IT Club: Mengenal Seluk Beluk Firebase

Sehari setelah materi Kuliah Umum yang disampaikan oleh Dr. Vidyasagar Potdar, tepatnya hari pada Kamis, 8 September 2016, saya mengikuti acara IT Club. Namun, IT Club ini sedikit berbeda. Yang membedakannya adalah dari sisi materi, teknis, serta pembicaranya. Mas Ibnu Sina Wardy, pembicara dalam IT Club kali ini yang membahas mengenai “Seluk Beluk Firebase“. Karena Mas Ibun -sapaan beliau- berada di Bandung (karena beliau tinggal di Bandung), maka kami menerapkan sistem Video Call.

Apa itu IT Club?

Jadi, IT Club merupakan sebuah acara belajar bersama yang diadakan oleh Bidang Riset dan Teknologi HIMASTER secara rutin untuk teman-teman S1 Informatika FMIPA UNS, mulai semester awal sampai semester “tua” pun boleh ikutan. Biasanya, kami mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan Informatika, seperti Pemrograman dan Jaringan.

Namun, dikarenakan ada beberapa alasan, kami dari RISTEK (Riset dan Teknologi) HIMASTER menerapkan konsep yang berbeda untuk IT Club kali ini. Kami ingin mengundang pembicara yang “wah” supaya antusiasme dari teman-teman Informatika lebih tinggi sehingga mereka dapat memeriahkan sekaligus belajar bersama.

Belajar Bersama Mas Ibnu Sina Wardy

it-club_firebase_ibnu-sina-wardy

Ibnu Sina Wardy, pengisi IT Club HIMASTER UNS.

Dalam mengisi acara IT Club ini, RISTEK mengundang Mas Ibnu Sina Wardy. Tahu kan siapa beliau? Beliau merupakan CEO dan Co-Founder dari GITS Indonesia, sekaligus beliau adalah seorang Google Developer Experts for Android dari Indonesia.

Firebase, Materi yang Dipilih

Untuk mencari materi yang fresh dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, materi yang dipilih untuk IT Club ini adalah “Seluk Beluk Firebase”. Di IT Club ini, kami diberi materi tentang Firebase oleh Mas Ibun, mulai dari mengenal apa itu Firebase sampai penggunaannya dalam aplikasi, terutama aplikasi di Android. Lalu, apa sih Firebase itu?

Menurut penjelasan Wikipedia yang panjang, Firebase merupakan penyedia layanan cloud dengan backend sebagai servis yang berbasis di San Fransisco, California. Perusahaan ini membuat sejumlah produk yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi mobile ataupun website. Sejarahnya, Firebase ini didirikan oleh dua sejoli bernama Andrew Lee dan James Tamplin pada tahun 2011 dan diluncurkan di tahun 2012. Produk utama dari Firebase adalah suatu database yang menyediakan API untuk memungkinkan pengembang (developer) menyimpan dan mensikronisasi data melalui multiple client. Perusahaan ini diakuisisi oleh Google pada Oktober 2014.

it-club_firebase

Antusiasme peserta IT Club saat mendengarkan penjelasan dari Mas Ibun. (Foto diambil oleh HIMASTER).

Firebase sendiri sih sebenarnya lebih merujuk kepada produk mereka yang mereka namakan dengan nama perusahaannya sendiri. Firebase menyediakan realtime database dan backend sebagai layanannya. Suatu aplikasi layanan yang memungkinkan pengembang membuat API untuk disinkronisasikan untuk client yang berbeda-beda dan disimpan pada cloud-nya Firebase. Firebase memiliki banyak library yang memungkinkan untuk mengintegrasikan layanan ini dengan Android, iOS, JavaScript, Java, Objective-C, dan NodeJS.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh mas Ibun dalam IT Club kemarin, Firebase itu terkait dengan Firebase Analytics, dan hal itu terbagi menjadi beberapa layanan yang disediakan oleh Firebase, antara lain Develop, Grow, dan Earn. Masing-masing layanan ini terbagi menjadi beberapa macam dan memiliki fungsi-fungsi tersendiri.

Develop

Backend Services

  1. Realtime Database
    Firebase menyediakan realtime database dan backend sebagai layanannya. Layanan ini menyediakan API yang digunakan untuk mensikronisasikan antara client dengan database yang disimpan dalam Firebase’s cloud.
  2. Authentication
    Firebase Authentication merupakan layanan yang dapat mengotentikasi pengguna hanya menggunakan kode client-side. Hal ini mencakup user management system dimana pengguna dapat mengaktifkan otentikasi pengguna dengan email dan password dari login yang disimpan menggunakan Firebase.
  3. Hosting
    Firebase Hosting merupakan layanan hosting website statis seperti CSS, HTML, JavaScript, dan lainnya yang tidak berubah secara dinamis. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 13 Mei 2014. Layanan mengirimkan file melalui Content Delivery Network (CDN) menggunakan HTTPS dan SSL.
  4. Storage
    Firebase Storage merupakan layanan dimana developer dapat meng-upload dan men-download untuk aplikasi Firebase dengan aman, terlepas dari kualitas jaringan internet. Firebase Storage ini didukung oleh Google Cloud Storage.
  5. Cloud Messaging
    Firebase Cloud Messaging merupakan solusi cross-platform dalam hal messaging dan notifikasi dari aplikasi di iOS, Android, maupun website tanpa biaya.
  6. Remote Config
    Firebase Remote Config adalah layanan cloud yang memungkinkan developer dapat mengubah tampilan dan behavior dari aplikasi yang mereka kembangkan tanpa mengharuskan pengguna (user) untuk melakukan pembaruan aplikasi.

App Quality Services

  1. Test Lab for Android
    Layanan ini menyediakan infrastruktur berbasis Android untuk pengujian aplikasi Android. Secara otomatis, layanan ini melakukan berbagai macam tes (testing) dari aplikasi yang dikembangkan oleh developer di berbagai macam perangkat dan konfigurasi perangkat.
  2. Crash Reporting
    Layanan ini dapat membuat laporan rinci dari error-error dalam aplikasi. Kesalahan (error) yang s serupa dikumpulkan jadi satu yang direpresentasikan dengan sistem stack. Karena menggunakan sistem stack, layanan ini memprioritaskan terhadap tingkat keparahan pada aplikasi tersebut.

 Grow

Acquisition

  1. Dynamic Links
    Merupakan URL cerdas yang secara dinamis dapat mengubah behavior untuk memberikan pengalaman terbaik di platform yang berbeda.
  2. Invites
    Firebase Invites adalah sebuah layanan yang dapat mengirimkan email personal dan undangan SMS.
  3. AdWords
    Firebase adalah SDK (Software Development Kit) dan alat analisis aplikasi dari Google. Bila kita menautkan Firebase dan AdWords, kita akan mendapatkan akses ke alat canggih yang membantu kita melihat bagaimana investasi AdWords kita mendorong pemasangan aplikasi dan tindakan dalam-aplikasi.

Re-Engagement

  1. Notifications
    Firebase Notifications merupakan layanan gratis yang memungkinkan user notifications yang ditargetkan untuk para developer aplikasi mobile.
  2. App Indexing
    Layanan ini memberikan kemudahan untuk aplikasi yang dibuat oleh developer supaya aplikasi tersebut dapat dikenal. Caranya adalah dengan menambahkan pengindeksan aplikasi dalam Google Search.

Earn

AdMob

AdMob adalah platform iklan seluler yang bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi tersebut. Menggunakan AdMob dengan Firebase Analytics dapat memberikan tambahan kemampuan analytics dan data penggunaan aplikasi. Firebase terintegrasi dengan AdMob tanpa perlu mengubah konfigurasi AdMob yang ada.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Firebase yang diambil oleh slide-nya mas Ibun dan beberapa referensi terkait. Apabila teman-teman ingin mengikuti IT Club untuk belajar bersama, kalian bisa join tiap hari Kamis kok. See you~

Sumber:

Firebase, Support GoogleWikipedia dan Idevangelist

 

Muhammad Adam Fahmil 'Ilmi

Seorang mahasiswa S1 Informatika Universitas Sebelas Maret yang sedang berusaha merasakan manisya bertholabul 'ilmi dan mencari jati diri.

 

9 thoughts on “IT Club: Mengenal Seluk Beluk Firebase

    1. Kalau kemarin kebanyakan dari Informatika kak, bahkan tidak ada yang dari non-Informatik.

      Tapi kalau ada teman-teman yang dari non-Informatik tertarik, termasuk kak @irfandriarto yang ingin join, langsung aja join kak… Tapi maaf ya kak pekan ini libur dulu, HIMASTER ada acara penting~ Hehehe~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *