Skip to content

My Journey Posts

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ESTJ (Eksekutif)

Kepribadian ESTJ (eksekutif) merupakan orang yang terlahir dengan jiwa pemimpin. Tipe ini merupakan kepribadian ekstrovert, sensing, thinking, dan judging. ESTJ sangat tegas terhadap hukum yang ada. Meskipun tidak secara langsung menegur jika ada kesalahan, ESTJ berharap orang lain mampu menaati hukum yang ada.

Ciri-Ciri ESTJ

Tipe ESTJ merupakan orang yang memiliki visi misi yang jelas. Ia akan melihat ke depan dengan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakannya. Hal inilah yang membuat ESTJ memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan yang baik. Selain itu, ESTJ juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Meskipun begitu, ia cukup agresif terhadap jabatan yang ada.

ESTJ termasuk orang yang jujur. Tipe ini memperlihatkan prestasi yang dimiliki agar bermanfaat bagi orang lain. Inilah yang membuat ESTJ sering dijadikan panutan dalam lingkungannya.

Karena lebih suka berkomunikasi dengan banyak orang, ESTJ juga sering membaur dalam kegiatan organisasi atau kemasyarakatan. Terlebih, ia senang dengan acara yang melibatkan keluarga, pekerjaan, atau komunitasnya.

Kepribadian ESTJ (eksekutif) juga memiliki standar hidup yang jelas. Ia justru akan tidak sabar jika pekerjaan dikerjakan oleh orang yang dianggap kurang kompeten.

Kekuatan ESTJ

Tipe ESTJ memiliki dedikasi yang tinggi pada hal yang dilakukannya. Ia akan bertanggung jawab dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Jika diberikan pekerjaan, ESTJ akan fokus dan tidak pernah bosan.

ESTJ juga merupakan pribadi yang berpegang pada ide yang sudah dirancangnya. Hanya saja, ketika pendapatnya mulai disangkal dengan argumentasi yang kuat, ia akan mengakuinya.

Tipe ini juga merupakan tipe yang lebih percaya pada data dan fakta. Selain itu, ESTJ termasuk orang yang rapi dan tidak suka berantakan.

Orang dengan kepribadian ini pastas untuk dijuluki dengan kata bijak karena merupakan sosok yang selalu melihat semuanya dari sudut pandang yang nyata apa adanya.

Kelemahan ESTJ

Tipe ESTJ cenderung kaku saat menghadapi masalah. Tak jarang, ia akan kabur dari masalah tersebut karena ketidakmampuan dalam menghadapi masalah. Selain itu, karena ia terlalu berpegang teguh pada ide, membuat ESTJ sulit bisa menerima pendapat orang lain.

Jika kamu memiliki kepribadian ESTJ (eksekutif), kamu cocok berprofesi sebagai guru, hakim, manajer, dan akuntan. Untuk bisa mengetahui tipe kepribadianmu, harap mengisi pertanyaan yang ada sesuai dengan diri kamu ya?

Leave a Comment

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian INFJ (Advokat)

Kepribadian INFJ (advokat) lebih dikenal dengan seorang pelindung dan penasihat. Tipe ini merupakan kepribadian introvert, intuiting, feeling, dan judging. INFJ biasanya lebih menyukai mencari ide yang ada hubungannya dengan pekerjaan. Ia juga memahami pola pikir orang lain dan belajar dari orang lain yang bisa memotivasinya.

Tipe INFJ merupakan orang yang perhatian dan lembut. Tipe kepribadian ini sangat jarang di dunia dan biasanya hanya 1% populasi dunia yang memiliki kepribadian INFJ.

Ciri-Ciri Kepribadian INFJ

Kepribadian INFJ merupakan orang yang selalu melakukan suatu hal dengan spontan. Ia akan melakukan sesuai dengan intuisinya. Hanya saja, jika diminta untuk menjelasakan, INFJ tidak mampu menjelaskan alasan dengan logis. Hal ini kadang yang membuat orang lain menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kekuatan gaib.

Karena intuisinya yang kuat membuat INFJ cenderung lebih percaya pada nalurinya sendiri. Ini yang membuat dirinya sangat keras kepala dan tidak mau menerima masukan yang diberikan orang lain. Bahkan tak jarang nasehat atau kata bijak persahabatan dari sahabatnya pun ia abaikan.

Tipe INFJ merupakan orang yang perfeksionis. Hanya saja, ia selalu ragu dengan potensi yang dimilikinya. Kepribadian INFJ (advokat) juga memiliki ekspektasi yang tinggi pada lingkungannya. Meskipun begitu, INFJ merupakan sosok yang cinta pada keluarganya.

Ketika menjalin sebuah hubungan, INFJ merupakan orang yang perhatian dan sensitif pada pasangannya. Ia akan berkomitmen untuk memperjuangkan cinta pada orang yang dikasihinya.

Kekuatan INFJ

INFJ memiliki potensi yang menggabungkan imajinasi dan daya kreativitasnya. Inilah yang membuat INFJ mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik.

INFJ juga memiliki kemampuan menulis dengan baik. Ia mampu menunjukkan idealismenya dengan baik, serta menjadi orator yang baik ketika berkomunikasi.

Kepentingan orang lain juga biasanya lebih diutamakan. Hal ini yang membuat INFJ mampu merubah keadaan sekitarnya menjadi lebih baik.

Kelemahan INFJ

Karena sifatnya yang keras dan sensitif membuat INFJ tidak mampu menerima kritik yang diberikan orang lain. Ia akan tersinggung dan bisa saja melakukan hal yang berdampak buruk pada dirinya. INFJ juga merupakan pribadi yang tertutup. Bahkan ia tidak akan segan untuk menarik diri dari lingkungannya.

Kepribadian INFJ (advokat) cocok menjadi seorang penulis ataupun designer. Nah, apakah kamu memiliki kepribadian langka di dunia ini?

Leave a Comment

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ISFJ (Pembela)

Kepribadian ISFJ (pembela) merupakan orang yang sensitif dan memiliki sifat yang unik. Tipe ini adalah kepribadian introvert, sensing, feeling, dan judging.

ISFJ merupakan tipe pribadi yang memiliki empati tinggi. Ia bisa menjadi orang yang galak untuk bisa melindungi keluarganya. Meski begitu, ISFJ merupakan orang yang pendiam, tetapi memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Ciri-Ciri ISFJ

Tipe ISFJ memiliki kepedulian yang tinggi di sekitarnya. Ia juga memiliki ingatan yang baik, sehingga banyak orang yang menanyakn beberapa informasi kepadanya. Selain itu, ISFJ merupakan orang yang bisa dipercaya dan pekerja keras.

Akan tetapi, tipe ISFJ tidak cocok bekerja dengan sesuatu yang abstrak. Meski begitu, ketika sudah bekerja, ia akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Ia juga memerlukan masukan yang positif. Tipe ISFJ kurang bisa menerima masukan, karena bisa membuat kecil hati.

Tipe ISFJ termasuk orang yang lebih mementingkan kepentingan orang lain. Hanya saja, ia cenderung menghindari konflik dan tidak nyaman dengan keadaannya.

Kekuatan ISFJ

Kepribadian ISFJ (pembela) merupakan pribadi yang senang membantu orang lain. Ia tidak akan segan membagi ilmu maupun energi untuk orang lain. Tipe ini cenderung senang dan lebih berempati pada orang yang benar-benar membutuhkannya.

Tipe ISFJ memiliki dedikasi yang tinggi pada tujuan yang sudah ditetapkan. Ketika bekerja dalam waktu lama, ia akan semakin loyal dengan pekerjaannya. Tipe ini akan berhati-hati saat bekerja. Ia akan melakukan sepenuh hati dan sangat tidak dimungkinkan untuk berhenti di tengah jalan.

ISFJ juga termasuk orang yang imajinatif. Ia mampu mendalami perasaan orang lain. Hal inilah yang membuat ISFJ tetap rendah hati.

Kelemahan ISFJ

Karena ISFJ lebih mementingkan orang lain, hal ini justru menjadi boomerang baginya. Ia justru tidak bisa menolak jika ada orang yang meminta tolong. Selain itu, ISFJ juga sulit untuk memisahkan hal pribadi dan bukan. ISFJ juga sulit berinteraksi secara profesional.

Tipe ISFJ juga termasuk orang yang tertutup. Meski ia bisa menyembunyikan perasaannya, ISFJ cenderung tidak mau mengungkapkan ke orang lain. Terlebih jika emosi yang disimpannya merupakan emosi negatif, justru akan membuatnya depresi.

Kepribadian ISFJ (pembela) cocok bekerja sebagai guru, penjaga toko, administrator, atau designer. Apakah kamu termasuk yang memiliki tipe kepribadian ini?

Leave a Comment

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ISTJ (Ahli Logistik)

Kepribadian ISTJ (ahli logistik) merupakan pribadi mendedikasikan dirinya ke pekerjaan. Tipe ini terdiri dari introvert, sensing, thinking, dan judging.

ISTJ merupakan orang yang berpikir logis dan memiliki integritas tinggi. Ia termasuk orang yang menyukai rasa tenang dan memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan. Hal ini juga didukung dengan sikapnya yang realistis dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Ciri-Ciri ISTJ

Tipe kepribadian ini termasuk pribadi yang diandalkan di lingkungan sekitarnya. Ia bisa dipercaya dan loyal pada orang di sekitarnya. Hanya saja, tipe ISTJ masih percaya pada tradisi yang ada.

Ketika bekerja, ISTJ cenderung akan mengerjakan pekerjaannya secara detail, meski membutuhkan waktu yang lama. Tetapi, tipe ini mampu mengendalikan emosi, sehingga tidak mudah marah ketika ada yang bertentangan dengan pemikirannya.

Tipe ISTJ cenderung lebih suka melakukan pekerjaan langsung. Ia tidak menyukai ide yang abstrak. Tetapi, ia memiliki jiwa pemimpin, sehingga cocok untuk dijadikan pemimpin dalam tim.

Kepribadian ISTJ (ahli logistik) merupakan orang yang menyukai fakta dan detail. Ia lebih tertarik memikirkan apa yang harus dilakukan dibandingkan memikirkan masa depan.

Kekuatan ISTJ

Tipe ISTJ memiliki integritas yang tinggi dalam suatu pekerjaan. Ia akan bekerja keras untuk mencapai tujuan yang harus dicapai. Jika sudah berkomitmen, ia tidak akan mengingkarinya dan berusaha berpegang teguh pada komitmennya tersebut.

Jika sudah diberikan amanah pun, tipe ISTJ akan menjaga dan bertanggung jawab. Ia juga orang yang jujur dan tidak suka bertele-tele. Hal inilah yang membuat tipe ISTJ kemudian bisa dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin.

Kelemahan ISTJ

Tipe ISTJ biasanya merupakan orang yang keras kepala. Ia cenderung akan menganggap pemikiran benar dan menganggap orang lain salah. Meski begitu, tipe ini termasuk orang yang patuh pada aturan tertulis yang berlaku.

ISTJ merupakan orang yang fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Tetapi, karena terlalu fokus, ia biasanya tidak memperhatikan perasaan orang di sekitarnya.

Jika kamu termasuk memiliki kepribadian ISTJ (ahli logistik) cocok untuk berprofesi sebagai dokter, polisi, atau pengacara. Nah, apakah ciri di atas sesuai dengan kepribadianmu?

Leave a Comment

Kata-kata Motivasi Belajar Semangat Raih Kesuksesan

Mengalami ups and downs itu hal biasa terutama dalam masalah belajar. Namun, jangan terlalu lama rasa down atau males belajarnya dipelihara.

Kamu harus berusaha untuk membangkitkan kembali motivasi belajar supaya nilai kamu jadi lebih baik dan meningkatkan prestasi. Kata-kata motivasi belajar di bawah ini bisa memotivasi dan membangkitkan semangat kamu untuk belajar lagi.

Kata Motivasi Belajar Membangkitkan Gairah Gapai Mimpi

  1. Cepat belajar! Orang lain sedang berjuang, kamu malah rebahan
  2. Kesuksesan yang kamu raih tidak bisa dibandingin dengan kesuksesan yang dirain orang lain, selama ada kemajuan, kamu hebat
  3. Percaya deh, apa yang kamu perjuangin sekarang, akan berguna sekali di masa depan! Semangat! Kamu pasti bisa!
  4. Semua orang pasti nyampe tujuan, kendaraan, dan waktunya aja yang beda. Kegagalan bukan membuat kita harus berhenti, bukan? Yuk, semangat, pasti bisa
  5. Saat aku libatkan Tuhan dalam semua impianku, aku percaya bahwa tak ada yang tidak mungkin untuk diraih
  6. Ingat ya! Setiap kamu males-malesan, di luar sana teman-teman kamu susah berprogress, jadi kalau kamu ingin masa depan kamu cerah, kamu dilarang untuk capek apalagi malas-malasan
  7. Ayo jangan patah semangat! Kamu hebat, kamu kuat
  8. Hey, ayo semangat belajarnya! Katanya mau sukses?
  9. Berusahalah sekuat tenaga, nanti boleh saja lelah tapi jangan sampai menyerah, bangkit lagi, berusaha lagi, Allah hanya akan mengabulkan doa yang disertai usaha
  10. Doa anti malas: Allahumma paksa 3x

Kata Motivasi Belajar Bahasa Inggris

  1. Don’t give up when it gets hard, don’t give up before you try. Work until your dream become reality because when you can dream it, then you can do it
  2. Good things always come at the right time. When you give up, you let someone else win. If no one supports, you then you just yourself to support you
  3. Start now, not tomorrow
  4. Study now, be proud later
  5. Do it for yourself, not others, believe you can do it! Semangat

Setelah membaca kata-kata motivasi belajar di atas, apakah kamu sudah mulai bersemangat? Yuk, lekas bangun sekarang, mulai, jangan rebahan saja. Bangunlah dan mulai kejar sukses dan bahagiamu.

Leave a Comment

7 Pilihan Jurusan Seni Favorit Indonesia

Kamu ingin kuliah di jurusan seni tetapi belum tahu jurusan mana yang akan dipilih saat kuliah? Berikut ini rekomendasi jurusan seni yang bisa dipilih saat masuk jenjang perguruan tinggi.

1. Desain Interior

Jika kamu memiliki kegemaran merombak sebuah ruangan menjadi lebih estetis, jurusan desain interior bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Pada jurusan ini tidak hanya belajar tentang penataan ruangan saja. Kamu juga akan belajar tentang pencahayaan hingga material perabot.

Menariknya, lulusan dari jurusan ini tidak hanya bisa berprofesi sebagai konsultan desain interior saja, tetapi juga bisa menjalani sebagai kontraktor, pekerja industri properti, hingga penulis buku.

2. Fotografi

Meskipun memotret bisa dilakukan secara otodidak, ternyata ada jurusan fotografi di Universitas Trisakti dan ISI Denpasar. Dengan menjalani kuliah jurusan fotografi akan membuat kamu menjadi lebih ahli di bidang fotografi. Bahkan kini profesi fotografi profesional sangat populer karena bisa menghasilkan gaji hingga puluhan juta rupiah.

3. Seni Musik

Jurusan seni yang satu ini cukup populer di Indonesia. Pada jurusan ini, kamu tidak hanya belajar mengenai cara bermain musik, tetapi juga bagaimana meneliti dan merancang musik secara global.

4. Seni Rupa

Pada jurusan ini terdapat beberapa konsentrasi yang bisa dipilih, seperti seni patung, seni lukis, seni grafis, hingga seni keramik. Untuk lulusan dari jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai guru, seniman, kurator seni, pengamat seni, dan wirausaha seni.

5. Seni Kriya

Jurusan ini lebih mengedepankan pada pengetahuan dan kreativitas dalam menciptakan karya. Pada jurusan ini diharapkan membuat karya seni baru yang bisa dinikmati oleh orang lain.

6. Seni Tari

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tarian daerah. Dengan kuliah di jurusan seni tari, kamu bisa belajar lebih tentang tarian tradisional. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai olah tubuh dalam menyelaraskan lagu musik dan gerakan.

7. Televisi dan Film

Jurusan yang satu ini juga termasuk ke dalam bidang seni. Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai perekaman, pengeditan, dan mengelola penayangan yang berkualitas di dunia televisi dan di film.

Dari ketujuh jurusan seni di atas, adakah yang menjadi pilihanmu?

Leave a Comment

Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kelemahan Kepribadian INTP (Pemikir)

Kepribadian INTP (pemikir) merupakan ia dengan tipe introvert, intuiting, thinking, dan perceiving. Orang dengan tipe ini akan menjelaskan sesuatu yang masuk akal menurutnya. Tipe INTP memiliki kemampuan analisa yang baik dan mampu menjelaskannya secara logis. Meski begitu, INTP akan menolak jika diminta menjadi seorang pemimpin.

Ia memiliki keyakinan yang teguh, meski begitu ia juga akan toleran terhadap keyakinan yang lain. Ketika bertemu dengan orang baru, INTP akan terlihat pemalu. Sebaliknya, jika ia bertemu dengan teman lama, ia akan langsung percaya diri dan akrab dengannya.

Ciri-Ciri Kepribadian INTP

INTP merupakan orang yang suka dengan ide abstrak. Tipe ini hampir sama dengan INTJ yang memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu.

Dalam mengambil keputusan, INTP lebih mengedepankan masalah logika. Ia tidak mengerti dengan perasaan orang lain dan cenderung memiliki sikap yang egois. Selain itu, INTP juga cenderung memiliki sikap yang kasar dan kurang memahami perasaan orang lain.

Kepribadian INTP (pemikir) akan terlihat sebagai sosok yang mandiri. Ia akan terlihat lebih menonjol dengan segudang prestasi yang dimilikinya. Hanya saja, tipe ini tidak menyukai pergi ke tempat hanya untuk mencari popularitas saja.

Kelebihan Kepribadian INTP

Meskipun memiliki watak yang keras, INTP merupakan seorang pembelajar yang tangguh. Ia akan berusaha membuktikan ide yang dimiliki bisa terealisasi, meski orang lain menganggap idenya hanya angin lalu dan sukar dibuktikan. Jika ide yang dimiliki tidak menarik untuk orang lain, ia akan berusaha mengajak diskusi agar idenya bisa diterima.

Jika INTP terlihat lebih arogan, itu karena ia ingin mempertahankan pendapatnya. Ia tidak akan menyakiti orang lain tanpa sebab yang jelas.

Kelemahan INTP

Tipe INTP adalah orang yang cenderung tertutup dari lingkungannya. Hal inilah yang membuat orang lain tidak mengetahui apa yang sedang dirasakannya.

Meski INTP merupakan tipe orang yang logis, ia sering lupa dengan perasaan orang lain. Hal ini yang membuat secara tidak sengaja INTP menyakiti hati orang lain. Selain itu, ketika ia mulai suka dengan suatu hal, ia akan lupa dengan hal yang lain, bahkan akan menarik diri dari lingkungannya.

Nah, itulah kepribadian INTP (pemikir). Apakah ciri-ciri di atas sama seperti karakter yang kamu miliki?

Leave a Comment

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian INTJ (Ahli Keilmuan)

INTJ (Introvert, Intuiting, Thinking, Judging) atau biasa disebut dengan ahli keilmuan merupakan seorang yang memiliki kepribadian senang mengatur. Orang yang memiliki kepribadian INTJ (ahli keilmuan) akan memiliki energi yang lebih banyak ketika merasa sendiri. Kepribadian ini akan fokus pada ide dan rencana dibandingkan mengerjakan sesuatu secara spontan.

INTJ merupakan orang yang selalu berpikir logis. Ia akan lebih selektif dalam bergaul dan biasanya akan memilih teman yang memiliki pemikiran yang sama dengannya. Meski begitu, INTJ merupakan orang yang hebat dalam menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan baik dan buruk bagi orang lain.

Ciri-Ciri Kepribadian INTJ

Tipe INTJ merupakan orang yang pendiam dan terlihat serius. Tipe ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tetapi ia cenderung mencari tahu sendiri dibanding harus bertanya ke orang lain. INTJ juga akan menyaring informasi yang diterima, sebelum menyebarkan ke orang lain.

Hanya saja, kepribadian INTJ (ahli keilmuan) ini lebih cepat bosan. Ia akan cepat beralih ke rutinitas yang menantang, apalagi ia akan merasa tidak sabar jika ada suatu proses yang menurutnya membingungkan.

Ketika menjalin hubungan, INTJ memiliki sifat pemilih. Tetapi, jika ia sudah menemukan pasangan yang tepat, INTJ akan loyal dan setia pada pasangannya.

Kekuatan Kepribadian INTJ

Sebagai orang yang cenderung lebih logis, INTJ akan merencanakan program dengan ide dan perencanaan yang matang. Ia lebih senang mengajukan ide program saat bekerja dan membantu menyelesaikan masalah di tempat kerja.

INTJ juga seseorang yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Ia berpendapat bahwa hidup harus belajar. Selain itu, INTJ merupakan orang yang perfeksionis dan memiliki standar hidup yang tinggi.

Kelemahan Kepribadian INTJ

Tipe INTJ merupakan orang yang arogan dan cenderung percaya diri. Hal ini membuat ia selalu berpikiran bahwa pendapatnya selalu benar. Selain itu, INTJ juga menganggap remeh orang lain. Bahkan ketika berada di dunia kerja, secara natural ia tidak akan segan memecat orang lain jika melakukan kesalahan sedikit.

Itulah kepribadian INTJ (ahli keilmuan) yang perlu kamu ketahui. Dari ciri-ciri di atas, adakah orang di sekitarmu yang memiliki kepribadian ini?

Leave a Comment

4 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Siapa yang tidak ingin menjadi mahasiswa berprestasi dan membanggakan kedua orang tua. Kriteria mahasiswa berprestasi biasanya dilihat dari nilai akademik yang bagus, aktif di organisasi mahasiswa, dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan di kampus. Untuk mewujudkannya, kamu harus melakuan beberapa tips menjadi mahasiswa berprestasi berikut ini.

1. Review Materi Kuliah

Cara yang pertama ini tentu semua orang sudah tahu, jika ingin berprestasi ya harus dicapai dengan kerja keras dalam belajar. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang belajar hanya saat ada ujian saja.

Menjadi siswa dan mahasiswa tentu berbeda karena dosen akan lebih cepat menjelaskan materi dan membiarkan para mahasiswa untuk berfikir lebih kritis. Nah, untuk bisa berprestasi dan tidak kalah dengan teman yang lain, sebaiknya kamu belajar terlebih dahulu materi untuk kuliah esok hari.

Selain itu, kamu lakukan juga review materi kuliah setelah kelas selesai. Proses ini akan membuat otak melakukan penyerapan secara optimal sehingga kamu tidak perlu teknik SKS (Sistem Kebut Semalam) untuk menghadapi ujian.

2. Berusaha Akrab dengan Dosen

Tips menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya adalah berusaha untuk dekat dengan dosen. Caranya kamu bisa dengan mengajukan pertanyaan setiap dosen membuka sesi tanya jawab. Selain itu, kamu juga harus aktif menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh dosen.

Keaktifan kamu di dalam kelas akan membuat dosen notice keberadaanmu dan menganggap jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang patut diperhitungkan. Dosen cenderung memberikan tanggung jawab kepada mahasiswa yang mereka kenal.

Dekat dengan dosen itu banyak manfaatnya, seperti kemudahan dalam mendapatkan informasi, bisa tukar pikiran, dan lain sebagainya.

3. Ikut Organisasi

Selanjutnya, bergabunglah dengan organisasi kemahasiswaan seperti BEM atau berbagai jenis UKM yang kamu minati karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi non-akademismu.

4. Asah Kemampuan Lain

Untuk menjadi mahasiswa berprestasi, kamu juga harus mengasah kemampuan lain yang bersifat non-akademis. Kemampuan yang bisa mendukung untuk menjadi mahasiswa berprestasi tentu banyak sekali, diantaranya adalah Bahasa asing, berdebat, dan leadership.

Untuk bisa bahasa asing atau lainnya, kamu tidak diharuskan mengikuti kursus atau pelatihan yang menghabiskan cukup banyak uang. Manfaatkan saja platform YouTube dan WiFi kampus untuk mengasah kemampuan non-akademis. Jadi gratis dan tidak keluar biaya, bukan?

Apakah kamu sudah mencoba salah satu dari keempat tips menjadi mahasiswa berprestasi di atas?

Leave a Comment

3 Pengalaman Menjadi Mahasiswa Baru yang Berkesan

Mahasiswa baru atau maba adalah masa peralihan dimana yang awalnya kamu siswa SMA menjadi mahasiswa yang harus lebih mandiri dan dewasa dalam bersikap. Tentunya ada banyak hal berkesan selama menjadi mahasiswa baru, apakah kamu juga merasakannya? Nah, berikut ini ada beberapa cerita pengalaman menjadi mahasiswa baru yang berkesan dari berbagai sumber.

1. Masa Ospek

Sebagian yang pernah mengalami ospek tentu akan setuju dengan statement bahwa ospek itu capek tapi berkesan. Meskipun masa ospek antara kampus satu dengan lainnya itu berbeda, namun inti dari ospek yang sebenarnya adalah membentuk pribadi yang mandiri, kuat, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Pengalaman menjadi mahasiswa baru itu diselimuti perasaan takut, cupu, mau ngajak kenalan tapi nanti dibilang sok asik, dan lainnya. Perasaan takut dan deg-degan saat ospek tidak kamu saja yang mengalaminya melainkan sebagian besar orang juga merasakan. Meski demikian, dapat mengenal orang-orang baru, lingkungan baru, dan belajar memahami banyak karakter manusia itulah salah satu yang berkesan dari masa ospek.

2. Kesasar

Namanya juga mahasiswa baru, kesasar itu hal yang wajar, bukan? Namun, pengalaman kesasar satu ini sedikit menegangkan dan juga lucu.

“Saat ospek, para mahasiswa baru disuruh untuk menuju aula yang ada di perpustakaan pusat. Tempat tersebut cukup jauh dari tempatnya berada saat ini dan juga belum pernah ke sana sebelumnya. Karena kondisi langit sudah gelap, aktivitas lalu lalang mahasiswa juga sudah tidak ada, akhirnya ia berjalan cepat sambil mencari lokasi pertemuan tapi malah kesasar. Rasanya ingin nangis karena sendirian tidak ada teman, takut ada hantu dan tidak mengenal orang satu pun.”

Wah, cerita satu ini agak kasihan ya, apakah kamu pernah mengalaminya juga?

3. Salah sebut nama kakak kelas

Ada tipe orang yang suka berteman dengan banyak orang dan tidak sungkan untuk menyapanya terlebih dahulu meskipun tidak terlalu kenal.

“Saat sedang menunggu fotokopian, ada kakak kelas yang juga satu fakultas sedang mengantre. Ia memulai percakapan dengan kakak kelas sembari mengajak ngobrol panjang lebar. Namun, saat berpamitan, ia menyebut nama kakak kelas tersebut dengan nama yang berbeda.”

Ups, jadi agak malu ya! Tapi, tidak apa-apa selama kamu tetap sopan dan ramah, kakak kelas mungkin saja menganggap kamu lucu.

Apakah kamu juga pernah mengalami salah satu pengalaman menjadi mahasiswa baru yang serupa?

Leave a Comment