Skip to content

Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kelemahan Kepribadian INTP (Pemikir)

Kepribadian INTP (pemikir) merupakan ia dengan tipe introvert, intuiting, thinking, dan perceiving. Orang dengan tipe ini akan menjelaskan sesuatu yang masuk akal menurutnya. Tipe INTP memiliki kemampuan analisa yang baik dan mampu menjelaskannya secara logis. Meski begitu, INTP akan menolak jika diminta menjadi seorang pemimpin.

Ia memiliki keyakinan yang teguh, meski begitu ia juga akan toleran terhadap keyakinan yang lain. Ketika bertemu dengan orang baru, INTP akan terlihat pemalu. Sebaliknya, jika ia bertemu dengan teman lama, ia akan langsung percaya diri dan akrab dengannya.

Ciri-Ciri Kepribadian INTP

INTP merupakan orang yang suka dengan ide abstrak. Tipe ini hampir sama dengan INTJ yang memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu.

Dalam mengambil keputusan, INTP lebih mengedepankan masalah logika. Ia tidak mengerti dengan perasaan orang lain dan cenderung memiliki sikap yang egois. Selain itu, INTP juga cenderung memiliki sikap yang kasar dan kurang memahami perasaan orang lain.

Kepribadian INTP (pemikir) akan terlihat sebagai sosok yang mandiri. Ia akan terlihat lebih menonjol dengan segudang prestasi yang dimilikinya. Hanya saja, tipe ini tidak menyukai pergi ke tempat hanya untuk mencari popularitas saja.

Kelebihan Kepribadian INTP

Meskipun memiliki watak yang keras, INTP merupakan seorang pembelajar yang tangguh. Ia akan berusaha membuktikan ide yang dimiliki bisa terealisasi, meski orang lain menganggap idenya hanya angin lalu dan sukar dibuktikan. Jika ide yang dimiliki tidak menarik untuk orang lain, ia akan berusaha mengajak diskusi agar idenya bisa diterima.

Jika INTP terlihat lebih arogan, itu karena ia ingin mempertahankan pendapatnya. Ia tidak akan menyakiti orang lain tanpa sebab yang jelas.

Kelemahan INTP

Tipe INTP adalah orang yang cenderung tertutup dari lingkungannya. Hal inilah yang membuat orang lain tidak mengetahui apa yang sedang dirasakannya.

Meski INTP merupakan tipe orang yang logis, ia sering lupa dengan perasaan orang lain. Hal ini yang membuat secara tidak sengaja INTP menyakiti hati orang lain. Selain itu, ketika ia mulai suka dengan suatu hal, ia akan lupa dengan hal yang lain, bahkan akan menarik diri dari lingkungannya.

Nah, itulah kepribadian INTP (pemikir). Apakah ciri-ciri di atas sama seperti karakter yang kamu miliki?

Published inBebas

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *