Inilah Mad Box, Konsol Baru yang Akan Jadi Saingan Xbox & Playstation!

Ian Bell mengatakan pada twitter-nya bahwa konsol performa tinggi Mad Box buatan Slightly Mad Studios ini diperkirakan akan diluncurkan tiga tahun mendatang.

Ian Bell mengatakan pada Twitternya bahwa konsol performa tinggi Mad Box buatan Slightly Mad Studios ini diperkirakan akan diluncurkan tiga tahun mendatang.

Pasar konsol video game selama beberapa tahun belakangan mengalami stagnansi. Keseluruhan pasar dikuasai oleh trio Playstation, Xbox, dan Nintendo. Dapatkah kemunculan konsol baru ini mengguncang pasar konsol video game?

Apa sih Mad Box?

Mad Box merupakan konsol sejenis Playstation atau Xbox. Nama Mad Box sendiri merupakan singkatan dari “Media Arts Development Box” atau sebuah referensi dari Madness Engine, sebuah engine yang digunakan Slightly Mad Studios.

Dalam salah satu tweet-nya, Ian Bell mengatakan bahwa konsol ini akan memiliki performa tinggi. Ia mengatakan pada Variety bahwa Mad Box dapat memainkan game dalam 4k serta 120 FPS untuk Virtual Reality. Tak hanya itu, akan ada juga engine gratis untuk development game pada konsol tersebut, benar-benar Mad bukan?

Apa Saja Spesifikasinya?

Mad Box Menjanjikan 120 FPS untuk Virtual Reality

VR Menjadi Keunggulan Mad Box Photo: Josh Valcarcel/WIRED

Untuk menghadapi saingan berat seperti Playstation dan Xbox, apa saja spesifikasi yang dimiliki oleh Mad Box?

Fitur yang menjadi sorotan utama konsol ini ialah dukungan untuk headset VR. Dengan kemampuan 120 FPS dan refresh rate 120 hz, hal ini diyakini dapat menyaingi Playstation VR.

Konsol ini juga dikabarkan kompatibel dengan kebanyakan headset VR ternama, berbeda dengan Playstation dan Xbox yang kompatibel dengan headset VR tertentu.

Dampak Mad Box terhadap Pasar Konsol

Pasar konsol video game modern dikuasai oleh trio Playstation-Xbox-Nintendo. Menurut Ian Bell, kedatangan konsol baru dapat menciptakan kompetisi yang sehat dalam monopoli pasar konsol. Beberapa tahun lalu Valve juga mengeluarkan konsol mereka sendiri, Steam Machine namun tak bertahan lama.

Dapatkah Mad Box Bersaing?

Mad Box menjanjikan konsol performa tinggi sebagai keunggulan utamanya. Seperti yang kita ketahui hal yang menjadi pertimbangan memilih konsol adalah game eksklusif dan performa.

Xbox one X memiliki performa yang lebih kuat dari Playstation 4 Pro. Sementara kekuatan utama dari Playstation adalah game-game eksklusif yang banyak. Sementara dari Nintendo memiliki berbagai macam IP yang terkenal dan menjadi ikon video game seperti Mario dan Pokemon.

Untuk bisa bersaing dengan ketiga raksasa konsol tersebut, sebuah konsol perlu memiliki keunggulan. Beberapa tahun yang lalu Valve juga merilis konsol mereka sendiri yaitu Steam Machine. Steam Machine beroperasi menggunakan Steam OS sehingga dapat memainkan game-game dari Steam. Namun setelah dirilis pada tahun 2015, produksi Steam Machine dihentikan pada tahun 2016.

Dikutip dari duniaku.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *