Skip to content

Keanekaragaman Budaya Indonesia Yang Bikin Bangga

Berbicara tentang negara tercinta, Indonesia akan selalu membangkitkan semangat. Negara yang identik dengan negara kepulauan dan sumber daya alam ini juga identik dengan keanekaragaman budaya yang harus dilestarikan. Keanekaragaman budaya Indonesia menyimpan banyak fungsi dan peran penting di dalamnya.

Kebudayaan merupakan sistem konsep/gagasan yang diperuntukkan dalam kehidupan manusia dalam bernegara. Keanekaragaman budaya Indonesia memiliki dua fungsi sebagaimana yang dituturkan oleh Koentjaraningrat yakni identitas bangsa serta cara berkomunikasi untuk memperkuat solidaritas para warga negaranya.

Adapun peran keanekaragaman budaya Indonesia secara terperinci adalah sebagai berikut:

1. Pengembangan kebudayaan nasional

Budaya Indonesia yang beraneka ragam menjadikan symbol bangsa sekaligus menjadi identitas di mata dunia bagi warga negaranya.

2. Sikap toleransi

Budaya Indonesia yang beraneka ragam tentunya menimbulkan perbedaan pandangan pula, sehingga dengan adanya hal tersebut masing-masing masyarakat dapat terus belajar untuk memiliki rasa saling menyayangi sesamanya dan menghormatinya.

3. Inovasi kebudayaan

Dari banyaknya budaya memungkinkan adanya percampuran di antaranya, dan hal ini sangat bermanfaat karena bisa dijadikan sebagai inovasi untuk menciptakan budaya baru yang lebih baik lagi.

4. Daya tarik bangsa asing

Siapa yang tidak mengenal budaya Indonesia? Banyak wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh mengunjungi Indonesia untuk menikmati kebagusan budaya yang ada di Indonesia. Hal inilah memberikan keuntungan negara dengan pendapatan meningkat dalam sector pariwisata.

Keanekaragaman budaya Indonesia disebabkan karena masyarakat Indonesia majemuk. Konsep masyarakat majemuk sendiri diartikan sebagai elemen tatanan sosial  masyarakat yang berjumlah lebih dari satu tetapi bisa hidup secara berdampingan. Selain itu, Indonesia juga mempunyai sifat multietnik, multiagama, multiras, multibahasa dan sebagainya.

Konsep majemuk yang dimiliki oleh Indonesia telah tercermin dalam semboyan Bangsa Indonesia yakni “Bhineka Tunggal Ika”. Yang arti dari kalimat tersebut adalah berbeda-beda tetap satu jua. Dan hal tersebut telah diatur oleh sistem nasional yang mana  meliputi perundang-undangan, bendera, bahasa, lagu kebangsaan dan lainnya.

Itulah hal-hal mengenai keanekaragaman budaya Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor akulturasi dan asimilasi. Semoga menambah pengetahuanmu!

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *