Skip to content

4 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Siapa yang tidak ingin menjadi mahasiswa berprestasi dan membanggakan kedua orang tua. Kriteria mahasiswa berprestasi biasanya dilihat dari nilai akademik yang bagus, aktif di organisasi mahasiswa, dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan di kampus. Untuk mewujudkannya, kamu harus melakuan beberapa tips menjadi mahasiswa berprestasi berikut ini.

1. Review Materi Kuliah

Cara yang pertama ini tentu semua orang sudah tahu, jika ingin berprestasi ya harus dicapai dengan kerja keras dalam belajar. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang belajar hanya saat ada ujian saja.

Menjadi siswa dan mahasiswa tentu berbeda karena dosen akan lebih cepat menjelaskan materi dan membiarkan para mahasiswa untuk berfikir lebih kritis. Nah, untuk bisa berprestasi dan tidak kalah dengan teman yang lain, sebaiknya kamu belajar terlebih dahulu materi untuk kuliah esok hari.

Selain itu, kamu lakukan juga review materi kuliah setelah kelas selesai. Proses ini akan membuat otak melakukan penyerapan secara optimal sehingga kamu tidak perlu teknik SKS (Sistem Kebut Semalam) untuk menghadapi ujian.

2. Berusaha Akrab dengan Dosen

Tips menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya adalah berusaha untuk dekat dengan dosen. Caranya kamu bisa dengan mengajukan pertanyaan setiap dosen membuka sesi tanya jawab. Selain itu, kamu juga harus aktif menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh dosen.

Keaktifan kamu di dalam kelas akan membuat dosen notice keberadaanmu dan menganggap jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang patut diperhitungkan. Dosen cenderung memberikan tanggung jawab kepada mahasiswa yang mereka kenal.

Dekat dengan dosen itu banyak manfaatnya, seperti kemudahan dalam mendapatkan informasi, bisa tukar pikiran, dan lain sebagainya.

3. Ikut Organisasi

Selanjutnya, bergabunglah dengan organisasi kemahasiswaan seperti BEM atau berbagai jenis UKM yang kamu minati karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi non-akademismu.

4. Asah Kemampuan Lain

Untuk menjadi mahasiswa berprestasi, kamu juga harus mengasah kemampuan lain yang bersifat non-akademis. Kemampuan yang bisa mendukung untuk menjadi mahasiswa berprestasi tentu banyak sekali, diantaranya adalah Bahasa asing, berdebat, dan leadership.

Untuk bisa bahasa asing atau lainnya, kamu tidak diharuskan mengikuti kursus atau pelatihan yang menghabiskan cukup banyak uang. Manfaatkan saja platform YouTube dan WiFi kampus untuk mengasah kemampuan non-akademis. Jadi gratis dan tidak keluar biaya, bukan?

Apakah kamu sudah mencoba salah satu dari keempat tips menjadi mahasiswa berprestasi di atas?

Published inPerkuliahan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *