Skip to content

7 Pilihan Jurusan Seni Favorit Indonesia

Kamu ingin kuliah di jurusan seni tetapi belum tahu jurusan mana yang akan dipilih saat kuliah? Berikut ini rekomendasi jurusan seni yang bisa dipilih saat masuk jenjang perguruan tinggi.

1. Desain Interior

Jika kamu memiliki kegemaran merombak sebuah ruangan menjadi lebih estetis, jurusan desain interior bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Pada jurusan ini tidak hanya belajar tentang penataan ruangan saja. Kamu juga akan belajar tentang pencahayaan hingga material perabot.

Menariknya, lulusan dari jurusan ini tidak hanya bisa berprofesi sebagai konsultan desain interior saja, tetapi juga bisa menjalani sebagai kontraktor, pekerja industri properti, hingga penulis buku.

2. Fotografi

Meskipun memotret bisa dilakukan secara otodidak, ternyata ada jurusan fotografi di Universitas Trisakti dan ISI Denpasar. Dengan menjalani kuliah jurusan fotografi akan membuat kamu menjadi lebih ahli di bidang fotografi. Bahkan kini profesi fotografi profesional sangat populer karena bisa menghasilkan gaji hingga puluhan juta rupiah.

3. Seni Musik

Jurusan seni yang satu ini cukup populer di Indonesia. Pada jurusan ini, kamu tidak hanya belajar mengenai cara bermain musik, tetapi juga bagaimana meneliti dan merancang musik secara global.

4. Seni Rupa

Pada jurusan ini terdapat beberapa konsentrasi yang bisa dipilih, seperti seni patung, seni lukis, seni grafis, hingga seni keramik. Untuk lulusan dari jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai guru, seniman, kurator seni, pengamat seni, dan wirausaha seni.

5. Seni Kriya

Jurusan ini lebih mengedepankan pada pengetahuan dan kreativitas dalam menciptakan karya. Pada jurusan ini diharapkan membuat karya seni baru yang bisa dinikmati oleh orang lain.

6. Seni Tari

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tarian daerah. Dengan kuliah di jurusan seni tari, kamu bisa belajar lebih tentang tarian tradisional. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai olah tubuh dalam menyelaraskan lagu musik dan gerakan.

7. Televisi dan Film

Jurusan yang satu ini juga termasuk ke dalam bidang seni. Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai perekaman, pengeditan, dan mengelola penayangan yang berkualitas di dunia televisi dan di film.

Dari ketujuh jurusan seni di atas, adakah yang menjadi pilihanmu?

Published inPerkuliahan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *