Dokter Gigi dan Penyedia Layanan Kesehatan Mulut Lainnya

Banyak jenis penyedia layanan kesehatan mulut yang berbeda dapat terlibat dalam perawatan gigi, gusi, dan mulut Anda. Deskripsi singkat dari berbagai penyedia layanan kesehatan ini adalah sebagai berikut:

Dokter Gigi Umum

Dokter gigi umum adalah penyedia gigi perawatan primer Anda. Dokter gigi ini mendiagnosis, merawat, dan mengelola kebutuhan perawatan kesehatan mulut Anda secara keseluruhan  , termasuk perawatan gusi, saluran akar, tambalan, mahkota, veneer, jembatan, dan pendidikan pencegahan.

Semua dokter gigi umum yang berpraktik telah memperoleh gelar DDS atau DMD (masing-masing dokter bedah gigi atau dokter kedokteran gigi). Tidak ada perbedaan antara kedua gelar atau persyaratan kurikulum yang harus dipenuhi oleh dokter gigi. Beberapa sekolah hanya memberikan satu gelar, sementara yang lain memberikan yang lain.

Umumnya, tiga tahun atau lebih pendidikan sarjana ditambah empat tahun sekolah kedokteran gigi diperlukan untuk menjadi dokter gigi umum. Pelatihan pasca sarjana tambahan diperlukan untuk menjadi spesialis gigi.

Klinik Kesehatan Masyarakat Gigi

Klinik kesehatan masyarakat gigi mempromosikan kesehatan gigi melalui upaya masyarakat yang terorganisir. Klinik-klinik tersebut berfungsi untuk mengedukasi masyarakat melalui program perawatan gigi kelompok  dengan tujuan mencegah dan mengendalikan penyakit gigi secara komunitas. Klinik kesehatan masyarakat gigi menawarkan layanan seperti mencari dokter gigi, mengembangkan program perawatan gigi untuk sekolah, memberikan informasi tentang fluoridasi di masyarakat, menjawab pertanyaan umum tentang kesehatan mulut, dan menyediakan sumber daya kesehatan mulut lainnya dan materi pendukung kepada komunitas mereka.

Endodontis

Endodontis adalah spesialis gigi yang peduli dengan penyebab, diagnosis, pencegahan, dan pengobatan penyakit dan cedera pulpa gigi manusia atau saraf gigi. Spesialis ini dapat melakukan perawatan saluran akar yang sederhana hingga sulit atau jenis prosedur akar bedah lainnya.

Ahli Radiologi Oral dan Maksilofasial

Ahli radiologi adalah penyedia layanan kesehatan mulut  yang berspesialisasi dalam pengambilan dan interpretasi semua jenis  gambar dan data sinar-X yang digunakan dalam diagnosis dan pengelolaan penyakit, gangguan, dan kondisi daerah mulut dan maksilofasial.

Obat Oral

Kedokteran mulut adalah spesialisasi kedokteran gigi yang menyediakan perawatan pasien yang kompleks secara medis melalui integrasi obat-obatan dan perawatan kesehatan mulut. Ini termasuk diagnosis dan manajemen penyakit mulut termasuk kanker mulut, lichen planus, kandidiasis, dan stomatitis aphthous. Pengobatan mulut juga mengevaluasi pasien medis yang kompleks sebelum operasi jantung terbuka  , kemoterapi, dan  terapi kanker, serta pasien rawat inap rumah sakit.

Ahli Patologi Mulut

Ahli patologi mulut adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang mempelajari penyebab penyakit yang mengubah atau mempengaruhi struktur mulut (gigi, bibir, pipi, rahang) serta bagian wajah dan leher. Ahli patologi mulut memeriksa dan memberikan diagnosis biopsi, jaringan, atau lesi yang dikirim kepada mereka oleh penyedia layanan kesehatan mulut lainnya.

Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial

Ahli bedah mulut dan maksilofasial adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang melakukan banyak jenis prosedur bedah di dalam dan sekitar seluruh area wajah, mulut, dan rahang. Ahli bedah mulut dan maksilofasial merawat korban kecelakaan yang menderita cedera wajah dan menawarkan  operasi implan rekonstruksi dan gigi  . Mereka merawat pasien dengan tumor dan kista rahang. Mereka juga menempatkan implan gigi. Jenis operasi yang dapat dilakukan oleh ahli bedah mulut meliputi: pencabutan gigi sederhana, ekstraksi kompleks yang melibatkan pengangkatan jaringan lunak atau tulang di atas atau akar yang tersisa, pengangkatan gigi yang terkena dampak (terutama gigi bungsu), biopsi jaringan lunak, pengangkatan tumor di rongga mulut, posisi implan, operasi penataan ulang rahang kompleks yang melibatkan perbedaan wajah atau gigitan, perbaikan tulang pipi atau rahang yang retak dan jaringan lunak (langit-langit mulut sumbing  atau bibir) perbaikan. Ahli bedah mulut dan maksilofasial menerima pelatihan tambahan selama 4 hingga 8 tahun setelah sekolah kedokteran gigi.

Ortodontis

Ortodontis adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang berspesialisasi dalam diagnosis, pencegahan, intersepsi, dan pengobatan maloklusi, atau “gigitan buruk,” gigi dan struktur di sekitarnya. Maloklusi dapat diakibatkan oleh gigi atau rahang yang penuh sesak, hilang, atau ekstra yang tidak sejajar. Spesialis ini bertanggung jawab untuk meluruskan gigi dengan menggerakkannya melalui tulang dengan menggunakan pita, kabel, kawat gigi, dan peralatan atau punggawa korektif tetap atau yang dapat dilepas lainnya. Spesialis ini memperlakukan anak-anak serta orang dewasa yang mungkin ingin meningkatkan penampilan dan gigitan mereka.

Dokter Gigi Anak/Pedodontis

Dokter gigi anak adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang berspesialisasi dalam diagnosis dan perawatan masalah gigi anak-anak dari usia satu atau dua hingga awal dewasa. Dokter gigi ini dapat mendeteksi, mengobati, atau merujuk (sesuai kebutuhan) masalah dengan gigi yang membusuk, hilang, penuh sesak, atau bengkok. Seorang dokter gigi anak memiliki setidaknya dua tahun pelatihan tambahan di luar sekolah kedokteran gigi. Pelatihan tambahan berfokus pada manajemen dan perawatan gigi perkembangan anak, perilaku anak, pertumbuhan dan perkembangan fisik, dan kebutuhan khusus kedokteran gigi anak.

Dokter Gigi Palembang

Periodontist

Periodontis adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit pada jaringan lunak mulut (gusi) dan struktur pendukung (tulang) gigi (baik gigi alami maupun buatan manusia). Dokter gigi ini mendiagnosis dan mengobati radang gusi (radang gusi) serta periodontitis (gusi dan penyakit tulang). Seorang periodontis dapat melakukan prosedur berikut: pembersihan saku sederhana dan dalam, perencanaan akar, prosedur pemanjangan mahkota, jaringan lunak dan / atau pencangkokan tulang, prosedur gingiva atau flap, rekonturisasi atau pengangkatan jaringan lunak (gingivoplasty atau gingivektomi), rekontouring jaringan keras (osteoplasti), dan penempatan implan.

Prosthodontis

Prosthodontist adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang berspesialisasi dalam perbaikan gigi alami dan / atau penggantian gigi yang hilang pada skala yang jauh lebih besar daripada dokter gigi umum. Prosthodontis menggunakan gigi tiruan (gigi palsu) atau mahkota (topi) untuk menggantikan gigi yang hilang atau dicabut. Prosthodontis juga sangat terlibat dalam penggantian gigi menggunakan implan gigi. Selain itu, prostodontis terlatih khusus bekerja dengan pasien dengan kelainan bentuk kepala dan leher, mengganti bagian wajah dan rahang yang hilang dengan pengganti buatan.

Ahli Anestesi Gigi

Anestesiologi gigi baru-baru ini diakui sebagai spesialisasi gigi.

Seorang ahli anestesi dokter gigi mengontrol rasa sakit dan ketidaknyamanan pasien menggunakan sedasi umum dan lokal tingkat lanjut selama prosedur.

Jika Anda tertarik untuk menjadi ahli anestesiologi dokter gigi, Anda harus menyelesaikan empat tahun sekolah kedokteran gigi, diikuti dengan program 36 bulan yang menyediakan pelatihan berbasis rumah sakit dalam farmakologi, penyakit dalam, pengobatan darurat, dan anestesiologi anak dan dewasa.