Skip to content

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ISTJ (Ahli Logistik)

Kepribadian ISTJ (ahli logistik) merupakan pribadi mendedikasikan dirinya ke pekerjaan. Tipe ini terdiri dari introvert, sensing, thinking, dan judging.

ISTJ merupakan orang yang berpikir logis dan memiliki integritas tinggi. Ia termasuk orang yang menyukai rasa tenang dan memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan. Hal ini juga didukung dengan sikapnya yang realistis dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Ciri-Ciri ISTJ

Tipe kepribadian ini termasuk pribadi yang diandalkan di lingkungan sekitarnya. Ia bisa dipercaya dan loyal pada orang di sekitarnya. Hanya saja, tipe ISTJ masih percaya pada tradisi yang ada.

Ketika bekerja, ISTJ cenderung akan mengerjakan pekerjaannya secara detail, meski membutuhkan waktu yang lama. Tetapi, tipe ini mampu mengendalikan emosi, sehingga tidak mudah marah ketika ada yang bertentangan dengan pemikirannya.

Tipe ISTJ cenderung lebih suka melakukan pekerjaan langsung. Ia tidak menyukai ide yang abstrak. Tetapi, ia memiliki jiwa pemimpin, sehingga cocok untuk dijadikan pemimpin dalam tim.

Kepribadian ISTJ (ahli logistik) merupakan orang yang menyukai fakta dan detail. Ia lebih tertarik memikirkan apa yang harus dilakukan dibandingkan memikirkan masa depan.

Kekuatan ISTJ

Tipe ISTJ memiliki integritas yang tinggi dalam suatu pekerjaan. Ia akan bekerja keras untuk mencapai tujuan yang harus dicapai. Jika sudah berkomitmen, ia tidak akan mengingkarinya dan berusaha berpegang teguh pada komitmennya tersebut.

Jika sudah diberikan amanah pun, tipe ISTJ akan menjaga dan bertanggung jawab. Ia juga orang yang jujur dan tidak suka bertele-tele. Hal inilah yang membuat tipe ISTJ kemudian bisa dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin.

Kelemahan ISTJ

Tipe ISTJ biasanya merupakan orang yang keras kepala. Ia cenderung akan menganggap pemikiran benar dan menganggap orang lain salah. Meski begitu, tipe ini termasuk orang yang patuh pada aturan tertulis yang berlaku.

ISTJ merupakan orang yang fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Tetapi, karena terlalu fokus, ia biasanya tidak memperhatikan perasaan orang di sekitarnya.

Jika kamu termasuk memiliki kepribadian ISTJ (ahli logistik) cocok untuk berprofesi sebagai dokter, polisi, atau pengacara. Nah, apakah ciri di atas sesuai dengan kepribadianmu?

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *