Skip to content

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ISFJ (Pembela)

Kepribadian ISFJ (pembela) merupakan orang yang sensitif dan memiliki sifat yang unik. Tipe ini adalah kepribadian introvert, sensing, feeling, dan judging.

ISFJ merupakan tipe pribadi yang memiliki empati tinggi. Ia bisa menjadi orang yang galak untuk bisa melindungi keluarganya. Meski begitu, ISFJ merupakan orang yang pendiam, tetapi memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Ciri-Ciri ISFJ

Tipe ISFJ memiliki kepedulian yang tinggi di sekitarnya. Ia juga memiliki ingatan yang baik, sehingga banyak orang yang menanyakn beberapa informasi kepadanya. Selain itu, ISFJ merupakan orang yang bisa dipercaya dan pekerja keras.

Akan tetapi, tipe ISFJ tidak cocok bekerja dengan sesuatu yang abstrak. Meski begitu, ketika sudah bekerja, ia akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Ia juga memerlukan masukan yang positif. Tipe ISFJ kurang bisa menerima masukan, karena bisa membuat kecil hati.

Tipe ISFJ termasuk orang yang lebih mementingkan kepentingan orang lain. Hanya saja, ia cenderung menghindari konflik dan tidak nyaman dengan keadaannya.

Kekuatan ISFJ

Kepribadian ISFJ (pembela) merupakan pribadi yang senang membantu orang lain. Ia tidak akan segan membagi ilmu maupun energi untuk orang lain. Tipe ini cenderung senang dan lebih berempati pada orang yang benar-benar membutuhkannya.

Tipe ISFJ memiliki dedikasi yang tinggi pada tujuan yang sudah ditetapkan. Ketika bekerja dalam waktu lama, ia akan semakin loyal dengan pekerjaannya. Tipe ini akan berhati-hati saat bekerja. Ia akan melakukan sepenuh hati dan sangat tidak dimungkinkan untuk berhenti di tengah jalan.

ISFJ juga termasuk orang yang imajinatif. Ia mampu mendalami perasaan orang lain. Hal inilah yang membuat ISFJ tetap rendah hati.

Kelemahan ISFJ

Karena ISFJ lebih mementingkan orang lain, hal ini justru menjadi boomerang baginya. Ia justru tidak bisa menolak jika ada orang yang meminta tolong. Selain itu, ISFJ juga sulit untuk memisahkan hal pribadi dan bukan. ISFJ juga sulit berinteraksi secara profesional.

Tipe ISFJ juga termasuk orang yang tertutup. Meski ia bisa menyembunyikan perasaannya, ISFJ cenderung tidak mau mengungkapkan ke orang lain. Terlebih jika emosi yang disimpannya merupakan emosi negatif, justru akan membuatnya depresi.

Kepribadian ISFJ (pembela) cocok bekerja sebagai guru, penjaga toko, administrator, atau designer. Apakah kamu termasuk yang memiliki tipe kepribadian ini?

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *