 2010. Banyak mahasiswa sastra Arab UNS yang belum mengetahui buku refrensi apa saja yang biasa digunakan untuk belajar karena belum banyak buku refrensi yang bisa digunakan untuk belajar. Di perpustakaan prodi  maupun perpustakaan pusat UNS masih sedikit refrensi untuk pembelajaran sastra Arab.

Karena inilah sebagai mahasiswa sastra Arab yang suka baca buku walaupun tidak suka baca buku berbahasa arab, saya akan memberikan beberapa judul buku yang bisa dijadikan refrensi belajar di sastra Arab UNS.

  • Jami’ud-Durus Al-Lughah Al-‘Arabiyah

Buku ini merupakan salah satu buku yang memuat tentang ilmu nahwu, sharaf, dan balagah. Buku ini salah satu buku yang wajib dipelajari bagi mahasiswa sastra Arab UNS. Buku ini terdiri dari 3 jilid. Untuk mendapatkan buku ini bisa dicari di toko buku agama atau kalu mau yang gratis sudah ada format pdfnya di internet jadi tidak terlalu sulit untuk memperolehnya.

  • Al-‘Arabiyah Lin-Nasyiin

Buku selanjutnya merupakan buku yang berisi tentang cerita-cerita. Buku ini biasanya digunakan untuk pembelajaran Insya’ (Indonesia:Mengarang). Buku ini ada 6 jilid yang tiap jilidnya mempunyai tingkatan kesulitan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkanya bisa di toko buku agama atau cari pdfnya gratis di internet.

  • Mulakhas Qawaid Al-Lughah Al-‘Arabiyah

Buku ini isinya hampir sama seperti buku Jamiud-Durus Al-Lughah Al-‘Arabiyah seperti nahwu dan sharaf namun, buku ini lebih ringkas dibanding dengan jamiud-durus . Beberapa kaidah bahasa Arab dalam buku ini dan buku jamiud-durus ada yang sedikit berbeda namun buku ini lebih sering saya gunakan dibanding jamiud-durus.

  • Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik

Buku ini salah satu buku wajib untuk dipelajari oleh mahasiswa sastra Arab UNS. buku ini terdiri atas 3 jilid dan tiap jilidnya berbeda tingkat kesulitannya.  buku ini berisi cerita, percakapan, soal-soal, dan lain-lain hampir sama seperti buku pembelajaran bahasa indonesia namun menggunakan bahasa Arab. Untuk mendapatkan buku ini bisa beli online atau kalau mau gratis cari pdfnya diinternet.

  • Linguistik Umum

Buku karya Abdul Chaer ini berisi tentang pembelajaran linguistik dasar. Buku ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran linguistik saja tetapi penerjemahan dan sastra juga menggunakannya. Untuk bisa mendapatkan buku ini kita bisa cari di toko buku atau beli online.

  • Fonologi Bahasa Indonesia

Buku ini juga merupakan karangan Abdul Chaer. Buku ini berisi tentang pembelajaran fonologi dasar. Kalau untuk sastra Arab UNS buku ini masih belum lengkap karena belum memuat proses pembentukan suara huruf arab. Jadi kalau menggunakan buku ini perlu buku pendamping fonologi yang bahasa arab.

  • AL-Balaghah Al-Wadhihah

Buku ini berisi tentang ilmu retorika arab. Buku ini digunakan untuk mempelajari retorika dalam bahasa arab selama 3 semester. bisa dibilang ini merupakan buku yang wajib digunakan oleh mahasiswa sastra Arab. Untuk mendapatkan buku ini bisa beli online atau download pdfnya gratis di internet.

Untuk buku-buku yanng biasa digunakan mahasiswa sastra Arab UNS sebenarnya masih ada beberapa buku namun bisa dibilang yang sudah saya tukis diatas wajib digunakan mahasiswa sebagai refrensi belajar. untuk buku-buku lain yang bisa digunakan mahasiswa sastra Arab bisa mencari di perpustakaan prodi atau kalau cari bentuk pdf ada di web perpustakaan HMP Sastra Arab.

Judul Buku yang Sering Dijadikan Refrensi Belajar di Sastra Arab UNS
Tagged on:         

2 thoughts on “Judul Buku yang Sering Dijadikan Refrensi Belajar di Sastra Arab UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *