EIS, Portal integrasi sistem informasi UNS

eis

Portal integrasi sistem informasi UNS

Baru-baru ini koran kampus sebelas maret, menampilkan sebuah tulisan mengenai ‘arsitektur integrasi sistem informasi UNS’.  Artikel yang diulas dalam rubrik ‘piranti’ tersebut, membahas proses pembangunan integrasi sistem informasi Universitas Sebelas Maret. Wiranto, kepala UPT TIK UNS menjelaskan bahwa integrasi sistem informasi UNS dilakukan melalui empat tahap yakni integrasi sistem informasi, integrasi infrastruktur, integrasi sumber daya manusia, serta integrasi tata kelola.

Portal EIS, menggabungkan aplikasi yang dibuat oleh masing-masing unit atau bagian di UNS ke dalam satu penyimpanan data (data warehouse), ditambahkan bahwa penggabungan aplikasi tersebut tidak akan menyebabkan perubahan atau penghapusan aplikasi yang sudah ada. Penggabungan sistem tersebut lanjut akan mempermudah berbagai pihak untuk mengakses data terkait UNS, selain itu portal ‘Executive Information System‘ (EIS) juga akan menjanjikan ke-valid an data yang disajikan, sebab nantinya perubahan data yang terjadi di setiap unit akan terekam secara otomatis di portal EIS.

Halaman muka portal EIS, tidak jauh berbeda dari beberapa portal yang sudah dibuat oleh UNS sebelumnya, yaitu seperti portal SIMPEG dan Portal si.uns.ac.id (saat ini sudah almarhum). Mempunyai sembilan menu utama, Portal EIS akan menyajikan kita informasi terkait, Informasi akademik, Jadwal, Kerjasama, Aset, Informasi Keuangan, Perpustakaan, Penelitian dan Pengabdian, Jaringan dan Sumber daya manusia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: