Skip to content

Tingkatan Semester dalam Kuliah Ini Perlu Kamu Ketahui Saat Masuk Kuliah

Masuk sebagai mahasiswa baru tentunya menjadi pengalaman yang baru bagi kamu bukan? Selain itu, kamu juga perlu beradaptasi dengan kondisi setiap tahunnya. Nah, agar kamu tidak kaget saat menjalani perkuliahan tiap semesternya, berikut ini tingkatan semester dalam kuliah yang bakal kamu jalani.

1. Tahun Pertama

Tahun pertama kuliah dimana kamu menjalani semester 1 dan 2 ini merupakan masa dimana kamu harus beradaptasi dengan perubahan cara belajar dan beragam kegiatan kampus. Tahun pertama kuliah juga menjadi adaptasi pertemanan kamu selama menjalani masa kuliah.

Di semester kedua, kamu bisa mengikuti beragam organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus. Dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan akan melatih softskill yang tidak kamu dapat di bangku kuliah dan akan berguna ketika kamu masuk dunia kerja kelak.

2. Tahun Kedua

Menginjak tahun kedua menjadi tahun emas bagi kamu selama menjalani masa kuliah. Kamu perlu mempertahankan IP yang sudah didapatkan agar ketika lulus nanti, IPK yang kamu peroleh bisa memuaskan.

Tingkatan semester dalam kuliah di tahun kedua ini juga menjadi masa emas selama kamu mengikuti organisasi kampus. Agar pengalamanmu semakin terasah, kamu bisa mencoba mengambil kesempatan menjadi ketua panitia kegiatan ataupun ketua divisi dalam organisasi.

3. Tahun Ketiga

Di tahun ketiga biasanya kamu akan mulai disibukkan dengan beragam kegiatan kuliah yang lebih sulit disbanding tahun sebelumnya. Kamu akan menjalani beragam praktikum di laboratorium ataupun praktik langsung di lapangan, seperti magang di perusahaan misalnya di Sampoerna ataupun KKN di daerah. Meskipun di tahun ketiga ini cukup berat untukmu, tetap belajar ya agar IPK yang sudah kamu dapatkan tidak merosot!

4. Tahun Keempat

Di tahun keempat merupakan tahun dimana kamu harus fokus dengan kuliah. Di tahun ini kamu harus fokus dengan skripsi yang sedang kamu jalani. Agar lulus tepat waktu, ada baiknya kamu tidak menunda dalam mengerjakan skripsi dan rajin bimbingan ke dosen pembimbing ya?

Nah, itulah tingkatan semester dalam kuliah yang akan kamu jalani selama kuliah. Agar masa studimu tidak molor, jalani kuliah dengan baik dan tetapkan target kelulusan ya?

Published inPerkuliahan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *