Jenis Aspal Hotmix Untuk Perumahan

Jenis Aspal Hotmix

Salah satu kebutuhan jalan aspal yang akan selalu ada dan memiliki banyak permintaan adalah perumahan. Nilai penjualan rumah terus meningkat sehingga kebutuhan pengaspalan pun ikut terdongkrak naik.Dalam hal ini, jasa pengaspalan akan melakukan sejumlah persiapan, termasuk memilih aspal yang tepat bagi kepentingan perumahan. Aspal yang digunakan adalah aspal hotmix. Setidaknya ada dua jenis aspal hotmix yang umumnya digunakan untuk area perumahan, yakni fine grade dan sand sheet (latasir).

Aspal Fine Grade untuk Jalan Perumahan

Aspal hotmix jenis fine grade merupakan aspal yang didominasi oleh agregat dengan fraksi halus dalam daya dukung campurannya.

Pada pelaksanaan pembuatan jalan, tebal fine grade minimal adalah 2,8 cm dan maksimal 3 cm. Pemadatan dengan menggunakan aspal hotmix jenis fine grade ini dinilai lebih baik dengan segregasi yang lebih rendah.Aspal hotmix jenis fine grade memiliki sifat yang sangat kedap air. Artinya, fine grade memiliki permeabilitas yang rendah. Otomatis penggunaan aspal hotmix jenis fine grade memberikan perlindungan lebih terhadap jalan perumahan dari kerusakan seperti retak atau lubang.

Aspal Sand Sheet (Latasir) untuk Jalan Perumahan

Sementara jenis satu lagi yang biasa digunakan untuk pengaspalan jalan perumahan adalah sand sheet atau latasir.

Sand sheet (latasir) adalah lapis penutup permukaan perkerasan yang terdiri atas agregat halus/pasir (bisa juga keduanya) dan aspal keras. Campuran ini disatupadukan, digelar, dan dipadatkan dalam suhu panas tertentu.

Sand sheet (latasir) sendiri memang ditujukan untuk jalan dengan frekuensi lalu lintas rendah. Meski demikian, penggunaannya juga bisa diperuntukan bagi kepentingan pemeliharaan atau perbaikan sementara pada jalan dengan lalu lintas yang lebih tinggi.Tebal nominal minimum untuk sand sheet (latasir) ini adalah 1,5-2 cm. Sand sheet (latasir) dipilih oleh jasa pengaspalan karena menghasilkan permukaan jalan yang mulus. Durabilitas sand sheet (latasir) ini sendiri tergolong rendah karena memang bukan ditujukan untuk menanggung beban berat.

Mengapa Menggunakan Aspal Hotmix Fine Grade dan Sand Sheet (Latasir)

Aspal hotmix jenis fine grade dan sand sheet (latasir) merupakan aspal ringan yang memang diperuntukkan bagi jalan lalu lintas rendah. Jenis-jenis ini digunakan karena spesifikasi campurannya memang sesuai untuk menghadapi lalu lintas ringan hingga sedang. Dengan demikian, penggunaannya cocok untuk kompleks perumahan.

Jalan perumahan sendiri termasuk ke dalam kategori jalan lingkungan. Jalan lingkungan memiliki ciri-ciri melayani perjalanan kendaraan dalam jarak dekat, kendaraan-kendaraan berukuran kecil, dan dalam kecepatan rendah.

Sementara itu, jalan dengan volume lalu lintas rendah sendiri memiliki sejumlah kriteria. Di antaranya jalan tersebut dilalui kurang dari 400 kendaraan per hari dan persentase untuk truk ringan dan kendaraan berat 15-30% saja.

Seperti yang kita ketahui, kondisi lalu lintas perumahan tentu tidak seramai jalan raya nasional. Beban kendaraannya pun juga tidak berat. Jarang sekali ada truk-truk besar, bus, atau kendaraan berat yang akan lewat. Kendaraan yang melintas umumnya hanyalah sepeda, sepeda motor, dan mobil kepunyaan warga.

Suatu lingkungan perumahan yang baik memang harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu prasarana tersebut adalah jalan yang dapat berfungsi dengan baik. Dengan hadirnya jalan perumahan yang berkualitas dan memenuhi standar maka hal tersebut akan dapat membawa keamanan dan kenyamanan bagi warganya. Jika Anda membutuhkan pengaspalan hotmix untuk perumahan, langsung saja hubungi jasa pengaspalan terpercaya di kota Anda. Kriteria pengaspalan untuk jalan perumahan memang memiliki ketentuannya sendiri. Jadi, pastikan Anda memilih dan merencanakan proyek jalan perumahan Anda dengan tepat bersama layanan pengaspalan profesional. Jurnal Mahasiswa UNS