Skip to content

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ESFP (Penghibur)

Kepribadian ESFP (penghibur) adalah orang yang memiliki kemampuan intrapersonal yang kuat. Tipe ini terdiri dari kepribadian ekstrovert, sensing, feeling, dan perceiving. Tipe ini termasuk pendamai dan selalu mengedepankan perasaan orang lain.

Ciri-Ciri ESFP

ESFP merupakan orang yang hangat dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Ia sangat senang menjadi pusat perhatian dan suka hal-hal yang sedang trending saat ini.

Tipe ini termasuk orang yang optimis dan spontan. Meskipun begitu, ESFP bukanlah orang yang menyukai teori dan perencanaan. Ia cenderung merasakan apa yang terjadi tanpa mengetahui konsekuensi yang diterimanya.

ESFP juga termasuk orang yang suka mencari pengalaman baru. Ia lebih suka praktik dan lebih mengetahui dirinya sendiri untuk melakukan hal yang disukainya.

Karena lebih suka hidup mandiri, ESFP memiliki kreativitas dan banyak cara untuk bisa melangsungkan hidupnya. Dalam hidupnya, ESFP cenderung lebih dekat dengan anak-anak dan biasanya memiliki binatang peliharaan.

Kekuatan ESFP

Kepribadian ESFP (penghibur) termasuk tipe orang yang berani dan tidak mampu menahan keinginan dirinya. ESFP cenderung lebih suka bereksperimen dan menemukan cara terbaik untuk membuatnya bahagia.

Ketika mengetahui apa yang disukainya, ia tidak akan banyak berpikir. Tipe ESFP akan melakukan hal yang disukai, meski akan menimbulkan risiko untuk dirinya.

Ketika memiliki pemikiran, ia harus merasakan dan mengalami kejadian yang sebenarnya. Nah, inilah yang membuat ESFP cenderung bisa menulis nonfiksi dibandingkan harus menulis cerita fiksi.

Kelemahan ESFP

ESFP merupakan orang yang emosional. Ia cenderung akan melampiaskan emosi ketika ada hal yang tidak disukainya. Pun ketika ada masalah, ESFP tidak akan mencari jalan keluarnya dan cenderung akan menghindarinya.

Tipe ESFP merupakan orang yang cepat bosan dan kehilangan semangat. Ia akan mencari aktivitas lain untuk memuaskan hidupnya. Selain itu, ia juga bukan orang yang suka merencanakan sesuatu dan cenderung termasuk tipe yang kurang fokus. Hal inilah yang sering membuatnya gagal dalam mengerjakan sesuatu.

Jika kamu memiliki kepribadian ESFP (penghibur) cocok untuk berprofesi sebagai konselor, marketing, entertainer, atau yang ada hubungannya dengan anak-anak. Kamu perlu melihat yang ada di sekitarmu ya, agar lebih memiliki rasa simpati dengan lingkungan.

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *