DAFTAR JURNAL TERINDEX SCOPUS TERBIT DALAM SATU BULAN

Fast Publication Artikel Jurnal Terindex Scopus Satu Bulan Terbit (Rapid-Monthly)

jurnal index scopus satu bulan terbit rapid monthly fast publication. anti journal predatory. Elsevier, taylor and francis, ISI thompson, Web of Science, cara cepat terbit jurnal di index scopus. abiebdragx.

Fast Publication Artikel Jurnal Terindex Scopus Satu Bulan Terbit (Rapid-Monthly) – Memiliki artikel yang terindex Scopus tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para akademisi saat ini. Banyak orang ingin agar tulisannya dapat di index oleh Scopus. Tapi kenyataanya,  itu tidak mudah dan perlu waktu yang lama.

Banyak orang dengan tulisan yang sangat menarik dan berbagai macam cakupan disiplin ilmu, berlomba-lomba agar artikelnya dapat terbit di jurnal yang terindeks oleh Scopus. Faktanya, saat ini kebanyakan publisher jurnal hanya menyediakan 5-7 lowongan artikel pada setiap terbitannya dengan frekuensi antara 1 sampai 4 kali dalam setahun.

Teman saya, sudah 2,5 tahun menunggu pemberitahuan keputusan artikelnya pada salah satu publisher yang di indeks Scopus. Hingga saat ini, belum ada pemberitahuan apapun dari pihak publisher.

Kondisi ini menimpa banyak orang, khususnya mereka yang sedang mengejar publikasi artikel terindeks scopus. Pertanyaanya, mengapa Scopus jadi primadona? Apa yang membedakan Scopus dengan mesin indeks lainnya? Apa kelebihan Scopus?

Berikut ulasannya.

Kelebihan Scopus dibanding Mesin Indeks Artikel Jurnal lain

Sebenarnya, selain Scopus ada banyak saluran atau mesin indeks artikel jurnal seperti ISI ThompsonSpringerWeb of ScienceGoogle ScholarAcademic MircosoftDOAJCrossrefIndex CopernicusEBSCOPubMed dan sebagainya. Bahkan setiap negara memiliki mesin indeks artikel jurnal sendiri, misalnya di Indonesia ada Garuda, Sinta, Arjuna, atau di India ada J-Gate, untuk publisher yang kantornya bertempat di wilayah ASEAN juga dapat di indeks oleh ASEAN Citation Index

Tapi, mengapa Scopus menjadi primadona? Hal ini dikarenakan secara kualitas artikel yang diterbitkan di Scopus dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun visibilitas artikel lebih unggul di DOAJ dan Google Scholar karena sistemnya yang open access, tapi artikel jurnal yang terindeks di Scopus menjadi indikator utama untuk penilaian rangking universitas dalam hal publikasi. BROWSER

Semakin banyak civitas sebuah universitas menerbitkan artikel jurnal yang terindeks Scopus maka semakin tinggi rangking universitas tersebut. Pada sisi yang lain, semakin banyak seorang akademisi menulis jurnal dan terindeks Scopus maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa di dapatkannya. dari sisi finansial mislanya, di Indonesia penulis yang artikelnya di indeks Scopus mendapatkan penghargaan uang senilai-15-20 juta lho melalui LPDP. lihat di (http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/insentif_artikel/)

Cara Agar Artikel Jurnal Terindeks Scopus Mudah dan Cepat

Sebagian orang masih ada yang bingung dan belum bisa membedakan antara Mesin Indeks Artikel Jurnal dan Publisher Jurnal. Fakta ini saya dapatkan dari banyaknya keyword pencarian di Google yang menggunakan frasa “Cara mengirim jurnal ke Scopus, cara mengirim jurnal terindex Scopus, dan lain sebagainya.

Scopus merupakan mesin indeks pustaka yang bertugas mengumpulkan dan merayapi data berupa judul, penulis, afiliasi, abstrak, daftar referensi, dan tahun terbit sebuah artikel yang ada di situs publisher jurnal. Artinya, berkas lengkap artikel jurnal tersimpan di direktori situs publisher, maka dari itu agar tulisan dapat di indeks oleh Scopus kirim artikel ke publiser jurnal bukan ke Scopus.

Pertanyaanya, bagaimana cara mencari publisher jurnal yang terindeks Scopus? Hal bisa dilakukan dengan langsung mengunjungi situs Scopus (https://www.scopus.com/) dan mencari publisher jurnal pada menu source atau bisa langsung mengunjungi situs resmi Sinta (http://sinta2.ristekdikti.go.id/) dan pilih kategori S1.

Artikel Jurnal Terbit dalam Satu Bulan dan Terindeks Scopus Rapid Monthly

Mengingat derita teman saya yang harus menunggu 2,5 tahun agar artikel jurnalnya terbit maka di bawah ini ada beberapa list publisher jurnal yang terindeks Scopus dengan frekuensi publikasi 1 bulan sekali atau bahasa londonya rapid monthly.

PLAGIARISM. Karena saat ini sedang marak jurnal pretador (Predatory Journals) untuk jaga-jaga list situs publisher di bawah ini sudah saya cek di Predatoryjournals.com dan Beall’s list of predatory journals and publishers dan hasilnya aman. Apabila anda kurang yakin bisa di cek sendiri pada dua situs di atas atau dengan menelusuri Scopus ID Publisher dan lihat covarege journalnya apakah masih aktif atau tidak.

BACA ARTIKEL LEIH LANJUT DI: https://www.abiebdragx.me/2019/08/fast-publication-jurnal-index-scopus.html

Daftar S2 di UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Oleh: https://www.emawdewi.com/

diunggah oleh: https://www.abiebdragx.me/

Kali ini aku mau buat cerita gimana caranya daftar S2 di Universitas Sebelas maret. Untuk mas mba diluar sana yang berniat buat lanjutin studi S2, pastiin dulu jurusan yang mau diambil itu apa. Kebanyakan orang ngambil jurusan yang linier dengan jurusannya sewaktu S1. Memang cara ini membantu banget saat kuliah nanti, karena seengganya kita udah tau basic dari ilmu yang kita ambil ini.

uns emawdewi

Tapi ada juga sebagian orang yang lintas jurusan untuk memperluas wawasannya. Pilihannya tetep sama yang mau jalanin kuliah ya. Pascasarjana UNS sendiri udah punya banyak banget program studi, yaitu 44 program studi Magister (S2) dan 16 program studi Doktor (S3).

Sebenernya di leaflet yang disediai: https://uns.ac.id

lebih lanjut baca di : https://www.emawdewi.com/2018/11/cara-daftar-s2-di-uns-universitas-sebelas-maret.html

 

Tool cek plagiarism

7 Software Cek Plagiarisme 

Oleh: https://www.abiebdragx.me/

Dalam dunia literasi dikenal sebuah istilah “plagiarisme” secara konotatif istilah ini menjurus pada persepsi negatif atau sederhananya karya tulis ilmiah yang didalamnya terdapat tiruan dari hasil karya orang lain maka karya tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilabelkan sebagai “Karya Plagiarisme (plagiat)”.

cara cek plagiarisme gratis online, 7 Software Cek Plagiarisme

Fatalnya karya plagiarisme tidak hanya berimbas pada karya tulisannya saja seperti tidak diterimannya tulisan tersebut dalam dunia literasi namun juga berimbas pada si penulisnya, kepercayaan pembaca mulai memudar atau bahkan kritik pedas dari berbagai penjuru saling loncat dan mengalir deras ke si penulis.

Tentu kita masih ingat pada kasus yang menimpa seorang siswi SMA asal Banyuwangi pada akhir bulan Mei 2017 lalu, seperti itulah dampak yang akan kita dapat ketika melakukan atau masuk kerongga-rongga plagiarisme. Untuk itu, patut kiranya untuk anda yang berkecimbung dalam dunia literasi agar meminimalisir adanya potensi plagiarisme dalam karya atau tulisan anda. Nah hal ini ternyata tidak susah-susah amat ko hehe..

Dengan bermodalkan jaringan internet yang stabil dan niatan yang biasa saja cek plagiarisme pada karya tulis anda sudah dapat dilakukan, tidak perlu foto 2×3 dengan latar belakang berwarna merah atau SKTM dari Kepla Desa dan beberapa lembar uang yang dimasukan ke amplop haha

CC: emawdewi.com

Yah baiklah dibawah ini, untuk memudahkan anda mengecek atau mengkoreksi tulisan anda apakah terdapat plagiarisme atau tidak saya tampilkan 7 website yang menyediakan toolnya secara gratis untuk pengguna…


1. Quetext

cara cek plagiarisme gratis online, 7 Software Cek Plagiarisme

Tool satu ini memberikan akses yang mudah bagi penggunannya, disamping gratis. Kemudahan yang dapat dirasakan ialah pengguna tidak harus membuat akun atau Sign up untuk dapat merasakan fiturnya, yang dilakukan cukup mencopy berkas yang ingin di cek/koreksi lalu pastekan berkas tersebut pada kolom di website Quetext setelah itu cukup klik Cek plagiarisme, Tunggu sistem memproses dan hasilnya keluar apakah ada atau tidak ada plagiarismenya. Selesai.

2. Plagiarism Software

cara cek plagiarisme gratis online, 7 Software Cek Plagiarisme

Setelah membaca namanya saja sudah tahu toh kegunaan software ini apa, mekanismenyapun sama dengan tool kepunyaan Quetext yang membedakan pada Plagiarism Software ialah adanya batas kata yang dikoreksi. Sebentar ini mending dijelaskan agak rinci.

Baik untuk dapat menggunakan software ini secara gratis pengguna harus membuat akun terlebih dahulu disamping itu berkas yang ingin dicek harus memiliki kata maksimal 1000 kata saja, sedangkan untuk berkas yang melebihi 1000 kata maka pengguna diharuskan mendaftar akun premium (berbayar).

3. Article Checker

cara cek plagiarisme gratis online, 7 Software Cek Plagiarisme

Pada prinsipnya tool yang satu ini ditujukan untuk pengguna yang menulis artikel secara online, karena selain sebagai tool check plagiarisme kegunaan lain tool ini ialah untuk mengolah kata, sehingga pengguna tidak harus mengetik di software pengolah kata lain lalu mengkopi tulisannya dan menempelkannya pada website ini, itu terlalu ribet.

Namun cara klasik tersebut juga sebenarnya tidak dilarang dan sah-sah saja dilakukan, tetapi karena visi dan misi dari website ini yang ingin memudahkan si penulis dan dapat dengan cepat menghitung setiap kata yang ditulis apakah mengandung plagiarisme atau tidaknya. Pokoknya silahkan dicoba tapi jaringan internet harus stabil ya!

Lebih lanjut Baca di https://www.abiebdragx.me/2018/01/7-software-cek-plagiarisme.html

Scopus dan Saluran Index Jurnal Terpercaya serta Cara download Jurnal Gratis

Scopus. Ulasan cara identifikasi jurnal terpercaya dan cara download jurnal gratis. Google scholar, elsevier, index copernicus, springer, sinta. Abiebdragx

Scopus, Saluran index jurnal terpercaya. Download jurnal gratis.

Dunia literasi dan pendidikan khususnya dalam hal penelitian ilmiah sedang digemparkan dengan kegiatan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian. Kegiatan ini gencar digelar dibanyak kampus-kampus bahkan organisasi yang berfokus pada karya ilmiah. Tujuannya, selain sebagai bentuk sumbangsi literasi terhadap khazanah keilmuan juga merespon perkembangan zaman.

Buku misalnya, kini mulai bergeser menjadi acuan kedua sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah, sebaliknya jurnal justru menempati posisi utama untuk sebuah rujukan, dampaknya karya ilmiah yang lebih banyak memuat jurnal sebagai sumber rujukan dianggap sebagai karya paling ideal saat ini.

Pada tataran global dalam persepktif pendidikan, sebuah kampus atau organisasi yang berkonsentrasi pada wilayah kajian ilmiah dianggap lebih kredibel dilihat dari seberapa banyak jumlah publisitas jurnal yang diterbitkan per-tahunnya. Sehingga, kini jurnal selain dianggap sebagai karya ilmiah juga menjadi prestasi dan pendulang reputasi.

Menariknya, kemajuan teknologi ikut memuluskan perkembangan jurnal menjadi lebih gemilang. Orang bisa Mengakses jurnal melalui situs-situs di internet yang terjamin dan kredibel. Apa parameter sebuah situs yang menyediakan jurnal sehingga bisa dipastikan keontentikannya?

Cara Indentifikasi Situs Jurnal Terpercaya

Domain Situs Jurnal

Melalui perkembangan teknologi, kampus-kampus atau organisasi saat ini menyediakan situs-situs yang khusus untuk menampilkan jurnal. Jaminan mutu sebuah jurnal dapat dilihat dari domain situsnya, lazimnya domain yang digunakan terafiliasi langsung dengan situs utama sebuah kampus atau organisasi  sebagi Istilah yang tepat barangakali, sehingga mutu jurnal terjamin.

Domain .Ac.id

Sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, maka situs yang dikelola instansi pendidikan harus menggunakan ekstensi domain berkarakter .ID yang dikelola oleh PANDi, tujuannya tidak lain sebagai identitas situs.

Domain .id sebagai Top Level Domain (TLD) memiliki sub domain yang masuk dalam kategori Country Code Level Domain (ccTLD) yang didalamnya memiliki klasifikasi dalam penggunaanya. Contoh domain ccTLD dalam kasus ini ialah .ac.id, domain ini hanya boleh didaftarkan oleh intitusi pendidikan, sehingga situs pribadi tidak akan bisa memakainya.

Maka dari itu, untuk menjamin sebuah situs jurnal resmi atau tidak bisa dilihat dari domain yang dipakai, apabila ia memakai domain .ac.id maka bisa dipastikab jurnal tersebut resmi. Misalnya, abcd.ui.ac.id, abcd merupakan nama jurnalnya, UI (Universitas Indonesia) ialah identitas instansi pendidikannya, dan .ac.id sebagai karakter domain resmi yang diakui negara untuk ranah pendidikan.

Domain .Edu

Ulasan .ac.id hanya berlaku untuk memastikan situs jurnal resmi yang berasal dari Indonesia. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika jurnal yang dicari atau ditemukan berasal dari luar negeri? Jawabanya secar prinsip sama dengan di atas, yang membedakan mayoritas jurnal luar negeri memakai top level domain (TLD) karakter .edu.

Situs-situs pribadi tidak akan bisa mendaftar .edu dikarenakan domain ini diperuntukan khusus bagi situs-situs pendidikan, hal ini bisa dilihat dari kepanjangan domain .edu yaitu education. Sehingga, jika anda mencari jurnal dari luar negeri maka pastikan domain yang digunakan memakai karakter .edu.

Saluran Index Jurnal Terpercaya dan Terbaik

Jika masih ragu, ada satu parameter yang tidak kalah penting yaitu saluran index jurnal. Apa itu? Secara pengertian saluran index jurnal adalah situs yang merayapi jurnal dari berbagai publisher jurnal. Sederhananya, publisher jurnal yang dimiliki kampus selanjut akan dirayapi oleh situs index jurnal, sehingga orang cukup mengunjungi situs index jurnal untuk mencari jurnal dari berbagai kampus.

Secara garis besar saluran index terbagi menjadi dua dalam hal reputasi. Kelompok pertama, ialah saluran index jurnal terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi reputasinya. Saat ini beberapa saluran index jurnal yang termasuk kelompok terpercaya bahkan menjadi ukuran kualitas karya ilmiah sebua institusi pendidikan. Kenapa bisa demikian? Karena kriteria agar bisa diindex oleh saluran ini sangat sulit. Sehingga wajar, ketika jurnal yang dimiliki kampus tersebut terindex oleh salah satu saluran ini maka jurnal tersebut dapat mendompleng reputasi institusi.

Kelompok saluran index jurnal terpercaya saat ini diantaranya adalah Scopus, DOAJ, Springer, Thompson Reuters, Elsevier, Web of Science, Ebsco, Google Scholar, dan beberapa lainnya. Indonesia juga memiliki saluran index jurnal yang terpercaya yang saat ini menjadi standar mutu jurnal di Indonesia yaitu Sinta (Science and Technology Index). Saran saya, jika anda ingin mencari jurnal yang berkualitas bisa diutamakan untuk mengunjungi situs-situs saluran index jurnal di atas.

Sedangkan kelompok saluran index jurnal kedua bisa disebut sebagai jalan alternatif untuk mencari jurnal, saya tidak menempatkan kelompok kedua ini sebagai saluran index jurnal yang kurang berkualitas ketimbang kelompok pertama, hanya saja, kebanyakan saluran index kelompok kedua dihuni oleh situs-situs yang merayapi jurnal dengan kriteria yang tidak seketat kelompok pertama.

Beberapa saluran index jurnal yang bisa dikelompokan kedalam golongan kedua diantaranya ialah Index Copernicu, Base, Citefactor, Latindex, CiteseerX, dan banyak lainnya. Dalam negeri juga punya saluran index jurnal yang masuk dalam kelompok ini diantaranya Moraref milik Kemenag, Neliti, Portal Garuda, dan lain-lainnya.

Cara Download Jurnal Berbayar Secara Gratis

Tidak semua jurnal yang tersedia dan bisa diakses secara online bisa di unduh gratis. Apalagi jurnal-jurnal yang terindex saluran macam Scopus, Thompson Reuters, dan lainnya. Saat ini, keadaan dunia ilmiah sudah berubah, bahkan selain membaca jurnal dikenakan biaya juga mengirim jurnal harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Jurnal perlahan menjelma menjadi ladang profit bagi sebagian orang, dan keadaan ini bagi pengkonsumsi jurnal macam mahasiswa kos kosan tentu merugikan hehe tapi tenang saya sudah banyak mengulas mengenai cara download jurnal berbayar secara gratis, tinggal klik baca paparannya, dan unduh jurnal yang anda inginkan.

Walaupun demikian, cara di atas sebenarnya bisa dibilang cara ilegal dan seharusnya tidak saya bagikan hahaha tetapi karena darurat… Ya… Sudahlah hahaha. Oh iya anda juga bisa menggunakan cara lain yang lebih aman dan legal tapi tetap bisa mendapatkan jurnal berkualitas, caranya ialah dengan mengunjungi saluran index open journal seperti DOAJ dan ScienceDirect, pada dua saluran ini jurnal yang terindex bebas unduh alias gratis. Saya sendiri sudah mencobanya.

Penutup

Demikian ulasan mengenai saluran index jurnal terpercaya dan terbaik. Semoga ulasan di atas bermanfaat, apabila ada yang salah atau dirasa kurang bisa tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Sekian, terima kasih banyak.

Sumber: https://www.abiebdragx.me/2019/03/Scopus-saluran-index-jurnal-terpercaya.html

Cara Identifikasi Berita Hoax di Internet dengan Mudah Menggunakan Layanan Hoax Identifier

Cara mendeteksi Berita Hoax di Internet dengan Mudah serta Layanan Identifier Hoax.

Beberapa tahun terakhir muncul fenomena menarik yang menerpa berbagai negara dan berkembang pesat di dunia maya. Fenomena ini tumbuh sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang tidak diimbangi dengan kemampuan mencerna informasi oleh pengguna internet.

Ulasan mengenai cara mendeteksi berita hoax dan layanan hoax identifier yang kredibel dan berkualitas. Turnbackhoax.id, hoax.id, dfi.id, abiebdragx.

Hoax atau berita palsu saat ini lebih mudah ditemui ketimbang memastikan informasi yang valid, beredar dan menyebarnya berita hoax membawa dampak yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, banyak orang terhasut oleh berita-berita palsu atau hasil manipulasi dan menimbulkan permasalahan baru.

Misalnya, kasus hoax Ratna Sarumpaet beberapa waktu yang berbarengan dengan musim kampanye pemilu yang lalu berhasil mengambil perhatian publik dan menciptakan kondisi politik yang memanas. Mujurnya, pihak berwajib bergerak cepat untuk menyelidiki akar permasalahan dan meredakan situasi yang mungkin dapat meledak kapanpun.

Membaca contoh singkat diatas, maka masyarakat atau individu yang aktif didunia maya kini perlu lebih jeli dalam membaca setiap informasi. Dalam artikel ini setidaknya akan dipaparkan beberapa kiat-kiat dan langkah identifikasi yang bisa dilakukan agar tidak terjerat berita hoax. Berikut ulasannya.

Cara Mendeteksi Berita Hoax di Internet

1. Teliti Judul Artikel atau Berita

Berita Hoax membutuhkan pembaca agar pesan yang tersimpan dibalik berita dapat tersebar, nah lazimnya untuk menarik pembaca, berita hoax memasang judul yang bersifat provokatif dan cukup sensional.

Pada bagian ini memang susah-susah gampang, karena media massa yang memuat berita asli pun kadang menggunakan judul yang terkesan membawa unsur sensasi. Apalagi sekarang, banyak konten-konten yang beredar didunia maya memasang judul yang menarik pengunjung untuk membukannya. Istilah yang dikenal sekarang ialah click bait. Maka dari itu, selain aspek judul pertimbangkan aspek dibawah ini.

2. Pastikan Alamat Situs atau Domain yang digunakan

Memastikan alamat situs yang dipakai oleh sebuah artikel sangatlah penting, hal ini didasarkan pada faktor verifikasi domain. Pasalnya, mesin-mesin pencari macam Google atau Bing memiliki mekanisme verifikasi domain agar dapat merayapi artikel yang diterbitkan pada domain sebuah web.

Sederhananya, sebuah artikel bisa ditemukan pada mesin pencari perlu melakukan proses verifikasi domain. Pada prakteknya, verifikasi domain dapat disetujui pihak mesin pencari apabila domain terkait memenuhi syarat dan ketentuan termasuk tidak melanggar aturan seperti mencemarkan identitas seseorang atau penebar kabar bohong (hoax) pada setiap artikelnya.

Kompas, merilis data setidaknya ada 43.000 situs berita di Indonesia yang baru terverifikasi sejumlah 300 situs. Sebenarnya, untuk menilai sebuah situs menyebarkan berita hoax atau tidak melalui domain yang dipakai cukup mudah, lihat apakah domain yang digunakan bernuansa provokasi atau tidak.

3. Bandingkan Isi Konten dengan Berita dari Media lain

Membandingkan isi informasi sebuah artikel dengan berita dari media lain merupakan faktor paling penting. Berita hoax biasanya merupakan pelintiran berita dari artikel yang dirilis oleh media yang kredibel, sehingga memeriksa fakta atau informasi pada sebuah sangatlah penting.

Selain sebagai langkah pencegahan dari kecipratan hoax, memeriksa informasi dengan berita lain juga dapat memeperkaya kevalidan dan sumber rujukan anda. Ketika dirasa berita yang dibaca benar fakta dan bukn kabar hoax, disini anda boleh membagikannya.

Layanan Online Identifikasi Berita Hoax (Hoax Identifier)

Selain menggunakan cara diatas, ada juga cara yang tidak kalah efektif yang bisa digunakan untuk mendekteksi hoax pada sebuah artikel, yakni melalui layanan online. Berikut ulasannya.

1. Turnbackhoax.id

Situs ini adalah andalan saya untuk memeriksa sebuah berita apa tergolong sebagai hoax atau tidak. Pertama kali didirikan oleh organisasi MAFINDO atau disingkat menjadi Masyarakat Anti Hoax Indonesia pada November 2016. Dalam situs ini akan dipampang berbagai macam berita yang sudah rilis didunia maya dan diklasifikasikan sesuai kategorinya.

Situs ini membagi berita kedalam beberapa kategori, misalnya kategori manipulasi dimana isi konten dimanipulasi sedemikian rupa dari konten aslinya, atau kategori klarifikasi berupa konten yang memuat informasi klarifikasi, ada juga kategori misleading content atau disinformasi yakni sebuah artikel yang mengulas konten tanpa ada rujukan yang valid, dan masih banyak kategori lainnya.

MAFINDO sebagai organisasi non-profit dan independen mengambil sumber artikel dari hasil arsip grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH) di Facebook. Atau jika anda merasa menemui berita hoax bisa juga dilaporkan ke situs ini melalui menu laporkan, dan akan diusut secara tuntas.

Bagaimana situs ini mengidentifikasi dan menentukan sebuah berita sebagai informasi hoax atau tidak ialah melalui proses verifikasi dan perbandingan infomasi dari media lain. Sehingga keabsahan artikel yang dimuat pada situs sangatlah valid dan faktual.

Penjelasan yang ringkas dan jelas serta pencantuman sumber pada sebuah artikel yang dianggap hoax atau tidak menjadikan penyelidikan yang dilakukan situs ini sangat baik, anda bisa melihat pada laman utama berita apa saja yang hoax atau tidak dengan melihat pada bagian kategori atau judul yang diberi tanda [SALAH] sebagai hoax dan [BENAR] sebagai berita valid atau klarifikasi.

Kunjungi situs: Turnbackhoax.id

Kunjungi grup: FAFHH

2. Hoax.id

Layanan ini juga tidak terlalu berbeda dengan dengan Turnbackhoax.id, namun hoax.id merupakan layanan resmi yang dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia dan dikelola oleh Digital Forensics Indonesia atau DFI.

Pada situs ini anda dapat mendeteksi sebuah berita termasuk hoax atau bukan dengan menyalin seluruh isi konten dan menempelkanya pada kolom yang disediakan untuk selanjutnya diperiksa oleh sistem apakah termasuk sebagai berita hoax atau bukan.

Atau jika tidak ingin repot, dan anda membaca informasinya pada sebuah situs tertentu, salin link artikel tersebut dan tempelkan pada kolom yang sudah disediakan, tunggu proses analisis data dan hasilnya akan keluar. Berikut dibawah ini gambar tampilan layanan identifikasi hoax pada situs ini.

Ulasan mengenai cara mendeteksi berita hoax dan layanan hoax identifier yang kredibel dan berkualitas. Turnbackhoax.id, hoax.id, dfi.id, abiebdragx.

Saya sendiri beberapa kali mencoba layanan pada situs ini untuk memeriksa apakaha berita yang saya baca bohong atau fakta, beberapa kali sistem dapat mengenali berita beberapa kali juga saya mendapati pemberitahuan bahwa artikel atau url yang saya periksa tidak terdapat pada database situs. Barangkali untuk beberapa waktu kedepan Pemerintah melalui DFI akan memperbaiki kekurangan ini.

Kunjungi situs: Hoax.id

Penutup

Berita hoax yang beredar pada dunia digital sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gosip yang sering kita temui dalam kehidupa nyata sehari-hari, perbedaanya mungkin pada kecepatan berita tersebut menyebar dan terkait isi konten didalamnya yang seringkali bersifat luas atau membawa tokoh publik.

Sehingga, melihat paparan diatas, berita hoax tentu sangat berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Maka dari itu artikel ini dibuat, dan semoga dapat bermanfaat. Terima kasih banyak. Sekian.

Sumber: https://www.abiebdragx.me/2019/02/deteksi-berita-hoax.html