Berburu Kuliner di Jogjakarta

By | August 26, 2017

Jalan – jalan tentunya tidak akan komplit rasanya jika tidak mencari oleh oleh. Ya maklum sih, budaya orang Indonesia yang seringkali meminta oleh – oleh saat ada kerabat, teman yang pergi liburan. Nah pada artikel ini saya akan mencoba menulis tentang kuliner yang ada di Jogja.

Gudeg

Tentunya jika kita berbicara tentang wisata kuliner di Jogja , pasti tidak akan melewatkan makanan yang satu ini. Ya, gudeg merupakan makanan khas yang berasal dari Jogja ini. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang diolah dengan bumbu – bumbu tertentu sehingga menjadi berwarna cokelat dengan citarasa yang manis yang menggugah selera, hmmm, jadi laper nih, hehehee. Sentra gudeg ini dapat ditemukan di dekat jalan Malioboro. Tepatnya berada di Jalan Wijilan. Ya, bisa dikatakan tempat wisata ini merupakan tempat wisata di sekitar Malioboro lah, karena hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer.

Konon katanya, asal nama gudeg berawal pada masa penjajahan belanda. Suatu hari, seorang Belanda yang memiliki istri warga pribumi dimasakkan sayur nangka muda oleh istrinya. Karena menyukai cita rasannya, si Belanda pun memuji istrinya “good dek”. Nah, kemudian dilafalkan oleh lidah orang Jawa menjadi gudeg. Tapi cerita ini belum jelas juga kebenarannya, hanya cerita yang berkembang di masyarakat, hehehe.

Mamahke Jogja Cake

Ini adalah merupakan kuliner baru yang muncul di Jogja. Kuliner ini berupa cake dengen beberapa varian rasa. Apa yang membuat istimewa? Yah, sebenarnya yang membuat nilai tambah dari kuliner ini adalah pemiliknya. Lah kok pemiliknya? Yups, kuliner ini dimiliki oleh salah seorang artis Indonesia yaitu Zaskia Mecca. Nampaknya tidak mau kalah dengan Bandung Makuta Cake yang diprakarsai oleh Claudia Cynthia Bella, Zaskia juga membuat ide serupa namun di lokasi yang berbeda. Pada awal pembuakaannya, gerai Mamahke Jogja ini disambut dengan begitu antusias, bahkan pengunjung / calon pembeli harus rela datang pagi buta dan antri selama berjam – jam untuk membeli cake ini. Hmmm, luar biasa memang.

kuliner Jogja

Mamahke Jogja merupakan kuliner baru yang ada di Jogja

Sebenarnya masih banyak sih kuliner yang ada di Jogja ada angkringan, bakpia, kopi jos, sate klatak, dll, namun saya belum mencoba semuanya, hehehee. Cukup sekian dulu artikel ini, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *