Skip to content

Inilah Tips dan Syarat Cumlaude yang Perlu Kamu Ketahui!

Apakah kamu ingin lulus dengan predikat cumlaude? Nah, tentunya mulai dari awal kuliah kamu harus mempersiapkan semuanya, termasuk mengetahui syarat cumlaude.

Memang, memiliki IPK cumlaude bukan menjadi jaminan kamu bisa sukses setelah lulus. Tapi dengan memperoleh IPK cumlaude itu artinya kamu sudah berhasil memahami dengan baik ilmu yang sudah kamu peroleh saat kuliah.

Persyaratan Cumlaude

Untuk bisa memperoleh predikat pujian (cumlaude) ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi sebelum yudisium. Berikut ini syarat memperoleh predikat cumlaude.

  1. Untuk program diploma, setidaknya memiliki IPK 3,51 – 4,00 dengan masa studi 8 semester.
  2. Untuk program sarjana, setidaknya memiliki IPK 3,51 – 4,00 dengan masa studi maksimal 10 semester.
  3. Untuk program magister, setidaknya memiliki IPK 3,76 – 4,00 dengan masa studi maksimal 5 semester.
  4. Predikat cumlaude bisa diberikan dengan memperhatikan bahwa mahasiswa tidak pernah mengulang mata kuliah dengan tugas akhir memiliki nilai A.

Tips Memperoleh Predikat Cumlaude

Untuk bisa lulus dengan pujian, syarat cumlaude di atas bisa memotivasi kamu untuk belajar lebih giat lagi. Nah, agar impianmu bisa lulus cumlaude bisa tercapai, berikut tips yang perlu kamu lakukan.

1. Belajar sungguh-sungguh

Cara yang harus kamu lakukan agar IPK cumlaude adalah dengan belajar. Kamu bisa belajar sesuai metode yang kamu sukai dan pastikan untuk paham setiap materi yang telah diberikan dosen. Jika ada yang kurang dipahami, bertanya kepada dosen langsung atau dengan teman akan membantumu memperoleh nilai yang bagus.

2. Aktif di kelas

Aktif di kelas akan memberikan poin positif dari dosen. Tak hanya lebih dikenal dosen, dengan aktif di kelas kamu juga bisa mendapatkan nilai tambah dari dosen. Dengan lebih aktif dikelas dan menjaga nilai mata kuliah tentunya cumlaude saat Wisuda bukanlah hal yang mustahil.

3. Jangan fokus hanya pada satu mata kuliah saja

Untuk bisa memperoleh nilai yang memuaskan, sebaiknya kamu tidak hanya fokus pada mata kuliah yang kamu sukai atau yang paling susah. Usahakan untuk memahami semua mata kuliah, sehingga nilai yang kamu peroleh bisa merata dan IP tiap semester bisa stabil atau meningkat di semester berikutnya.

Mengetahui syarat cumlaude harus diketahui agar motivasi untuk meraih prestasi di kampus tercapai. Jangan lupa untuk menetapkan target IP agar semangat belajarmu tak pernah padam!

Published inPerkuliahan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *