Hidup Sehat Dengan Air Putih

Menjadi dambaan bagi setiap orang untuk mempunyai hidup sehat dan juga memiliki umur yang Panjang. Semakin seiring berkembangnya zaman, pola hidup sehat pun mulai banyak penerapannya. Seperti dengan mengonsumsi herbal, buah-buahan, mineral tertentu, bahkan ada yang sampai bayar mahal demi memiliki pola hidup yang sehat.

Fakta yang menarik untuk di ketahui yaitu bahwa dengan air putih memiliki banyak manfaat dan bisa menjadi pola hidup sehat Anda. Menjalani pola hidup yang sehat yaitu menjaga pola makan, keteraturan dalam olahraga, jam tidur yang cukup, dan yang lainnya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui Bersama, bahwa dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari atau setara dengan 2 liter penting untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Adapula manfaat lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan dalam organ tubuh, suhu tubuh, hingga mendistribusikan zat yang bergizi ke seluruh bagian tubuh.

Pembahasan kali ini adalah, sudah tahukan Anda bahwa ada lho anjuran minum air putih yang dapat membuat hidup Anda semakin sehat? Fakta menariknya adalah jika Anda mengonsumsi air putih pada waktu-waktu yang tertentu dapat meningkatkan manfaat dan efektifitas dari air putih tersebut.

Inilah 7 waktu yang direkomendasikan untuk meminum air putih

Minum Setelah Anda Bangun Tidur

Pada saat Anda tidur, selama 7-8 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, oleh karena itu saat bangun kita merasakan haus, yang merupakan tanda tubuh kekurangan cairan.

Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah minum 1-2 gelas air putih setelah bangun tidur. Selain menghilangkan rasa haus, air putih juga berguna melancarkan metabolisme dan membuang racun dalam tubuh di pagi hari.

Minum Sebelum Anda Mandi

Anjuran selanjutnya yaitu Anda minum air putih sebelum mandi. Perpaduan antara air putih dan air yang digunakan saat mandi dapat mencairkan kandungan Natrium (Na) pada tubuh yang bermanfaat menurunkan tekanan darah Anda.

Minum Sebelum Makan Pagi, Siang, dan Malam

Fakta yang jarang diketahui banyak dari kita adalah saat kita makan apabila minum air putih malah dapat melemahkan kinerja cairan pencernaan.

Waktu yang tepat untuk minum air putih saat makan adalah 30 menit sebelum makan. Jangan terlalu banyak, cukup 1 gelas agar tidak menganggu proses pencernaan makanan dalam perut.

Minum Ketika Anda Merasakan Lelah

Pada tubuh manusia, 60% kandungan terdiri dari cairan. Pentingnya tetap menjaga cairan dalam tubuh harus kita perhatikan, karena apabila kita kekurangan cairan bisa menyebabkan sakit kepala, depresi, hilangnya konsentrasi, sampai darah tinggi. Oleh karena itu ketika Anda lelah, segeralah minum air putih.

Minum Sebelum Anda Tidur

Dengan aktifitas sepanjang hari yang telah Anda lakukan, dengan meminum air putih sebelum tidur bermanfaat untuk mengembalikan cairan yang hilang seharian penuh.

Minum Ketika Anda Sakit

Ketika Anda sedang sakit, daya tahan tubuh sedang menurun, air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jadi, saat sakit sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.

Minum Saat Sebelum dan Setelah Olahraga

Seperti telah disinggung di atas bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga pola hidup sehat. Tapi jangan lupa ya untuk saat berolahraga diimbangi dengan minum air putih yang cukup. Agar tidak dehidrasi dan meningkatkan daya otot tubuh meskipun cairan ditubuh berkurang.

Pola hidup sehat ada di tangan Anda sendiri, yuk mulai biasakan hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Kamu bisa dapat banyak wawasan tentang kesehatan dan kecantikan, kunjungi healthida untuk informasi selengkapnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *