Kuliah Online Gratis Tanpa Ribet

Kuliah online gratis, setiap mahasiswa pasti sangat menginginkannya. Pasalnya, kuliah online tidak mengharuskan mahasiswa untuk hadir ke ruang kelas dan bisa dilakukan dimana saja dan dari mana saja. Kuliah secara online sepertinya saat ini menjadi hal yang lumrah terlebih lagi mengingat kondisi pandemic corona saat ini yang mengharuskan setiap orang tetap berada di rumah untuk menghindari paparan virus covid-19. Meskipun demikian, segala kegiatan tetap harus berlangsung baik bekerja maupun belajar. Pada akhirnya program kuliah online dan work from home pun berlangsung. Banyak mahasiswa dan dosen yang tidak merasa keberatan jika harus melangsungkan kegiatan belajar mengajar secara online karena memang dianggap cukup efektif. Terlebih lagi dengan dukungan teknologi saat ini yang mampu mendukung kegiatan kuliah secara online menggunakan gadget. Dengan menggunakan aplikasi tertentu, dosen dan mahasiswa tetap bisa bertatap muka jarak jauh untuk melangsungkan kuliah.

Meskipun kuliah yang dilakukan secara online dianggap lebih mudah dan praktis, tapi masih ada juga beberapa yang merasakan kuliah secara online ini kurang efektif. Ada beberapa faktor penyebab kenapa kuliah seperti ini dianggap kurang efisien. Pertama, jaringan internet yang kurang baik bisa menjadi hambatan untuk kegiatan kuliah secara online. Ada beberapa mahasiswa yang mungkin berada di tempat dengan jangkauan internet yang kurang bagus sehingga menyebabkan koneksi internet menjadi lelet dan mengganggu proses belajar secara online ini. Kedua, masalah keamanan login pada aplikasi kuliah online. Beberapa waktu lalu sempat heboh tentang banyaknya data login di aplikasi Zoom yang dijual di situs gelap. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran bagi para mahasiswa untuk mengikuti kuliah secara online. Ketiga, ada beberapa mata kuliah yang tidak dapat dilakukan secara online. Kenapa? Bayangkan saja jika ada mata kuliah yang berhubungan dengan praktikum. Tentu saja tidak bisa jika dilakukan secara online karena harus ada pengawasan untuk menjalankan praktikum bukan? Yang keempat adalah tentang kedisiplinan. Mungkin ada beberapa mahasiswa yang tidak disiplin untuk mengikuti kegiatan kuliah online sehingga mahasiswa mungkin akan ketinggalan kuliah. Atau kasus-kasus mahasiswa yang mengikuti kuliah daring tapi juga melakukan kegiatan yang lain, seperti bermain ponsel, makan, dan lainnya. Sebetulnya, kuliah online dapat menjadi sarana yang praktis bagi para mahasiswa untuk tetap menempuh pendidikan terutama saat kondisi pandemi saat ini. Yang paling penting adalah mahasiswa harus tetap disiplin mengikuti perkuliahan dan mencari sarana pendukung yang tepat seperti jaringan internet yang bagus dan tentu saja memilih aplikasi kuliah online gratis yang aman.

Jauh sebelum mewabahnya pandemi corona di Indonesia, trend kuliah online sebetulnya sudah banyak dilakukan oleh beberapa universitas di Indonesia. Ada beberapa universitas yang memang menawarkan fasilitas kuliah online terutama bagi para karyawan. Universitas yang menawarkan program kuliah online diantaranya adalah Universitas Terbuka, Universitas Mercubuana, Universitas Bina Nusantara atau dikenal dengen BINUS, Universitas Pembangunan Jaya, PPM School of Management, atau Universitas Al Azhar Indonesia dan masih ada beberapa universitas lainnya yang menawarkan program kulian daring. Akan tetapi, program tersebut bukan merupakan program kuliah online gratis ya, sebab para mahasiswa tentu saja tetap membayar biaya untuk perkuliahan. Jadi jika kamu berniat untuk melanjutkan kuliah dengan program online bisa memilih dan mendaftar dan beberapa universitas tersebut. Lalu untuk bisa kuliah secara online dan gratis dimana?

Tenang saja, jika kamu ingin merasakan kuliah secara online tapi tidak membayar alias gratis, ada beberapa situs kuliah online gratis yang bisa kamu kunjungi.

edX dari Harvard University dan MIT

Situs pertama yang bisa kamu coba adalah situs kuliah online yang cukup besar yang didirikan oleh Harvard University dan juga MIT. Pada situs ini kamu bisa menemukan banyak rekaman video, silabus bahkan forum untuk berdiskusi untuk bahan pembelajaran.

MIT Open Course Ware

Satu lagi situs kuliah gratis yang diberikan oleh universitas ternama Massachusetts Institute of Technology adalah situs MIT Open Course Ware. Di situs ini menyediakan hingga 2400 kursus yang bisa dipilih di bidang teknik dan teknologi tentunya.

Kuliah Online Open2Study

Open2Study juga merupakan situs untuk belajar atau kuliah online yang cukup besar yang berbasis di Australia. Pengelolaan situs ini adalah tanggung jawab dari Open Universities Australia serta melibatkan beberapa kampus elite lain di Australia. Jika kamu ingin mengikuti program kuliah secara gratis, situs ini menawarkan program Free Course untuk bisa mengikuti kursus secara gratis.

Kuliah Gratis di Academic Indonesia

Bagi kamu yang ingin materi yang lebih mudah dipahami dalam bahasa Indonesia, ada juga situs Academic Indonesia yang memiliki bahasa pengantar berupa bahasa Indonesia. Situs ini juga bermitra dengan beberapa kampus elit dan organinsai bergengsi Indonesia. Jadi tentunya tidak diragukan lagi dan kamu bisa mendapatkan materi kuliah dari berbagai bidang secara online.

Jadi, itulah beberapa situs yang menyediakan fasilitas kuliah online gratis dari berbagai kampus ternama di dunia. Apakah kamu tertarik untuk mencoba untuk kursus online?. Jika kamu ingin mencari berbagai informasi menarik lainnya tentang dunia perkuliahan atau kamu ingin mencari informasi terkait beasiswa mulai dari diploma hingga s3 baik di dalam dan di luar negeri, bisa kunjungi website Academic Indonesia. Ada banyak informasi menarik dan bermanfaat yang bisa kamu dapatkan untuk menambah pengetahuan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *