Skip to content

3 Pengalaman Menjadi Mahasiswa Baru yang Berkesan

Mahasiswa baru atau maba adalah masa peralihan dimana yang awalnya kamu siswa SMA menjadi mahasiswa yang harus lebih mandiri dan dewasa dalam bersikap. Tentunya ada banyak hal berkesan selama menjadi mahasiswa baru, apakah kamu juga merasakannya? Nah, berikut ini ada beberapa cerita pengalaman menjadi mahasiswa baru yang berkesan dari berbagai sumber.

1. Masa Ospek

Sebagian yang pernah mengalami ospek tentu akan setuju dengan statement bahwa ospek itu capek tapi berkesan. Meskipun masa ospek antara kampus satu dengan lainnya itu berbeda, namun inti dari ospek yang sebenarnya adalah membentuk pribadi yang mandiri, kuat, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Pengalaman menjadi mahasiswa baru itu diselimuti perasaan takut, cupu, mau ngajak kenalan tapi nanti dibilang sok asik, dan lainnya. Perasaan takut dan deg-degan saat ospek tidak kamu saja yang mengalaminya melainkan sebagian besar orang juga merasakan. Meski demikian, dapat mengenal orang-orang baru, lingkungan baru, dan belajar memahami banyak karakter manusia itulah salah satu yang berkesan dari masa ospek.

2. Kesasar

Namanya juga mahasiswa baru, kesasar itu hal yang wajar, bukan? Namun, pengalaman kesasar satu ini sedikit menegangkan dan juga lucu.

“Saat ospek, para mahasiswa baru disuruh untuk menuju aula yang ada di perpustakaan pusat. Tempat tersebut cukup jauh dari tempatnya berada saat ini dan juga belum pernah ke sana sebelumnya. Karena kondisi langit sudah gelap, aktivitas lalu lalang mahasiswa juga sudah tidak ada, akhirnya ia berjalan cepat sambil mencari lokasi pertemuan tapi malah kesasar. Rasanya ingin nangis karena sendirian tidak ada teman, takut ada hantu dan tidak mengenal orang satu pun.”

Wah, cerita satu ini agak kasihan ya, apakah kamu pernah mengalaminya juga?

3. Salah sebut nama kakak kelas

Ada tipe orang yang suka berteman dengan banyak orang dan tidak sungkan untuk menyapanya terlebih dahulu meskipun tidak terlalu kenal.

“Saat sedang menunggu fotokopian, ada kakak kelas yang juga satu fakultas sedang mengantre. Ia memulai percakapan dengan kakak kelas sembari mengajak ngobrol panjang lebar. Namun, saat berpamitan, ia menyebut nama kakak kelas tersebut dengan nama yang berbeda.”

Ups, jadi agak malu ya! Tapi, tidak apa-apa selama kamu tetap sopan dan ramah, kakak kelas mungkin saja menganggap kamu lucu.

Apakah kamu juga pernah mengalami salah satu pengalaman menjadi mahasiswa baru yang serupa?

Published inPerkuliahan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *