Scopus dan Saluran Index Jurnal Terpercaya serta Cara download Jurnal Gratis

Scopus. Ulasan cara identifikasi jurnal terpercaya dan cara download jurnal gratis. Google scholar, elsevier, index copernicus, springer, sinta. Abiebdragx

Scopus, Saluran index jurnal terpercaya. Download jurnal gratis.

Dunia literasi dan pendidikan khususnya dalam hal penelitian ilmiah sedang digemparkan dengan kegiatan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian. Kegiatan ini gencar digelar dibanyak kampus-kampus bahkan organisasi yang berfokus pada karya ilmiah. Tujuannya, selain sebagai bentuk sumbangsi literasi terhadap khazanah keilmuan juga merespon perkembangan zaman.

Buku misalnya, kini mulai bergeser menjadi acuan kedua sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah, sebaliknya jurnal justru menempati posisi utama untuk sebuah rujukan, dampaknya karya ilmiah yang lebih banyak memuat jurnal sebagai sumber rujukan dianggap sebagai karya paling ideal saat ini.

Pada tataran global dalam persepktif pendidikan, sebuah kampus atau organisasi yang berkonsentrasi pada wilayah kajian ilmiah dianggap lebih kredibel dilihat dari seberapa banyak jumlah publisitas jurnal yang diterbitkan per-tahunnya. Sehingga, kini jurnal selain dianggap sebagai karya ilmiah juga menjadi prestasi dan pendulang reputasi.

Menariknya, kemajuan teknologi ikut memuluskan perkembangan jurnal menjadi lebih gemilang. Orang bisa Mengakses jurnal melalui situs-situs di internet yang terjamin dan kredibel. Apa parameter sebuah situs yang menyediakan jurnal sehingga bisa dipastikan keontentikannya?

Cara Indentifikasi Situs Jurnal Terpercaya

Domain Situs Jurnal

Melalui perkembangan teknologi, kampus-kampus atau organisasi saat ini menyediakan situs-situs yang khusus untuk menampilkan jurnal. Jaminan mutu sebuah jurnal dapat dilihat dari domain situsnya, lazimnya domain yang digunakan terafiliasi langsung dengan situs utama sebuah kampus atau organisasi  sebagi Istilah yang tepat barangakali, sehingga mutu jurnal terjamin.

Domain .Ac.id

Sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, maka situs yang dikelola instansi pendidikan harus menggunakan ekstensi domain berkarakter .ID yang dikelola oleh PANDi, tujuannya tidak lain sebagai identitas situs.

Domain .id sebagai Top Level Domain (TLD) memiliki sub domain yang masuk dalam kategori Country Code Level Domain (ccTLD) yang didalamnya memiliki klasifikasi dalam penggunaanya. Contoh domain ccTLD dalam kasus ini ialah .ac.id, domain ini hanya boleh didaftarkan oleh intitusi pendidikan, sehingga situs pribadi tidak akan bisa memakainya.

Maka dari itu, untuk menjamin sebuah situs jurnal resmi atau tidak bisa dilihat dari domain yang dipakai, apabila ia memakai domain .ac.id maka bisa dipastikab jurnal tersebut resmi. Misalnya, abcd.ui.ac.id, abcd merupakan nama jurnalnya, UI (Universitas Indonesia) ialah identitas instansi pendidikannya, dan .ac.id sebagai karakter domain resmi yang diakui negara untuk ranah pendidikan.

Domain .Edu

Ulasan .ac.id hanya berlaku untuk memastikan situs jurnal resmi yang berasal dari Indonesia. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika jurnal yang dicari atau ditemukan berasal dari luar negeri? Jawabanya secar prinsip sama dengan di atas, yang membedakan mayoritas jurnal luar negeri memakai top level domain (TLD) karakter .edu.

Situs-situs pribadi tidak akan bisa mendaftar .edu dikarenakan domain ini diperuntukan khusus bagi situs-situs pendidikan, hal ini bisa dilihat dari kepanjangan domain .edu yaitu education. Sehingga, jika anda mencari jurnal dari luar negeri maka pastikan domain yang digunakan memakai karakter .edu.

Saluran Index Jurnal Terpercaya dan Terbaik

Jika masih ragu, ada satu parameter yang tidak kalah penting yaitu saluran index jurnal. Apa itu? Secara pengertian saluran index jurnal adalah situs yang merayapi jurnal dari berbagai publisher jurnal. Sederhananya, publisher jurnal yang dimiliki kampus selanjut akan dirayapi oleh situs index jurnal, sehingga orang cukup mengunjungi situs index jurnal untuk mencari jurnal dari berbagai kampus.

Secara garis besar saluran index terbagi menjadi dua dalam hal reputasi. Kelompok pertama, ialah saluran index jurnal terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi reputasinya. Saat ini beberapa saluran index jurnal yang termasuk kelompok terpercaya bahkan menjadi ukuran kualitas karya ilmiah sebua institusi pendidikan. Kenapa bisa demikian? Karena kriteria agar bisa diindex oleh saluran ini sangat sulit. Sehingga wajar, ketika jurnal yang dimiliki kampus tersebut terindex oleh salah satu saluran ini maka jurnal tersebut dapat mendompleng reputasi institusi.

Kelompok saluran index jurnal terpercaya saat ini diantaranya adalah Scopus, DOAJ, Springer, Thompson Reuters, Elsevier, Web of Science, Ebsco, Google Scholar, dan beberapa lainnya. Indonesia juga memiliki saluran index jurnal yang terpercaya yang saat ini menjadi standar mutu jurnal di Indonesia yaitu Sinta (Science and Technology Index). Saran saya, jika anda ingin mencari jurnal yang berkualitas bisa diutamakan untuk mengunjungi situs-situs saluran index jurnal di atas.

Sedangkan kelompok saluran index jurnal kedua bisa disebut sebagai jalan alternatif untuk mencari jurnal, saya tidak menempatkan kelompok kedua ini sebagai saluran index jurnal yang kurang berkualitas ketimbang kelompok pertama, hanya saja, kebanyakan saluran index kelompok kedua dihuni oleh situs-situs yang merayapi jurnal dengan kriteria yang tidak seketat kelompok pertama.

Beberapa saluran index jurnal yang bisa dikelompokan kedalam golongan kedua diantaranya ialah Index Copernicu, Base, Citefactor, Latindex, CiteseerX, dan banyak lainnya. Dalam negeri juga punya saluran index jurnal yang masuk dalam kelompok ini diantaranya Moraref milik Kemenag, Neliti, Portal Garuda, dan lain-lainnya.

Cara Download Jurnal Berbayar Secara Gratis

Tidak semua jurnal yang tersedia dan bisa diakses secara online bisa di unduh gratis. Apalagi jurnal-jurnal yang terindex saluran macam Scopus, Thompson Reuters, dan lainnya. Saat ini, keadaan dunia ilmiah sudah berubah, bahkan selain membaca jurnal dikenakan biaya juga mengirim jurnal harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Jurnal perlahan menjelma menjadi ladang profit bagi sebagian orang, dan keadaan ini bagi pengkonsumsi jurnal macam mahasiswa kos kosan tentu merugikan hehe tapi tenang saya sudah banyak mengulas mengenai cara download jurnal berbayar secara gratis, tinggal klik baca paparannya, dan unduh jurnal yang anda inginkan.

Walaupun demikian, cara di atas sebenarnya bisa dibilang cara ilegal dan seharusnya tidak saya bagikan hahaha tetapi karena darurat… Ya… Sudahlah hahaha. Oh iya anda juga bisa menggunakan cara lain yang lebih aman dan legal tapi tetap bisa mendapatkan jurnal berkualitas, caranya ialah dengan mengunjungi saluran index open journal seperti DOAJ dan ScienceDirect, pada dua saluran ini jurnal yang terindex bebas unduh alias gratis. Saya sendiri sudah mencobanya.

Penutup

Demikian ulasan mengenai saluran index jurnal terpercaya dan terbaik. Semoga ulasan di atas bermanfaat, apabila ada yang salah atau dirasa kurang bisa tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Sekian, terima kasih banyak.

Sumber: https://www.abiebdragx.me/2019/03/Scopus-saluran-index-jurnal-terpercaya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *