PlayStation Plus Kehilangan 2 Juta Pelanggan, Mengapa?

By | 30/11/2022

Laporan baru mengungkapkan bahwa PlayStation Plus telah kehilangan hampir 2 juta pelanggan sejak layanan diubah dan dimulai kembali pada Juni 2022.

Informasi ini pertama kali dirilis oleh VGC. Jika Anda tertarik dengan keadaan industri video game saat ini, Anda dapat melihat artikel kami yang lain di sini.
Laporan: PlayStation Plus kehilangan 2 juta pelanggan

Menurut hasil keuangan Sony Group Corporation untuk kuartal kedua tahun fiskal 2022, pelanggan PlayStation Plus telah turun hampir 2 juta pengguna sejak peluncuran versi baru layanan tersebut pada Juni 2022.

Total pelanggan mencapai 45,4 juta dalam tiga bulan yang berakhir pada 30 September 2022, dibandingkan dengan 47,3 juta pada kuartal sebelumnya.

Meskipun terjadi penurunan pelanggan, pendapatan layanan jaringan Sony Group Corporation sebenarnya tumbuh 10%, yang merupakan kinerja kuartal terbaiknya hingga saat ini.

Ini berarti divisi game Sony Group Corporation menghasilkan lebih banyak uang per pelanggan daripada sebelumnya. Ini berpotensi mencerminkan dimasukkannya tingkat langganan yang lebih mahal yang diperkenalkan oleh PlayStation Plus.

Ketika ditanya tentang penurunan pendapatan panggilan, CFO Sony Group Corporation Hiroki Totoki mengutip penurunan penjualan game pihak ketiga, penjualan PS4 dan “lebih banyak orang meninggalkan rumah.”

Totoki mengharapkan jumlah pelanggan PlayStation Plus pulih untuk Sony Group Corporation selama kuartal berikutnya, sebagian karena dampak dari Call of Duty: Modern Warfare II dan God of War Ragnarok.

Jumlah anggota PlayStation Plus mengalami penurunan. Namun, di Q2 kami meningkatkan layanan kami dan secara keseluruhan tidak memiliki banyak momentum. Juga, kami tidak melakukan promosi agresif di kuartal kedua.

Jadi kedepannya kami akan melakukan lebih banyak penetrasi di PS5 dan kami akan memiliki judul yang sangat bagus. Juga, kami dapat melakukan promosi yang lebih baik dan yakin kami dapat pulih.

Hiroki Totoki, CFO Sony Group Corporation

Investor lain kemudian meminta nomor PlayStation Plus, yang dijawab Totoki:

Sekarang lebih banyak orang keluar dan kita belum keluar dari siklus negatif. Penjualan PS4 bersama dengan perangkat lunak pihak ketiga juga sedikit lamban, dan penjualan judul katalog juga turun.

Meskipun demikian, keterlibatan PS5 cukup tinggi, jadi kami mengharapkan peningkatan di Q3. Kami memiliki gelar pesta pertama yang kuat dan kami memiliki beberapa efek musiman. Jadi di Q3 kita mungkin melihat beberapa pemulihan dari downtrend - itulah harapan kami.
Hiroki Totoki, CFO Sony Group Corporation

Sony Group Corporation juga mengeluarkan pernyataan tambahan terkait penurunan pelanggan PlayStation Plus. Mereka mengklaim bahwa itu terkena “penurunan keterlibatan pengguna yang lebih besar dari yang diharapkan di antara pengguna PS4”.

Jumlah akun pelanggan PlayStation Plus pada akhir September turun 4% dari akhir Juni menjadi 45,4 juta akun. Kami melihat bahwa penurunan ini disebabkan oleh penurunan keterlibatan pengguna yang lebih besar dari perkiraan di antara pengguna PlayStation 4 (PS4).

Di sisi lain, rasio pelanggan PlayStation Plus di antara pengguna PlayStation 5 (PS5) tetap berada pada level yang jauh lebih tinggi daripada PS4. Kami bekerja lebih keras untuk mempercepat penetrasi perangkat keras PS5 untuk memulihkan keterlibatan pengguna tersebut di masa mendatang.