Skip to content

Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Ilmu Ekonomi

Pada dasarnya, ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang membahas tentang aktivitas/kegiatan manusia dalam hal produksi, konsumsi, hingga distribusi jasa maupun barang. Melalui penerapannya, ilmu yang satu ini adalah sebuah upaya manusia dalam menemui kebutuhan hidup seseorang. Di bawah ini beberapa kegiatan ekonomi dalam ilmu tersebut:

1. Produksi

Merupakan aktivitas yang memiliki tujuan dalam menghasilkan maupun menambah nilai guna dari jasa maupun barang. Misalnya saja saat penjual baju mengubah kain menjadi jaket. Kemudian penjual tersebut melakukan kegiatan produksi dengan menghasilkan barang dan jasa.

2. Konsumsi

Merupakan aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan jasa maupun barang dalam memenuhi sebuah kebutuhan. Misalnya penggunaan bensin untuk keperluan bahan bakar kendaraan.

3. Distribusi

Merupakan kegiatan yang berupa penyebaran barang dan jasa produksi. Seperti barang yang didistribusikan untuk membawa beras dari desa X ke kota Z dalam rangka pemenuhan kebutuhan.

Selain cakupan hal di atas, ilmu ini juga mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam memperoleh serta mengelola sumber daya meski terbatas. Dengan belajar ilmu ekonomi, Anda dapat memprediksi tindakan manudia kedepan sehingga hal ini bisa digunakan untuk merancang bisnis, menemukan harga, ataupun membuat kebijakan pemasaran.

Lantas seperti apa ruang lingkup ilmu tersebut? Berikut diantaranya:

1. Ekonomi makro

Yakni sebuah ilmu yang mempelajari seluruh perilaku ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan faktor produksi dengan efektif untuk mendapatkan kemakmuran masyarakat dengan optimal. Ilmu ini mencakup prekpestif umum pada tingkat nasional. Yang mana memiliki fokus pada berbagai siklus ekonomi misalnya sebuah siklus bisnis.

2. Ekonomi mikro

Ilmu ini mempelajari ilmu ekonomi yang lebih spesifik dan rinci dibanding ekonomi makro. Ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari sebagian kecil/aspek individu yang ada pada kegiatan ekonomi. Misalnya seperti perilaku konsumen, perusahaan, permintaan, hingga lainnya.

Dari berbagai hal di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi dapat membantu Kita untuk mempelajari sekaligus mengatasi masalah ekonomi dalam dunia nyata. Dengan begitu, tak hanya di sekolah saja karena pada dasarnya setiap hari pasti terdapat banyak ilmu ekonomi yang ada pada sekitar kita.

Published inUmum

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *