Skip to content

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ESTJ (Eksekutif)

Kepribadian ESTJ (eksekutif) merupakan orang yang terlahir dengan jiwa pemimpin. Tipe ini merupakan kepribadian ekstrovert, sensing, thinking, dan judging. ESTJ sangat tegas terhadap hukum yang ada. Meskipun tidak secara langsung menegur jika ada kesalahan, ESTJ berharap orang lain mampu menaati hukum yang ada.

Ciri-Ciri ESTJ

Tipe ESTJ merupakan orang yang memiliki visi misi yang jelas. Ia akan melihat ke depan dengan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakannya. Hal inilah yang membuat ESTJ memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan yang baik. Selain itu, ESTJ juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Meskipun begitu, ia cukup agresif terhadap jabatan yang ada.

ESTJ termasuk orang yang jujur. Tipe ini memperlihatkan prestasi yang dimiliki agar bermanfaat bagi orang lain. Inilah yang membuat ESTJ sering dijadikan panutan dalam lingkungannya.

Karena lebih suka berkomunikasi dengan banyak orang, ESTJ juga sering membaur dalam kegiatan organisasi atau kemasyarakatan. Terlebih, ia senang dengan acara yang melibatkan keluarga, pekerjaan, atau komunitasnya.

Kepribadian ESTJ (eksekutif) juga memiliki standar hidup yang jelas. Ia justru akan tidak sabar jika pekerjaan dikerjakan oleh orang yang dianggap kurang kompeten.

Kekuatan ESTJ

Tipe ESTJ memiliki dedikasi yang tinggi pada hal yang dilakukannya. Ia akan bertanggung jawab dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Jika diberikan pekerjaan, ESTJ akan fokus dan tidak pernah bosan.

ESTJ juga merupakan pribadi yang berpegang pada ide yang sudah dirancangnya. Hanya saja, ketika pendapatnya mulai disangkal dengan argumentasi yang kuat, ia akan mengakuinya.

Tipe ini juga merupakan tipe yang lebih percaya pada data dan fakta. Selain itu, ESTJ termasuk orang yang rapi dan tidak suka berantakan.

Orang dengan kepribadian ini pastas untuk dijuluki dengan kata bijak karena merupakan sosok yang selalu melihat semuanya dari sudut pandang yang nyata apa adanya.

Kelemahan ESTJ

Tipe ESTJ cenderung kaku saat menghadapi masalah. Tak jarang, ia akan kabur dari masalah tersebut karena ketidakmampuan dalam menghadapi masalah. Selain itu, karena ia terlalu berpegang teguh pada ide, membuat ESTJ sulit bisa menerima pendapat orang lain.

Jika kamu memiliki kepribadian ESTJ (eksekutif), kamu cocok berprofesi sebagai guru, hakim, manajer, dan akuntan. Untuk bisa mengetahui tipe kepribadianmu, harap mengisi pertanyaan yang ada sesuai dengan diri kamu ya?

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *