Work Like A Boss

-WORK LIKE A BOSS-
Hello guys..siapa sih yang gak ingin masih muda tapi sudah berkembang, sudah mapan, sudah bisa beli kebutuhan sendiri, sudah bermanfaat untuk orang banyak, sudah jadi jutawan atau bahkan yang lainnya. Pastinya semua pada mau dong yaaaa. Tapi bagaimana sih caranya?pasti berat?banyak kendala blablabla. Stop! Semuanya terletak pada niatnya guys bagaimana usaha dan kerja keras kita untuk itu semua. Percaya deh, dibalik ada kesulitan pasti ada kemudahan dan usaha pasti tidak akan pernah mengkhianati hasil kok. So, never give up guys ..
Mungkin banyak dari kita sudah memiliki cita-cita seperti itu tapi hanya sebatas cita-cita dan impian semata. Yuks, segera realisasikan jangan hanya konseptual belaka apa yang diotak kalian untuk ‘membangun jiwa creative entrepreneurship’. Sebenarnya banyak cara untuk itu semua , salah satunya adalah cara mengembangkan diri ialah lewat jalan lain. Disini maksutnya yaitu ketika seluruh teman-teman kamu memilih untuk membangun jiwa creative entrepreneuship dengan ide sama pada setiap orang. Maka, pastikan dirimu lebih kreatif dalam mengembangkannya.
Contoh : ketika semua teman kuliahmu banyak yang berjualan, pastikan kamu punya jalan lain misalnya menjual jasa atau yang lainnya.
Bisnis itu apa sih?Bisnis yaitu low infest + high provit. Maksutnya?
Low infest = mengeluarkan sejumlah uang (modal) dengan seminimal mungkin / serendah-rendahnya.
High provit = mendapatkan sejumlah uang (keuntungan) dengan semaksimal mungkin / setinggi-tingginya.
Cara menumbuhkan jiwa entreprenuerhip ialah harus memiliki softskill+hardskill
1. Softskill (kemampuan non akademik) adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia.
Contoh : integritas, etika, dan kerja sama dalam tim
Cara meningkatkan softskill :
– Learning by doing. Softskill bisa diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman kerja/berorganisasi
– Berinteraksi dengan melakukan aktivitas dengan orang lain
– Mengikuti pelatihan-pelatihan/seminar tentang menejemen
2. Hardskill (kemampuan akademik) adalah merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Contoh : keuangan, computer, perakitan dan kualitas
Kemampuan hardskill dapat diasah dengan sering mengikuti latihan dan membiasakan diri belajar secara akademis sesuai subyek atau bidang akademiknya.
Sebelumnya cari tau apa yang ada dalam diri kamu, kalau perlu yang lengkap dan banyak
Saya ini siapa?
Untuk mengetahui diri kamu caranya ialah :
– evaluasi / instropeksi diri
– mengetahui, menyadari, memahami kapasitas diri
– memetakan diri (SWOT analysis)
Saya harus bagaimana ?
Apa yang harus saya lakukan untuk mencapai itu semua ialah :
– menetapkan tujuan/orientasi hidup
– menetapkan karir/profesi sedini mungki untuk jangka pendek, menengah, panjang
Sebetulnya dalam diri setiap manusia sudah ada dan tertanam potensi yang lebih dikenal dengan sebutan sumber daya pribadi.
Ciri-ciri diantaranya :
a. semua orang memilikinya,
b. murah,
c. mudah,
d. sangat berarti,
e. manfaat,
f. universal,
Apakah itu? Hayoo coba tebak. Ya, itu adalah “senyum” setiap orang pasti memiliki potensi itu mulai dari bayi atau dewasa, muda atau tua tap itu semua tergantung pada diri pribadi masing-masing bagaimana mereka memaksimalkan apa yang dimilikinya. Dengan kita senyum semua orang akan bisa menerima diri kita dengan baik. Itulah modal awal kita untuk menarik setiap orang di lingkungann masyarakat. Selanjutnya, apapun urusan kita pasti dimudahkan dan diterima oleh banyak orang.
Sekian.. Terima Kasih 🙂

 

3 thoughts on “Work Like A Boss”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *