Skip to content

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian INTJ (Ahli Keilmuan)

INTJ (Introvert, Intuiting, Thinking, Judging) atau biasa disebut dengan ahli keilmuan merupakan seorang yang memiliki kepribadian senang mengatur. Orang yang memiliki kepribadian INTJ (ahli keilmuan) akan memiliki energi yang lebih banyak ketika merasa sendiri. Kepribadian ini akan fokus pada ide dan rencana dibandingkan mengerjakan sesuatu secara spontan.

INTJ merupakan orang yang selalu berpikir logis. Ia akan lebih selektif dalam bergaul dan biasanya akan memilih teman yang memiliki pemikiran yang sama dengannya. Meski begitu, INTJ merupakan orang yang hebat dalam menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan baik dan buruk bagi orang lain.

Ciri-Ciri Kepribadian INTJ

Tipe INTJ merupakan orang yang pendiam dan terlihat serius. Tipe ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tetapi ia cenderung mencari tahu sendiri dibanding harus bertanya ke orang lain. INTJ juga akan menyaring informasi yang diterima, sebelum menyebarkan ke orang lain.

Hanya saja, kepribadian INTJ (ahli keilmuan) ini lebih cepat bosan. Ia akan cepat beralih ke rutinitas yang menantang, apalagi ia akan merasa tidak sabar jika ada suatu proses yang menurutnya membingungkan.

Ketika menjalin hubungan, INTJ memiliki sifat pemilih. Tetapi, jika ia sudah menemukan pasangan yang tepat, INTJ akan loyal dan setia pada pasangannya.

Kekuatan Kepribadian INTJ

Sebagai orang yang cenderung lebih logis, INTJ akan merencanakan program dengan ide dan perencanaan yang matang. Ia lebih senang mengajukan ide program saat bekerja dan membantu menyelesaikan masalah di tempat kerja.

INTJ juga seseorang yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Ia berpendapat bahwa hidup harus belajar. Selain itu, INTJ merupakan orang yang perfeksionis dan memiliki standar hidup yang tinggi.

Kelemahan Kepribadian INTJ

Tipe INTJ merupakan orang yang arogan dan cenderung percaya diri. Hal ini membuat ia selalu berpikiran bahwa pendapatnya selalu benar. Selain itu, INTJ juga menganggap remeh orang lain. Bahkan ketika berada di dunia kerja, secara natural ia tidak akan segan memecat orang lain jika melakukan kesalahan sedikit.

Itulah kepribadian INTJ (ahli keilmuan) yang perlu kamu ketahui. Dari ciri-ciri di atas, adakah orang di sekitarmu yang memiliki kepribadian ini?

Published inBebas

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *