Request Buku di Perpustakaan

Sekitar awal tahun 2017 masyarakat Indonesia dan beberapa media dikejutkan dengan sebuah data yang dirilis oleh UNESCO bahwa angka minat baca masyarakat Indonesia ternyata hanya sebesar 0,01 persen.. Walaupun kita terlambat untuk terkejut karena data itu adalah data yang dirilis sekitar 2 tahun yang lalu, namun isu ini masih sangat relevan untuk dibahas, mengingat budaya membaca sangat erat hubungannya dengan tingkat pengetahuan dan pendidikan seseorang..

Lalu apa kaitannya dengan judul artikel saya? hmm jadi begini.. mengutip artikel yang diterbitkan oleh laman pikiran-rakyat dituliskan bahwa “Minimnya koleksi buku, menjadi salah satu penyebab berkurangnya pengunjung ke perpustakaan. Apabila kondisi tersebut tidak segera dibenahi, akan berdampak pada menurunnya minat baca baca masyarakat” lanjut, kalimat itu juga diperkuat oleh pernyataan ka-biro umum perpusnas bahwa “Saat ini yang terjadi adalah bukan minat baca yang rendah, akan tetapi jumlah koleksi buku yang kurang. Akibatnya jumlah pengunjung yang datang dan membaca di perpustakaan menjadi berkurang.” jadi sudah tahu kan?

Lanjut.. walaupun perpustakaan UNS menyandang akreditasi dengan predikat “A”, namun disisi lain koleksi buku yang dimiliki perpustakaan bisa dibilang “kurang lengkap”, faktanya gedung baru perpustakaan yang katanya dibangun 7 lantai (6 lantai jika dikurangi tempat parkir) tersebut hanya beberapa lantainya saja yang benar-benar difungsikan untuk memajang buku-buku koleksi.. faktanya juga jumlah koleksi buku-buku HI di perpustakaan UNS bahkan kalah jika dibandingkan dengan jumlah koleksi buku yang dimiliki oleh corner/studies center di suatu PTN lain yang pernah saya kunjungi.. jadi bayangan saja..

Namun saya juga berfikir ‘positif’ bahwa mungkin sedikitnya koleksi buku yang dimiliki perpustakaan UNS disebabkan karena jurusan saya (HI) adalah jurusan baru, yang mana pengadaan buku akan dilakukan bertahap atau mungkin juga karena mahasiswa sendiri jarang mengajukan judul buku yang berakibat pada sedikitnya pengadaan buku di perpustakaan..

Terakhir.. berbicara mengenai pengajuan buku, mungin tidak semua mahasiswa UNS mengetahui cara untuk mengajukan pengadaan buku di perpustakaan UNS (secara online), kalau kamu belum tahu, nah begini caranya:

  1. buka web perpustakaan di https://library.uns.ac.id
  2. arahkan kursor pada menu ‘Service’ dan klik menu ‘Request a Book’ atau disini https://library.uns.ac.id/request-a-book/
  3. Lalu akan muncul formulir ‘google form’ dan isi sesuai dengan petunjuk yang tersedia 🙂
  4. terakhir jika sudah selesai kita tinggal men submitkan form pengajuan dan berharap permintaan kita benar-benar direalisasikan hehe..
Form Request Buku di Perpustakaan UNS

Form Request Buku di Perpustakaan UNS

Leave a Reply

%d bloggers like this: