Skip to content

Kisah Hidup Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak kenal Susi Pudjiastuti? Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo ini cukup populer kinerjanya. Ternyata, tak hanya sukses di ranah politik saja, sebelum masuk menjadi menteri, beliau juga merupakan pengusaha yang sukses karena kegigihannya. Agar kamu lebih mengetahui kisah hidup Susi Pudjiastuti, berikut ulasan selengkapnya.

Pendidikan Susi Pudjiastuti

Lahir di Pangandaran tanggal 15 Januari 1965, Susi Pudjiastuti merupakan sosok wanita yang mandiri. Sejak bangku SMP, beliau sudah mulai menekuni bisnis perikanan dengan modal Rp 750.000 saja. Kendati lebih memilih untuk berhenti sekolah saat SMP, tak menyurutkan langkahnya untuk menapaki tangga kesuksesan.

Perjalanan Bisnis Susi Pudjiastuti

Ketertarikan Susi Pudjiastuti akan dunia bisnis sudah mulai direalisasikan saat SMP. Dengan modal yang ada, beliau membeli ikan di tempat pelelangan ikan dan menawarkannya ke beberapa restoran.

Berkat kegigihannya, beliau mampu meyakinkan pihak restoran karena ikan yang dijual memiliki kualitas yang tinggi. Kisah hidup Susi Pudjiastuti ini bisa kamu jadikan motivasi untuk tidak mudah putus asa bukan?

Karena keuletannya, beliau tak hanya memasarkan hasil laut di pasar lokal saja. Beliau juga sukses memasarkan lobster ke luar negeri dengan jumlah yang besar.

Tapi ternyata bisnis yang dijalaninya tidak berjalan mulus. Pengiriman lobster dan menjaganya agar tetap sehat menjadi kendala bagi Susi Pujiastuti. Berkat dukungan suami yang merupakan seorang pilot, beliau bisa mengatasi masalah tersebut sekaligus mendirikan maskapai penerbangan sendiri.

Karir sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan

Melihat kesuksesannya dalam berbisnis membuat Susi Pudjiastuti dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan Periode 2014-2019. Kinerja yang beliau tunjukkan sangat diapresiasi masyarakat Indonesia, terlebih beberapa kebijakannya sangat mendukung kalangan bawah.

Susi Pudjiastuti terkenal dengan pemberantasan illegal fishing. Bahkan ratusan kapal dari negara asing ditenggelamkan karena berusaha mencuri ikan di Perairan Indonesia. Meski banyak mendapat penolakan dari pejabat lainnya, beliau mendapatkan penghargaan dari WWF atas komitmennya dalam pelestarian sumber daya kelautan Indonesia.

Menarik bukan kisah hidup Susi Pudjiastuti? Semoga semangat dan kegigihan perempuan pertama sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia ini dapat menginspirasi kamu ya.

Published inBebas

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *