Kapan Menggunakan Aspal Cair?

Kontraktorjalan.com – Aspal merupakan salah satu bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan jalan raya. Ada banyak jenis aspal yang bisa digunakan, salah satunya penggunaan aspal cair. Proses pembuatan jalan aspal sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Agar jalan aspalan tetap halus dan tahan lama kamu bisa percayakan pada jasa pengaspalan Jakarta. 

Saat ini sulit sekali menemukan jalan raya yang mulus di Indonesia, ada banyak jalan aspalan yang sering rusak. Kalau tidak segera ditangani bisa membahayakan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. 

Saat ini ada banyak sekali jenis aspal yang digunakan untuk membuat jalan, salah satunya menggunakan aspal cair. Aspal cair merupakan hasil dari pelarutan aspal keras menggunakan minyak sebagai bahan pelarutnya.

jasa pengaspalan

Jenis Aspal Cair

Aspal cair sendiri bisa dihasilkan dengan melangsungkan proses destilasi yaitu proses reaksi minyak pada minyak mentah sebagai pelarut. Nah, berdasarkan proses destilasi, ada beberapa jenis aspal cair yang dihasilkan. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini : 

  •   Aspal cair cepat mantap 

Aspal cair cepat mantap merupakan aspal cair yang menggunakan bensin sebagai bahan pelarutnya. Bensin sendiri merupakan bahan pelarut aspal yang mudah menguap. 

  • Aspal cair mantap sedang 

Aspal cair mantap sedang merupakan aspal cair yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan pelarutnya. Minyak tanah ini menjadi bahan pelarut yang tidak cepat mengalami penguapan. 

  • Aspal cair lambat mantap 

Aspal cair lambat mantap merupakan aspal yang dicairkan dengan menggunakan bahan solar. Penggunaan solar digunakan sebagai pelarut karena tidak mudah menguap. Jadi tingkat kekentalan aspal cair ditentukan oleh rasio bahan pelarut yang digunakan. 

Baca Juga

Pengalaman Magang di Perusahaan Jasa Pengaspalan

Aspal cair berfungsi sebagai pengikat dan pelapis permukaan tanah agar tidak mudah terlepas. Aspal cair memiliki sifat alami sebagai pengikat sehingga setelah suhu turun aspal akan membeku. 

Penggunaan aspal cair bisa menghasilkan permukaan jalan yang tahan lama kalau dikerjakan oleh jasa pengaspalan Jakarta yang profesional. Jasa pengaspalan yang terbaik biasanya sudah memiliki track record yang terbaik. Mereka juga sudah menyiapkan kontrak resmi dan sudah terisi semua hal seperti desain, waktu pengerjaan, bahan baku, dan lainnya secara terinci. 

Satu hal yang pasti adalah jasa pengaspalan yang terbaik akan memberikan garansi atas hasil pekerjaannya. Garansi sangatlah diperlukan agar proses pengerjaan tidak asal-asalan menjadi maksimal. 

Itulah penjelasan mengenai berbagai jenis aspal cair yang digunakan untuk proses pengaspalan. Agar pengerjaan jalan aspal sesuai harapan, silahkan mempercayakan pada jasa pengaspalan Jakarta yang terpercaya.